Esports.ID

Bermain Pintar di PUBG, 10 Tips Jadi Pemenang dan Bukan Pembunuh Terbanyak!

Billy
19/12/2017 14:50 WIB
Bermain Pintar di PUBG, 10 Tips Jadi Pemenang dan Bukan Pembunuh Terbanyak!
gamespot

Mau tahu bagaimana caranya bermain PUBG agar tidak keteteran meski baru memainkannya? Baiknya kamu baca dulu 10 tips PUBG sebelumnya bagi pemula. Kalau sudah, mari kita cermati 8 tips lanjutan berikut supaya makin mahir bermanuver di Erangel, maupun Map barunya, Miramar.

1. Lokasi mendarat jadi langkah krusial pertamamu!

Memulai permainan dengan terjun dari sebuah ‘hercules’. Banyak pemain berpikir semakin cepat sampai di tanah maka permainan lebih mudah karena kita punya lebih banyak waktu memeriksa area sekitar. Tidak sepenuhnya benar guys! Meskipun sulit menentukan lokasi persis di mana kita jatuh, tapi ketika terjun kita bisa mencoba meraih jarak terdekat dari lokasi optimal yang kita inginkan.

Dengan menggunakan tombol W (keyboard) atau forward (joystick) karaktermu akan mengeluarkan gerakan untuk bernavigasi di udara setidaknya mengarahkannya agar bisa jatuh lebih dekat ke lokasi tujuanmu. Tandai tempat terbaik atau lokasi dengan senjata berlimpah dan kendaraan. Perkotaan dan bangunan tinggi biasanya menjadi tempat ideal untuk memulai permainanmu. Kamu akan memiliki jangkauan luas untuk mengawasi pergerakan musuh yang melintas.

2. Kombinasikan Strategi Bertahan dan Penyerangan

Bila ingin dapatkan hasil maksimal dalam bermain PUBG, kamu harus perhatikan kombinasi antara bertahan dan menyerang. Kamu mungkin bisa masuk dalam Top 10 Player dengan sembunyi terus menerus namun ketika situasi mempertemukanmu dengan pemintas agresif, disitulah kemampuan membunuh diperlukan. Begitupun dengan gaya bermain gila-gilaan menantang maut, lawan akan senang hati memanfaatkan sumber dayanya untuk membunuhmu tanpa keringat ekstra.

Cara terbaik melatih kapasitas menyerangmu adalah terjun langsung ke area padat dan cari jalan keluarmu dari sana. Namun hindari sembunyi berlebihan, dan cari senjata secepat mungkin lalu temukan sasaran. Bila kamu masih memiliki keuntungan dengan tak terdeteksi, kamu bisa menentukan situasi dan menilainya dengan tenang bila berhadapan dengan musuh dalam pertaruhan Chicken Dinner.

3. Antisipasi pergerakan musuh, jadilah pemburu tangguh!

Oke, kamu sudah kumpulkan gear, persenjataan lengkap, dan percaya diri dengan kemampuan bertarungmu. Selanjutnya adalah mind games. Ya, kamu harus memiliki intuisi untuk bisa membaca pergerakan lawan dalam bermain PUBG. Alih-alih menentukan sikap ketika terjebak dalam situasi genting, kemampuan bertahan hidup akan lebih vital perannya ketika mampu mengantisipasi pergerakan lawan.

Dalam situasi adu tembak, perhatikan pergerakan musuh yang ingin mengelabuimu dengan berputar mencari posisi menembak terbaik. Kamu juga bisa memanfaatkan ketahanan karaktermu untuk turun dari gedung lalu berputar membelakangi musuh.

Yang terpenting untuk diingat, kamu akan 'dikurung' dengan 99 pemain lain. Selama angka tersebut belum menyisakan kamu seorang, pastikan selalu bersiaga bahwa setiap celah di PUBG mungkin jadi tempat sembunyi seseorang.

4. Manfaatkan segala sumber daya yang ada

Ada banyak peralatan yang bisa kamu gunakan di PUBG, namun seberapa efektif kamu bisa menggunakannya. Sebagai contoh, ada beberapa jenis bom yang akan kamu temui seperti Frag Grenade, Flashbang, dan Smoke Grenade. Flashbang membuka peluang kamu untuk dapat kesempatan menjatuhkan lawan. Smoke memberi kamu kesempatan untuk bermanuver dan sulit terdeteksi.

Kamu juga bisa mengubah gaya lemparan granat antara melemparnya jauh atau cukup digelindingkan saja (menggunakan klik kanan mouse). Gunanya? Untuk menyelipkan granat yang kamu punya ke dalam ruangan tempat player lain sedang berkumpul.

5. Prediksi pergerakan lingkaran putih + manfaatkan pembatas biru

Mungkin banyak pemain berpikir bahwa bila dapat mencapai titik tengah dari lingkaran putih secepatnya adalah cara aman untuk bermain PUBG. Sesampainya di sana, kamu bisa menyiapkan jebakan dan mencari tempat terbaik. Nyatanya, tidak selalu tempat yang kamu kira titik tengah dari lingkaran akan selalu berpusat di situ. Artinya, ketika lingkaran menyempit, maka titik tengah akan bergeser.

Cara terbaik untuk tetap waspada dalam PUBG adalah bermain di garis pinggir dari lingkaran dan menghindari pertemuan dengan terlalu banyak pemain yang ingin mencapai titik tengah. Kamu justru bisa memanfaatkan kawanan pemain yang mencoba berpindah tempat dengan memprediksi arah datangnya sang lawan.

Lebih hebat lagi bila kamu juga bisa mencegat orang-orang yang mencoba masuk ke lingkaran putih dan menahannya terperangkap di luar kubah biru, sehingga mereka menjadi semakin panik untuk segera mencapai ke dalam, manakala di saat yang sama harus menghindari jebakanmu.

6. Menggunakan kendaraan di saat-saat optimal

Tanpa kita sadari, ada waktu-waktu krusial bagi pemain dalam PUBG untuk menyiapkan karakternya agar bisa bertahan dalam game. Memanfaatkan kendaraan secara optimal adalah salah satu aspek penting itu. Usahakan bergerak menggunakan kendaraan di awal game untuk mempercepat manuver saat memasuki lingkaran dan mendahului player lain ke tempat ideal untuk melakukan penyergapan. Kamu juga bisa menjadikan kendaraan sebagai umpan yang pasti sangat menggiurkan di awal-awal game. Namun memasuki area lingkaran yang makin sempit, baiknya kamu tinggalkan kendaraan karena hanya akan menjadikan kamu target yang empuk karena ukurannya yang besar untuk disasar.

7. Hati-hati saat membuka pintu!

Aspek penting lainnya dalam PUBG adalah ketahui tempat berlindung. Ada material yang baik untuk digunakan sebagai pelindung seperti tembok karena tidak tertembus peluru. Namun pintu akan menjadi pemicu kematian bila kamu berdiri tepat di depannya, dan mengira rumah yang kamu kunjungi itu kosong. Pintu dapat tertembus peluru dan cara terbaik membuka pintu adalah sedikit bergeser ke kiri atau kanan selagi membukanya. Pintu akan terbuka dan kamu mendapatkan perlindungan dari tembok bila ternyata ada lawan yang menunggu kamu membuka kado spesial ala PUBG dari mereka.

8. Bermain pintar, bertahan hidup, dan rayakan dengan Chicken dinner

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kamu akan melalui skenario panjang dalam PUBG. Kamu tidak bisa selamanya sembunyi atau terus-terusan menembak musuh. Namun di saat terpojok, daripada pasrah atau adu tembakan, pahami bahwa melarikan diri adalah salah satu strategi penting untuk bertahan. Sambil berlari dan memanfaatkan lingkungan sekitar, kamu bisa mencari posisi terbaik untuk membalas serangan lawan. Setelah itu, kamu bisa persiapkan serangan balik dari posisi jauh lebih unggul dibanding lawan yang bakal kelimpungan mencari keberadaanmu.

Terlepas dari semua tips di atas, paling penting adalah bagaimana kamu tetap bisa menikmati permainan ini, karena PUBG memang menegangkan tapi bisa juga berjalan membosankan karena berakhir begitu cepat tanpa kamu sadari. Temukan saja keseruan dengan gaya permainan berbeda-beda yang tidak hanya membuatmu berkembang tapi juga sekaligus bersenang-senang. Selamat mencoba!