PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Meski Dominasi LCS Split, Cloud9 Gagal Lolos ke Worlds 2020

faizalkamill
31/08/2020 12:05 WIB
Meski Dominasi LCS Split, Cloud9 Gagal Lolos ke Worlds 2020
Cloud9 Spring Split Champion

Kemarin menjadi hari yang kurang baik bagi para penggemar Cloud9. Divisi League of Legends  yang selama separuh musim mendominasi LCS, harus pasrah menerima bahwa mereka tidak akan bertanding di Worlds 2020 September nanti. Kekecewaan ini menjadi bertambah berkali-kali lipat jika mengingat C9 adalah pemenang LCS Spring Split 2020. Berbekal poin 17-1 selama regular season, mereka tidak menemukan kesulitan apapun saat playoffs kala itu dan berhasil mengalahkan FlyQuest di Final dengan skor 3-0 tanpa balas.

Selanjutnya di paruh musim kedua, Summer Split, mereka juga berhasil memimpin telak dengan skor 9-0. Malapetaka terjadi setelah setengah musim tersebut. Permainan Cloud9 yang selalu unggul dan agresif berubah menjadi tawar dan mudah terbaca. Performa pemain secara individual kian menurun dari waktu ke waktu dan berakhir pada peringkat kedua di klasemen LCS Summer Split 2020 dengan skor 13-5.

Cloud9 LoL 2020

Dengan harapan bahwa mereka akan kembali ke performa Spring mereka di babak playoffs, Cloud9 mulai dengan kepercayaan diri tinggi untuk mengalahkan FlyQuest dan mendapatkan 1 tempat di Worlds 2020. Namun, performa mereka ternyata tidak begitu membaik secara signifikan dan harus menerima kekalahan menyakitkan dengan skor 3-1.

Di lower bracket, Cloud9 sempat mendatangkan harapan ketika mengalahkan Evil Geniuses dengan skor 3-0. Di laga penentu apakah mereka akan lolos ke ajang terbesar tahun LoL atau tidak, C9 harus berhadapan dengan TSM. Sebenarnya ketika laga melawan Evil Geniuses pun mereka tidak benar-benar tampil dengan baik. Cloud9 Sempat tersandung di beberapa momen namun berhasil bangkit dan menjadi pemenang.

Di laga terpenting yang menentukan nasib dari Cloud9 di tahun ini, mereka tidak berhasil memenuhi ekspektasi dari para penggemar maupun dari para pemain itu sendiri. Tim terbaik di LCS Spring Split harus kalah oleh tim dengan posisi keempat saat Spring Playoffs lalu. Mereka tumang di skor 3-1 dengan kemenangan TSM.

Serbuan kekecewaan atas permainan Cloud9 yang begitu buruk terus berdatangan. Para penggemar pun heran apa yang terjadi di beberapa bulan terakhir yang membuat penampilan Cloud9 berubah 180°. Apakah draftnya? pemainnya? organisasinya? tidak ada yang tahu.

Roster tahun ini yang seharusnya menjadi ancaman bagi tim di luar LCS gagal untuk menunjukan tajinya. Cloud9 yang digadang-gadang menjadi 5 tim LoL terbaik di dunia, perjalanannya akan berakhir di tahun ini. Para pemain pun mengungkapkan kekecewaan mereka dan meminta maaf kepada semua pihak yang telah mendukung, dan mereka berjanji akan kembali menjadi lebih kuat di tahun depan. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?