Esports

Worlds 2023 League of Legends Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak

Billy Rifki
22/11/2023 11:46 WIB
Worlds 2023 League of Legends Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak

Laga antara T1 dan Weibo Gaming jadi laga esports terpanas tahun 2023. Hasil dari laga itu, T1 berhasil menundukkan Weibo Gaming dan menyabet gelar Worlds League of Legends 2023.

Kemenangan T1 berhasil terdokumentasikan dengan apik, dan disaksikan oleh jutaan penonton yang bahkan melampaui rekor penonton esports sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2021. 

Semula, rekor penonton esports terbanyak dipegang oleh Free Fire World Series pada tahun 2021 dengan lebih dari 5,4 juta penonton.

Namun, lewat Worlds 2023, rekor penonton esports terbanyak kini beralih ke Worlds League of Legends dengan perolehan jumlah penonton hingga menembus 6,4 juta penonton.

Penting untuk dicatat bahwa angka penonton yang dilaporkan tidak termasuk data platform streaming di Cina. Diduga, kalau dikombinasikan dengan data penonton dari platform streaming Cina, akumulasi penonton Worlds 2023 bakal jauh lebih banyak lagi!

Bersamaan dengan meraih rekor jumlah penonton puncak, Worlds League of Legends 2023 juga memecahkan berbagai rekor siaran dalam berbagai bahasa menurut Esports Charts. Acara tersebut menjadi turnamen esports paling banyak ditonton dalam bahasa Korea (2 juta), bahasa Inggris (1,7 juta), dan siaran berbahasa Vietnam (805.000). Selain itu, acara ini juga mencatat rata-rata penonton yang lebih tinggi dibandingkan Worlds tahun lalu, dengan mencapai hampir 1,3 juta dibandingkan dengan 987.000 pada tahun 2022.

Tahun depan, Worlds League of Legends akan diadakan di London, Inggris. Benua Eropa bakal jadi saksi lahirnya juara baru Worlds. Apakah akumulasi penonton bakal jauh lebih banyak, dan memecahkan rekor lagi seperti tahun sebelumnya? Kita belum tahu.

Pun, masih ada beberapa turnamen lain yang berkesempatan untuk menyalip viewership dari Worlds sendiri. Let’s say, seperti M5 World Championship, The International 2024, dll.

Menurutmu, apakah turnamen-turnamen tersebut bisa menyalip rekor yang ada sekarang? Coba komen!