First Warriors

Delapan Tim Genapi Finalis Piala Presiden Esports 2019

MalZaHar
26/03/2019 16:21 WIB
Delapan Tim Genapi Finalis Piala Presiden Esports 2019
Road to Final Piala Presiden Esports 2019

Tidak jauh meleset dari perkiraan awal, tim-tim langganan pengisi daftar peserta kompetisi MPL (selama dua musim terakhir) mampu menembus fase National Closed Qualifier dan berhak tanding di tahapan Final Piala Presiden Esports 2019.

Nama-nama besar seperti PSG.RRQ, EVOS Esports, Aerowolf, Louvre Juggernaut, Capcorn, AlterEgo, SFI Critical, dan ONIC Esports, berhasil lolos dari hadangan 8 tim elit lainnya di babak kualifikasi tertutup nasional yang berlangsung dalam format grup.

PSG.RRQ, sang juara bertahan MPL Season 2, meski gagal puncaki persaingan di Grup A - National Closed Qualifier tetap pertahankan kehormatannya dengan bertengger di peringkat 3 untuk memberinya tiket ke final Piala Presiden Esports 2019.

Hebatnya, dua pemuncak di grup ini adalah ONIC Esports dan Aerowolf, yang notabene datang sebagai tim pemenang kualifikasi terbuka sebelumnya. Ketiganya bakal ditemani oleh tim penghuni peringkat empat, AlterEgo. Hasil ini juga pupuskan asa dari tim-tim kuat lainnya seperti Bigetron, XCN, BOOM ID, dan juga NXL.

Walaupun banyak pengamat menganggap persaingan tim-tim di Grup B tidaklah seberat grup sebelah dengan minim tim unggulan, namun malah memompa semangat tim yang awalnya sekedar kuda hitam munculkan ancaman berarti bagi para tim mapan.

EVOS Esports, tim penguasa MPL tanpa mahkota gelar ini terbukti gagal tunjukkan dominasinya, dan harus cukup puas di bawah posisi peringkat satu, Louvre Juggernaut, dan runner-up Grup B, SFI Critical. Skor poin EVOS bahkan sebenarnya disamai oleh tim Capcorn di klasemen akhir grup, hanya saja tim berlogo jagung hijau ini kalah koefisien menang-kalah.

Flash Wolves, menjadi satu-satunya tim pemenang kualifikasi terbuka (bersama ONIC, SFI, dan Aerowolf) yang gagal lanjut ke babak final Piala Presiden Esports 2019, karena hanya duduki posisi kelima di Grup B. Begitu pula Recca Esports, The Prime, dan PG.BarracX, yang secara berturut-turut isi posisi di bawah mereka, serta tak mampu melangkah lebih jauh.

GRAND FINAL - PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019

Di babak final Piala Presiden Esports, 30 - 31 Maret 2019, Istora Senayan nanti, delapan tim terbaik dari National Closed Qualifier bakal ditantang oleh delapan tim perwakilan daerah yang sukses menjuarai masing-masing kualifikasi regional.

Rangkaian kualifikasi regional di 8 kota besar Indonesia akhirnya memunculkan tim-tim berpotensi tembus kompetisi top nasional di ajang Piala Presiden Esports 2019. Mereka adalah Professional Esports (Palembang), ROC Esports (Bali), Revo (Surabaya), Starlest (Makassar), STAR8 (Manado), Nazone Gaming (Solo), Cupu (Pontianak), dan Humble (Bekasi).

"Pada tanggal 30 Maret, semua tim akan bertanding. Dan, besoknya (31/3) sebanyak 8 tim yang tersisa akan bertanding hingga penentuan juara," ungkap Angki Trijaka, sebagai Wakil Ketua Steering Committee, memaparkan sedikit tentang pelaksanaan final Piala Presiden Esports 2019 nanti.

Sebelum tuntaskan laga pamungkas di babak final, ke-16 tim MLBB terbaik di Indonesia ini bakal menerima pembekalan untuk sejumlah aspek berkenaan esports melalui sesi Bootcamp selama dua hari (27 - 28 Maret 2019), bertempat di Kantor Staf Presiden (KSP).

"Kami mendukung adanya Bootcamp untuk para atlet Piala Presiden Esports 2019, karena kami memandang talenta saja tidak cukup bagi seseorang untuk menjadi atlet berprestasi," tandas Abraham Wirotomo, Tenaga Ahli Madya Kedeputian II Kantor Staf Presiden, tentang alasan pentingnya Bootcamp. "Masih ada 3 hal lainnya. Pertama, harus ada jiwa nasionalisme, motivasi membela tanah air dan mengharumkan nama bangsa, yang jelas akan memberikan enerji ekstra."

Rangkaian kegiatan yang bakal menjadi agenda dalam Bootcamp; mencakup Pembinaan Ideologi Pancasila, Sportivitas dan Dedikasi kepada Bangsa, oleh Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir; kemudian Team Building dan Bisnis Esports oleh Hartman Harris & Delwyn; Personal Development oleh Laksmiari Saraswati Widodo; Public Speaking oleh Kemal; dan Healthy Lifestyle oleh Andi Kurniawan, Sp. KO.

"Kami mengundang masyarakat Indonesia untuk datang dan saksikan Final Piala Presiden Esports 2019, tanggal 30 - 31 Maret nanti, karena pertandingkan 16 tim terbaik di Indonesia - dari total 3.572 tim, yang bakal unjuk kebolehan mereka," ujar Giring Ganesha, selaku Ketua Steering Committee Piala Presiden Esports 2019, via rilis pers.

Jadi, sudah kebayang kan kira-kira pertandingan seperti apa yang bakal tersaji di babak Grand Final Piala Presiden Esports, 30 - 31 Maret 2019, di Istoran Senayan nanti? Duel sengit yang berkelas antara 16 tim MLBB terbaik di Indonesia! Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ambil bagian dalam sejarah baru dan lahirnya legenda esports nusantara ya! ^_^