Esports.ID

Menkominfo Serius Dukung eSports Lewat SEACA & WESG

basittt
17/10/2018 23:40 WIB
Menkominfo Serius Dukung eSports Lewat SEACA & WESG
Esports.ID

Pagi tadi (17/10) bertempat di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, UniPin eSports menggelar South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG) sebagai dua kompetisi berskala internasional yang libatkan banyak atlet eSports di dalamnya. Bagikan total hadiah hingga 1,4 Miliar Rupiah, selama 5 hari (17-21 Oktober 2018), Mall Taman Anggrek dipastikan akan ramai dikunjungi banyak atlet eSports, gamer penikmat eSports, dan tentu saja pengunjung yang penasaran dengan perhelatan ini.

Co-founder & CEO UniPin, Ashadi Ang mengatakan, "Kami ingin membangun dan mempromosikan gaya hidup sehat melalui eSports. Hal ini sejalan dengan visi kami menjadikan Indonesia sebagai pusat eSports se-Asia Tenggara, karena Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, yaitu populasi terbesar di Asia Tenggara dan ke-4 di dunia. Kami yakin dan mampu untuk mencapai visi dan misi tersebut, karena kami memiliki dukungan teknologi dan analisis data yang memudahkan untuk memetakan perilaku dan preferensi para gamer. UniPin juga bekerja sama dengan game publisher terkemuka di dunia yang memungkinkan kami menyajikan berbagai jenis permainan game yang menarik."

"Selain itu, sebagai penyedia payment service provider yang tengah ekspansi di Asia Tenggara akan memudahkan kami menyediakan platform eSports untuk para pecinta games di kawasan ini. Besarnya komitmen kami terhadap industri eSports tanah air, kami wujudkan dengan memfasilitasi atlet eSports Indonesia berkompetisi dengan atlet-atlet luar negeri. Melalui event SEACA ini, kami berharap akan memotivasi serta menumbuhkan kesadaran pada generasi muda bahwa eSports bila ditekuni secara sungguh-sungguh dan profesional akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Harapan kami ke depannya dukungan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah akan semakin besar sehingga industri eSports makin berkembang dan Indonesia sebagai pusat eSports di Asia Tenggara akan tercapai," tambah Ashadi.

Ashadi Ang, Co-founder & CEO UniPin


Dalam event SEACA ini, tidak hanya diikuti tim dari Indonesia saja karena tim profesional dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina akan turut serta terlibat. Sedangkan game yang dipertandingkan terdiri dari beberapa ragam cabang dan titel, mulai dari Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor (AOV), PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), VainGloryPoint Blank, DOTA 2, StarCraft II, Hearthstone, dan CS:GO.

Acara pembukaan SEACA dan WESG ini diramaikan juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Rudiantara S.Stat. MBA. Sempat dengan bangga mengakui dirinya memiliki akun Mobile Legends, suka Marksman dan sebutkan beberapa hero favorit seperti Hanabi sekaligus ungkap sedikit kerisauannya atas karakter Gatotkaca yang begitu melegenda tetapi jarang digunakan gamer, ternyata Rudiantara selipkan makna penting dari ucapannya tersebut.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika

BOOM.ID & Female Fighters di Area Pertandingan

"Mungkin awal-awal kita harus menggunakan karakter-karakter yang tidak terbiasa dengan Indonesia, tetapi suatu saat saya berharap karakter Indonesia dan lebih penting lagi karena di sini ada Pak Triawan, pasti pemerintah akan mendukung kalau game-nya bisa di-develop di Indonesia."

Rudiantara juga singgung Asian Games yang akan datang di Cina, di mana dirinya dan beberapa pihak terkait mempersiapkan gamer sebagai atlet resmi untuk bertanding di Asian Games 2022. Pada intinya, pemerintah semakin mendukung kegiatan eSports lewat berbagai cara yang juga menginginkan para atlet melakukannya dengan baik dan positif.

Selain Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif turut serta meresmikan pembukaan SEACA dan WESG di Mall Taman Anggrek yang berlangsung mulai dari hari ini hingga akhir pekan nanti.

Bagaimana sobat eSports, pastinya kamu juga bakalan hadir meramaikan Mall Taman Anggrek kan?

Rudiantara (kiri), Triawan Munaf (tengah), Ashadi Ang (kanan)

Rudiantara, Triawan Munaf, Ashadi Ang dan Atlet-Atlet eSports