IES Ligagame

Indonesia 'Imbang' Lawan Filipina di Group Stage SEA Games 2019

Rendy Lim
05/12/2019 14:07 WIB
Indonesia 'Imbang' Lawan Filipina di Group Stage SEA Games 2019
Lawan Terberat Indonesia, Filipina Cukup Berikan Tekanan ke Timnas MLBB

Pertandingan perdana untuk match Mobile Legends SEA Games Esports 2019 mempertemukan tim tuan rumah, Filipina dan timnas Indonesia. Berlangsung dalam format BO2, kedua tim ini saling mengasah strategi baik dalam segi draft maupun penguasaan hero untuk memastikan mereka mengamankan poin maksimal dalam babak group stage.

Bisa dikatakan, Indonesia dan Filipina merupakan dua tim unggulan di Grup B ketimbang Laos dan Thailand. Tidak heran jika masing-masing tim menyimpan taktik untuk mengatasi counter yang bakal ditemui saat match. Hasilnya, Indonesia berhasil memenangkan gim pertama sementara Filipina menyamakan kedudukan di gim kedua, sehingga kedudukan imbang bagi kedua negara ini.

 

Pada gim pertama, timnas Indonesia berhasil mengamankan hero-hero seperti Kaja, X-borg, Akai, Claude dan Chang'e, sementara Filipina mencoba strategi midlane Selena dengan backup hero Karrie, Khufra, Thamuz, dan Grock. Kehadiran Selena di early gim memang cukup menganggu, mengakibatkan kerap kali pemain timnas Indonesia sulit melakukan farming ataupun melakukan team fight. 

Ketertinggalan mereka mulai terkejar saat Claude milik Gustian mulai aktif berkontribusi dalam team fight di mid game. Perlahan, tower dan objective timnas Filipina tumbang akibat push yang dilakukan oleh pemain Indonesia, sekaligus memaksa mereka semakin mundur ke base. Akhirnya, gim pertama berhasil diamankan untuk Indonesia di menit ke-14.

Hasil gim pertama

Filipina menunjukkan drafting yang cukup menjebak di gim kedua ini dengan sengaja memberikan Harith kepada Ridwan, timnas Filipina mengamankan Esmeralda dan Kaja yang dapat menganggu pergerakan hero tersebut. Selain itu, tambahan kehadiran Terizla, Lolita dan Granger juga membuat pemain Filipina bermain agresif, mengacaukan pergerakan timnas Indonesia sejak early gim. 

Hasilnya, tanpa farming yang cukup dan push agresif dari Filipina, komposisi hero timnas Indonesia yakni Kimmy, Harith, Baxia, Grock, dan Chou sama sekali tidak dapat membendung kepungan pemain Filipina terutama Esmeralda milik Nepomucheno yang pada gim tersebut mendapatkan total 11 kill tanpa mati sama sekali.

Selisih kill dan gold difference yang jauh serta positioning sempurna saat team fight dari Filipina membuat Kimmy Gustian dan Harith Ridwan tidak bisa memberikan damage maksimal, membuat mereka harus merelakan gim kedua dimenangkan oleh Filipina di menit ke-21. 

Hasil gim kedua

Meskipun hasilnya seimbang, masih ada dua match yang akan diikuti oleh timnas Indonesia hari ini (5/12) yakni melawan Thailand dan Laos. 

Di pertandingan berikutnya, Indonesia ditantang oleh tim Thailand yang didukung mayoritas skuad dari IDNS. Rekt Cs kembali tampil agresif di pertandingan pertama mengandalkan hero Ling, Lylia, Grock, Selena dan Chou. Tak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk menghempaskan perlawanan tim Thailand, hanya kurang dari 10 menit.

Sama seperti menghadapi Filipina, Indonesia lagi-lagi tampil lambat di pertandingan keduanya. Tertinggal networth cukup jauh dari awal laga, Indonesia beruntung tim Thailand melakukan beberapa blunder yang mengakibatkan arah pertandingan berbalik ke tim Indonesia.

Partai alot yang berlangsung lebih dari 30 menit ini akhirnya berhasil dimenangkan tim Indonesia sekaligus mengantarkan tim yang dikomandoi oleh kapten Rekt ini menjadi pemuncak klasemen sementara berkat 1 kemenangan dan 1 imbang.

Tetap berikan dukunganmu kepada timnas Indonesia yah Sobat Esports, agar mereka bisa lolos dari babak group stage dan mampu berlaga di playoff SEA Games Esports 2019!