Esports.ID

Reza Arap Optimis Bawa WAW Esports ke Kancah Global!

basittt
13/11/2018 10:19 WIB
Reza Arap Optimis Bawa WAW Esports ke Kancah Global!
Esports.ID

Kurang lebih 4 bulan lalu, jagat esports di Indonesia sempat geger tatkala Reza 'Arap' Oktovian secara blak-blakan ungkap dirinya ingin bentuk manajemen esports. Akhirnya, kemarin (12/11) Arap secara resmi perkenalkan manajemen esports yang sudah dia bentuk dan diketahui bernama We Against The World (WAW).

Sejak beberapa bulan terakhir, WAW Esports sendiri sudah banyak diketahui oleh gamer terutama penikmat esports karena bisa dibilang mereka mulai aktif mengikuti beberapa kompetisi dari game esports yang ada di Indonesia. Bahkan, divisi AOV dari WAW Esports sendiri, mampu jadi juara di ANC 2018 seperti yang sempat Esports.ID hadiri akhir pekan kemarin. Benar-benar langkah yang jitu dan cukup gemerlap untuk Reza Arap, mengingat WAW Esports masih seumur jagung tetapi sudah mampu angkat trofi yang cukup bergengsi di scene AOV.

Lantas, apalagi rencana Reza 'Arap' Oktovian membawa WAW Esports untuk ke depannya? Simak ragam informasi yang dibeberkan Arap saat konferensi pers WAW Esports siang tadi!

"Goal utama gue mendirikan WAW adalah ingin membawa pro-gamers atau atlet Indonesia ke kancah internasional dan membawa Indonesia bersaing di kompetisi global," ujar Reza Arap, mengenai alasannya membentuk WAW.

Memang ini merupakan impian Reza Arap sejak lama, karena dirinya miliki latar belakang sebagai pro player DotA di tahun 2004-2009 dan telah mengikuti banyak turnamen, seperti WCG salah satunya. Beberkan banyak suka duka kala itu, Reza Arap menekankan perbedaan pro player saat itu dan sekarang, seperti perihal gaji, fasilitas untuk pro player, dan lain sebagainya. Tentu dirinya begitu senang pada akhirnya bisa membuat impiannya menjadi nyata melalui WAW.

Arap tidak sendiri, dalam kepengurusan WAW dirinya dibantu oleh Aoura Lovenson Chandra sebagai Co-Founder dan Jerry Hidayat sebagai Managing Director. Reza dan Aoura telah bekerja sama sebelumnya melalui Famous ID, sebuah Creator Network yang memayungi Reza sebagai salah satu content creator di YouTube. Kolaborasi mereka sekarang adalah mewujudkan mimpi Reza sejak lama, yaitu membuat tim dan manajemen esports melalui WAW.

"Saya bangga bisa menjadi bagian yang ikut merealisasikan visi Reza. Melalui WAW, kami juga ingin memberikan persepsi positif ke masyarakat luas bahwa pro-gamers adalah sebuah profesi yang serius dan bisa menjadi sebuah pilihan karir yang menjanjikan. Sama seperti menjadi content creator," kata Aoura mengenai keikutsertaannya dalam proyek WAW.

WAW akan menaungi para gamers Indonesia yang bergabung di bawahnya. Tidak hanya membantu mengembangkan bakat dan kemampuan bermain mereka, WAW akan mengasah dan menjadikan para anggotanya sebagai pemain terbaik sekaligus sebagai content creator.

Hal tadi sejalan dengan visi WAW yang ingin membawa Indonesia sebagai salah satu pemimpin di dalam ekosistem esports tingkat dunia. Visi tersebut akan dimanifestasikan dalam program-program yang membantu dan mengasah minat serta bakat para gamer profesional (pro-gamer) untuk menjadi yang terbaik di dunia esports. WAW juga akan menjadi bagian dari pemain kunci yang mengukuhkan dan memperkuat esports sebagai salah satu industri yang menjanjikan, menguntungkan, dan lestari bagi seluruh pemangku kepentingan di dunia esports Indonesia.

"WAW berusaha membentuk infrastruktur yang suistainable untuk mendukung para atlet agar bisa masuk ke jenjang yang lebih serius, lebih tinggi, dan mendulang banyak prestasi," seperti yang dikatakan Jeffry Hidayat selaku Managing Director WAW.

Hingga saat ini, WAW Esports memang masih baru memiliki 4 divisi yang diperkenalkan pada saat konferensi pers, seperti AOV, PUBG Mobile, Fortnite, dan juga Mobile Legends.

Menutup konferensi pers, Reza Arap sempat ungkapkan bahwa dirinya masih sering terbawa suasana dan ingin turun untuk ikut bermain dalam kompetisi yang dilakukan tim mereka di WAW. "Entah diperhatikan atau tidak, menurut gue usia paling ideal untuk jadi atlet esports itu sekitar 15-25 tahun. Di atas 25 tahun otak lu udah nggak nyambung, udah beda lah otaknya gue rasa. Gue juga sama pengen turun, kepingin ikutan main tapi gue sadar otak gue udah nggak nyampe."

Dalam mengembangkan WAW Esports, Reza Arap juga ceritakan bahwa dirinya memang serius mencari pro player yang fokus dalam mengembangkan karirnya di industri ini. Attitude menjadi hal utama bagi dirinya, karena sehebat apapun tanpa attitude yang baik tidak akan pernah ada artinya dan tak akan bisa menjadi bagian dari WAW Esports.

Bagaimana menurut pendapatmu, Sobat Esports?