Esports

SEA Games Vietnam Umumkan 8 Game Esports Untuk Mobile & PC

Billy Rifki
25/03/2021 10:10 WIB
SEA Games Vietnam Umumkan 8 Game Esports Untuk Mobile & PC
gosugamers.net

Salah satu agenda olahraga besar di tahun 2021 ini adalah kembalinya SEA Games edisi ke-31. Vietnam terpilih menjadi negara penyelenggara dengan kota Hanoi sebagai pusat kegiatan. Tahun ini, SEA Games kembali mempertandingkan cabang olahraga esports setelah di tahun 2019 untuk kali pertama esports disetujui oleh Komite Olimpiade Internasional jadi ajang perebutan medali.

Kali pertama esports diperkenalkan di ranah olimpiade adalah saat Asian Games  2018 di Indonesia. Saat itu status esports masih sebagai olahraga demonstrasi. Kementrian Kebudayaan Vietnam telah mengumumkan 8 game esports yang akan dipertandingkan. Dari 8 game tersebut, akan dibuat 10 kategori yang nantinya akan ada pertandingan untuk lelaki dan khusus wanita. Dari pilihan game yang terlihat, rasanya cukup mengakomodir mayoritas gamer di Asia Tenggara yang cukup lengket dengan game mobile bergenre MOBA dan battle royale. Apa saja sih 8 game esports di SEA Games ke-31 nanti?

Yamisok Nobar

-          Arena of Valor (Mobile) – Team Event

-          PUBG (Mobile) – Team Event

-          PUBG (Mobile) – Solo Event

-          Free Fire (Mobile) – Team Event

-          League of Legends: Wild Rift (Mobile) – Men’s Team Event

-          League of Legends: Wild Rift (Mobile) – Women’s Team Event

-          Mobile Legends: Bang Bang (Mobile) – Team Event

-          League of Legends (PC) – Team Event

-          Fifa Online 4 (PC) – Team Event

-          Cross Fire (PC) – Team Event

Seperti yang terlihat, tahun ini sepertinya tak ada game berbasis konsol seperti PES atau FIFA bahkan fighting games. Namun, banyaknya opsi permainan pasti lebih bisa mengakomodir gamer yang ingin mewakili negaranya di SEA Games mendatang.

Menurut jadwal, SEA Games Vietnam 2021 dimulai pada 21 November sampai 2 Desember mendatang. Diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara yakni Brunai, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Timur dan tentu tuan rumah Vietnam.

Semoga kontingen Indonesia bisa punya persiapan yang baik dan merebut banyak medali di SEA Games nanti