Esports.ID

Vainglory Premier League 2018, Debut Mode 5v5 dalam Kompetisi Resmi

Rendy Lim
15/03/2018 15:21 WIB
Vainglory Premier League 2018, Debut Mode 5v5 dalam Kompetisi Resmi
Vainglory Game

Melalui situs resminya, Super Evil Megacorp mengumumkan perubahan mode game resmi untuk liga kompetisi Vainglory di tahun 2018. Mode 5v5 akan mulai menggantikan mode 3v3 untuk semua turnamen ke depannya.

Fokus dengan dua turnamen utama, yakni Pre-Season dan Main Season pada musim panas tahun ini, liga 5v5 baru dipersiapkan untuk berlangsung di region Amerika Utara dan Eropa.

Pre-Season Spring 2018

Walaupun tidak memiliki pengaruh poin untuk official season yang dijadwalkan berlangsung bulan April ini, turnamen Pre-Season menjadi momen terbaik bagi setiap tim untuk mempelajari gaya permainan dari masing-masing tim hingga menyusun strategi counter-nya. Sebanyak 8 tim akan berpartisipasi di Pre-Season League.

Berlangsung selama 5 minggu, semua tim peserta yang mengikuti pre-season akan bermain dalam sistem single full round robin. Setiap harinya, akan ada 3 match yang dipertandingkan dan setiap match tersebut hanya berlangsung secara best of one (BO1).

Bagi tim yang berhasil menang akan memperoleh 1 poin, serta kamu pun masih bisa menyaksikan pertandingan karena jadwalnya bakal berlangsung di hari Sabtu dan Minggu. Jadi, kamu bisa meluangkan akhir pekan untuk menonton tim favorit kamu bertanding.

Jadwal Pre-Season Vainglory League dimulai dari tanggal 14 April hingga 13 Mei 2018, namun bracket dari keseluruhan turnamen masih baru akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

Season 1 (Regular Season)

Ajang penentuan terakhir dari kontestasi tim-tim terbaik Vainglory sedunia ini akan dimulai pada tanggal 2 Juni 2018, dengan Premier League Split 1.

Pada Season pertamanya, akan ada 2 split yang masing-masing berlangsung selama 8 pekan. Puncak dari split pertama adalah midseason playoff, sedangkan untuk split kedua akan berakhir pada season playoff.

Berlangsung dengan format round robin, kali ini setiap pertandingan berlangsung dalam best of 2 dan pemenang dari match akan mendapatkan 1 poin. Sama seperti pre-season, pertandingan di regular season juga berlangsung hanya di hari Sabtu dan Minggu.

Babak playoffs akan diikuti oleh 4 tim yang berhasil memperoleh poin tertinggi untuk kembali bertanding dalam format best of three (BO3).

Split pertama akan dimulai pada tanggal 2 Juni, dan berakhir pada 15 Juli, babak midseason playoff selanjutnya akan dimulai pada 21 Juni. Split kedua dimulai pada 11 Agustus. dan berakhir pada 23 September, sementara season playoff telah dijadwalkan untuk mulai tanggal 29 September.

Season Championships

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini setiap regional akan berkompetisi dalam regional championship. Kemudian 6 tim teratas dari masing-masing region, berdasarkan akumulasi poin dari kedua split dalam regular season, akan berkompetisi dalam World Championship mendatang.

Format yang digunakan dalam World Championship tahun ini masih sama, yakni single elimination bracket dan semua match yang berlangsung adalah format best of five (BO5). Dua tim terbaik dengan poin tertinggi pada akhir season akan mendapatkan ‘bye’ pada hari pertama, dan akan langsung melaju ke babak semifinal.

Challenge Battles

Hadir sebagai kesempatan untuk tim-tim amatir sehingga mereka memiliki kesempatan untuk bertanding di skala kompetitif. Pada tahun 2018, dua tim yang berada di posisi paling bawah di Vainglory Premire League harus bertanding melawan 2 tim Challenger untuk mempertahankan slot mereka. Pertandingan ini akan menentukan siapa yang berhak menerima slot untuk VPL musim selanjutnya.

Tenang saja sobat eSports, walaupun belum ada kabar mengenai VPL untuk Indonesia ataupun region Asia Tenggara, namun pihak Super Evil Megacorp sudah berjanji akan mengabarkan informasi lebih lanjut mulai dari format drafting, prize pool, hingga bagaimana VPL akan dilaksanakan pada region lainnya. Kita tunggu informasi selanjutnya!