LINE POD - MAVIS

Klarifikasi Moonton Pasca 'Drama' Bigetron Alpha vs AURA di MPL S5

Eric Soejatno
30/03/2020 17:11 WIB
Klarifikasi Moonton Pasca 'Drama' Bigetron Alpha vs AURA di MPL S5
Sumber: YouTube MLBB Indonesia

Komunitas Mobile Legends Indonesia sempat dihebohkan saat pertandingan Bigetron Alpha melawan Aura Esports. Pertandingan terjadi saat game kedua yang berlangsung di hari Jumat (27/3). Pertandingan yang sudah berjalan sampai 8 menit 27 detik tiba-tiba terhenti karena ingame bug yang membuat pertandingan diulang dan kedua tim melakukan draft ulang.

Hal ini sontak timbul perdebatan kenapa pertandingan diulang dan draft ulang. Pertandingan semakin panas mengingat kedua tim sama-sama mengejar poin di pertandingan ini. Untuk menjawab pertanyaan komunitas, fanpage MPL Indonesia memberikan jawaban.

 

“Keputusan atas rematch dan draft ulang pada match antara Bigetron Alpha dan AURA pada game kedua telah sesuai peraturan di liga MPL. Rematch terjadi karena adanya ingame bug yang membuat pemain tidak dapat kembali ke game. Keputusan ini diambil mengacu pasal kendala teknis di MPL.” tulis post fanpage dari MPL Indonesia. Peraturan ini sudah disepakati bersama oleh semua tim yang terlibat di MPL.

Pasal kendala teknis ini berlaku jika adanya kendala selama game dan telah melewati menit ke 7. Pemenang akan ditentukan berdasarkan turtle kill, lord kill, outer turret, inner turret, base turret, dan perbedaan gold. Jika perbedaan lebih dari 15 poin maka dapat ditetapkan siapa pemenang dari pertandingan.

Sumber: MPL Indonesia

Melihat game kedua antara Bigetron Alpha melawan AURA Esports, keputusan tersebut sudah sesuai. Bigetron mendapatkan 2 poin dari outer turret. Sedangkan Aura mendapatkan 1 poin dari outer turret, 2 poin dari turtle kill, dan 1 poin berkat unggul 1300 gold. Karena hanya berbeda 2 poin, keputusannya adalah rematch total game termasuk sesi ban dan pick.

Meski MPL Season 5 Indonesia berlangsung secara online sejak minggu keenam, MPL juga memastikan bahwa pertandingan berlangsung adil dan tidak ada kecurangan. Pihak MPL telah memasang CCTV di semua gaming house peserta MPL dan memantau selama pertandingan berlangsung.

Nah, semoga penjelasan langsung dari MPL Indonesia bisa menjawab pertanyaan kalian mengenai pertandingan tadi.