Esports.ID

Mampukah FB.GG Saingi YouTube dan Twitch Jadi eSport Streaming Platform?

MalZaHar
11/06/2018 12:20 WIB
Mampukah FB.GG Saingi YouTube dan Twitch Jadi eSport Streaming Platform?
Facebook Turut Bersaing Rebut Lahan Penyiaran LIVE eSports!

Selama ini, faktanya, sebagian besar gamer bila ditanya platform apa yang mereka pilih untuk menayangkan kreasi konten game miliknya atau sekedar menonton pertandingan secara live, maka pilihannya hanya sebatas pada dua kanal, yakni YouTube atau Twitch.

Mulai hari Jumat (8/6) ini, kedua kanal populer tersebut bakal hadapi pesaing baru yang tidak di-beking oleh penguasa jagat sosmed, Facebook. Tepat menjelang pembukaan ajang E3 tahun ini di Los Angeles, mereka mengumumkan peluncuran portal khusus streaming game bernama FB.GG!


FB.GG, pesaing anyar Twitch & YouTube

Berbeda dengan layanan FB Live miliknya, FB.GG akan menyediakan 'ruangan' khusus gamer dan memuat semua video dari para gaming streamer yang selama ini telah mereka follow atau tonton melalui tampilan News Feed, Group Page, dan timeline pribadinya. Intinya, portal ini bertujuan sebagai video game streaming hub, baik yang ditayangkan secara langsung ataupun versi rekamannya.

"Kalian bisa menemukan video permainan berdasarkan siapa kreatornya, game apa yang mereka mainkan, serta video dari komunitas favorit dan grup tempat mereka bergabung, via domain kami," ungkap John Imah (gaming creator program lead) dan Nick Miller (product manager), melalui paparan terkait FB.GG sebagai 'gaming video destination'.

Penggunaan akronim GG sebagai bagian dari identitas portal tersebut kian menggambarkan upaya mereka dalam berbagi konten video yang spesifik bertemakan eSports, karena istilah ini ('good game') umum muncul di akhir pertandingan game online sebagai bentuk apresiasi terhadap tim lawan, tanpa harus panjang lebar menyebutkannya via chat.


Program insentif dari FB.GG bagi pembuat konten (The Daily Dot)

"Banyak orang telah menonton video permainan melalui News Feed, Groups, ataupun Pages, dan kami ingin berbuat lebih bagi para pembuat konten agar kreasi mereka bisa dinikmati serta ditonton banyak fans baru," tambah keduanya menjelaskan.

Caranya? Adalah dengan memberi semacam insentif kepada mereka yang telah berbagi konten video permainan untuk ditonton pada FB.GG. Program Level Up bagi user ini sendiri sebenarnya telah mulai bergulir sejak awal tahun ini. Semua konten digital dari industri game bakal tercakup di dalamnya, termasuk tentunya penyiaran LIVE eSports!

"Agar membuatnya lebih bersemangat, sekaligus tambahan motivasi, untuk hadirkan berbagai konten berkualitas di FB.GG, kami telah siapkan dana bantuan kepada para kreator dan penyelenggara kompetisi game (eSports - red) yang akan diagregasikan pada pusat konten video permainan nantinya," tandas John dan Nick menambahkan.


Tampilan via mobile dari FB.GG (The Daily Dot)

Pengumuman ini seakan menjadi 'makanan pembuka' bagi para gamer, terutama yang nantikan ajang Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, di mana Facebook juga bersiap memamerkan produk-produk layanan terbaru yang usung tagline, 'community for gamers'.

Menarik ditunggu gebrakan selanjutnya dari Facebook guna 'mengamankan' komunitas gamer yang bejibun jumlahnya sebagai pengguna sosmed merakyat tersebut, agar tidak pindah ke lain hati. Jadi, apakah menurut sobat eSports, portal gaming video 'FB.GG' mampu saingi pamor kanal video populer milik Amazon (Twitch) dan platform trendy besutan Google (YouTube)?