Kaskus Battle

Developer Membenarkan 99% Cheat di PUBG Berasal dari Cina

Rendy Lim
22/12/2017 10:39 WIB
Developer Membenarkan 99% Cheat di PUBG Berasal dari Cina
Google Images

PUBG yang sudah mulai memasuki fase early access sejak awal tahun ini, akhirnya secara resmi dirilis kepada publik, walaupun masih memiliki beberapa isu yang harus diperbaiki. Kendala minor seperti server overload dikarenakan besarnya animo masyarakat luas untuk mencoba versi anyar (patch 1.0), bahkan tercatat hingga 30 juta download. Sayangnya, masalah krusial yang perlu diatasi segera adalah cheating yang terus menerus muncul dan bisa menjadi problem jangka panjang untuk game bergenre battle royale ini.

Banyak pemain Playerunknown's Battleground mengklaim bahwa mayoritas cheating berasal dari daratan Cina, yang kemudian diperkuat lagi oleh sang kreator PUBG, Brendan Greene, dengan menyatakan 99 persen cheat di PUBG saat ini berasal dari negeri Tirai Bambu. Dimana secara geografis, jumlah penduduk di Cina memang lebih banyak dari tempat lainnya di dunia ini.

Beberapa bulan yang lalu, mungkin kamu pun pernah membacanya via eSports.id tentang aksi cheater yang mempromosikan langsung 'kecurangan'-nya dalam game secara terang-terangan. Bagi yang belum melihatnya, bisa melalui link ini.

Para pemain yang telah sering memergoki banyak pemain asal Cina yang menggunakan cheat dalam bermain PUBG memberikan kecaman untuk memblokir pemain Cina dari server region lain. Namun, tampaknya Greene tidak setuju dengan usulan tersebut, karena menganggap meski mayoritas disinyalir melakukan kecurangan bukan lantas berarti semua pemainnya juga melakukan hal sama.

Stereotip atau pengelompokan seperti itu tidak dapat dilakukan, karena selain komunitas PUBG di Cina sangat kuat, banyak dari mereka sungguh menyukai PUBG dan developer tidak memiliki dasar yang kuat untuk memblokirnya bermain di server. Tapi Greene sendiri berkomitmen untuk mengurus dan memangkas cheater yang berkeliaran dalam game. Dirinya bahkan memperlihatkan sistem anti-cheat yang berhasil 'menebas' sekitar 67% cheater dalam beberapa bulan terakhir. Saat ini, mereka masih mengembangkan sistem yang lebih akurat dan cepat dalam mendeteksi cheat secara live menggunakan statistik dan faktor lainnya.

Partisipasi para pemain untuk tetap aktif melaporkan apapun bentuk cheat dalam PUBG yang mereka temukan saat bermain akan sangat membantu developer untuk memberanguskan cheater yang menjadi musuh bagi para pemain ini. Jika tidak ada laporan sama sekali, maka developer pun tidak dapat melakukan tindakan apa-apa.