Esports.ID

Tayang di FB! Kisah Berseri Perjalanan Atlet F1 eSports!

MalZaHar
25/07/2018 12:13 WIB
Tayang di FB! Kisah Berseri Perjalanan Atlet F1 eSports!
Formula One dan Facebook Garap Serial 'The Story of the 2018 Pro Draft'

Gaung kemeriahan dari perhelatan F1 Esports Series 2018 akan semakin berdentum kencang! Diikuti oleh 9 tim parbrikan mobil 'jet darat' (minus Ferrari), ajang balapan virtual ini juga mengikat banyak kontrak kerjasama dengan partner-partner mewah, antara lain yang paling anyar adalah kolaborasinya dengan Facebook untuk menyajikan tayangan dokumenter dari latar kehidupan sejumlah atlet eSports yang akhirnya masuk dan terpilih pada sesi debut F1 Esports Series Pro Draft baru-baru ini.

Karena esensinya, ke-40 gamer yang terpilih sebagai kontestan Pro Draft (baik yang kemudian terpilih masuk tim, atau tidak) sudah menempuh perjalanan luar biasa, dan jauh melampaui ekspektasi dari puluhan juta gamer atau fans F1 keseluruhan dengan bisa bergabung dalam 'keluarga besar' tim-tim perakit mobil tenar sekelas Williams, Renault, Mercedes, McLaren, Red Bull, serta banyak lagi lainnya.

"Kisah perjalanan mereka sungguh luar biasa untuk masuk jajaran pembalap terbaik dunia di game resmi F1 dan berpartisipasi dalam fase debut F1 Esports Pro Draft," ujar Julian Tan, Head of Growth & eSports di F1. "Saya bisa pastikan akan ada banyak konten menarik dalam rangkaian episodenya yang bakal membangun hype untuk menyambut kehadiran F1 Esports Pro Series Championship, untuk musim perdananya pada tahun ini."

Fase Pro Draft juga menjadi tonggak baru dalam sejarah peluncuran kompetisi game resmi dari FIA Formula One World Championship (dari Codemasters), dengan kiprah debutnya pada tahun 2018 ini. Ribuan gamer pun tersaring, namun hanya segelintir bisa mencicipi jatah istimewa dan masuk jajaran pemain, sekaligus daftar gaji, dari perusahaan besar dunia.

Bukan hanya sebagai kesempatan yang tidak akan datang kedua kalinya, pemain-pemain lolos ke fase Pro Draft juga secara ketat di-'audisi', sepanjang tiga hari pelaksanaannya, oleh representatif dari setiap perusahaan untuk melihat kesiapan masing-masing pemain, di luar skill membalapnya. Jadi, hanya 16 pemain terbaik dari yang terbaik bakal berlaga di ajang F1 Esports Series 2018!

"Empat episode bersambung ini akan mengungkap lebih detil cerita masing-masing pembalap, yang menempuh perjalanan jauh dari berbagai pelosok dunia hingga sampai di Silverstone," tambahnya lagi. "Semua peserta dinilai dari banyak aspek, mulai dari kemampuan membalap, kebugaran fisik pemain, serta bagaimana kesiapan mereka menanggapi media, sampai ke tes simulasi balap. Dan akhirnya memberi peluang mereka untuk dikontrak oleh tim F1 resmi."

Nah, kisah-kisah menarik di balik layar dari sejumlah atlet 'jet darat' virtual tersebut bakal tayang secara eksklusif via Facebook (namun ada indikasi beberapa stasiun TV yang juga bakal mendapat hak siarnya). Total akan ada 4 seri dokumenter, sementara episode pertamanya sudah dijadwalkan tayang esok hari (26/7), sekitar pukul 2 dinihari.

Menurut infonya, pada episode perdana akan memuat periode di mana ke-40 gamer terpilih bertemu di Silverstone, dan menyelesaikan sejumlah tantangan simulasi balapan. Kemudian, episode kedua yang tayang 22 Agustus, berlatar belakang rangkaian tes yang berbasis skill individu maupun tim untuk memastikan kesiapan mental serta fisik mereka sebelum hadapi medan sesungguhnya di sirkuit balap.

Memang sepertinya, olahraga jet darat secara virtual ini belum banyak digandrungi oleh para fans gamer secara global, mungkin juga dikarenakan alat dan fasilitas pendukungnya masih agak kurang terjangkau bagi publik, namun komitmen serius dari developer serta didukung partisipasi aktif tim-tim profesional / perakit mobil F1 bisa memberi dorongan lebih bagi peminat game ini! Apakah sobat eSports salah satunya?