IES Ligagame

Imbas Corona, Zepetto Putuskan PBWC 2020 Batal!

Eric Soejatno
03/03/2020 12:26 WIB
Imbas Corona, Zepetto Putuskan PBWC 2020 Batal!
Sumber: Point Blank Indonesia

Merebaknya virus corona (COVID-19) yang semakin meluas membuat berbagai event besar dibatalkan. Esports juga ikut berimbas dan salah satunya turnamen yang ikut terdampak adalah Point Blank World Championship (PBWC 2020) yang resmi dibatalkan.

Kabar ini dilansir secara langsung di website official Point Blank Indonesia dan dikonfirmasi oleh Zepetto selaku penyelenggara turnamen.Keputusan ini diambil demi keamanan seluruh atlet, staff, maupun semua pihak yang terkait akan jalannya turnamen.

Meski belum diketahui kapan tanggal diadakannya PBWC 2020, Indonesia dan Thailand menjadi salah negara yang akan dipertimbangkan menjadi tuan rumah. Namun kedua negara ini juga ikut terdampak. Pemerintah Indonesia telah mengkonfirmasi adanya 2 WNI yang positif mengidap virus corona.

Korea Selatan diusulkan menjadi tempat diadakannya turnamen. Sayangnya, negeri ginseng tersebut telah mengubah status negara menjadi darurat setelah meningkatnya pasien corona yang dari 30 orang menjadi lebih dari 4 ribu orang menurut kabar terakhir.

Kasus corona telah membuat berbagai turnamen esports dibatalkan. Contohnya tertundanya AESF e-Masters Chengdu, turnamen dimana Indonesia akan mengirimkan wakil dari games AOV dan PES. Selain itu, Hearthstone Masters Tour yang seharusnya diadakan di Indonesia pada bulan Maret juga dialihkan ke Los Angeles, Amerika.

PashaBiceps, mantan pemain Virtus Pro CS:GO di IEM Katowice 2020 Sumber: HLTV

Turnamen esports terakhir yang terkena dampak adalah IEM Katowice 2020. Turnamen CS:GO dunia tersebut berlangsung tanpa penonton. Meski begitu, turnamen ini tetap berjalan dan semua pemain yang lolos ke babak playoff tetap bermain di venue.