Evil Geniuses & Golden Guardians Keluar, LCS 2024 Hanya Diikuti 8 Tim

faizalkamill
21/11/2023 15:00 WIB
Evil Geniuses & Golden Guardians Keluar, LCS 2024 Hanya Diikuti 8 Tim
Riot Games

League of Legends Championship Series (LCS) 2024 hanya akan diikuti oleh 8 tim pasca pengumuman bahwa tim Evil Geniuses dan Golden Guardians telah resmi keluar dari liga franchise tersebut per Riot Games.

Pengumuman ini pertama kali diumumkan oleh John Needham selaku presiden esports dari Riot Games lewat media sosial resmi mereka. Needham menyampaikan bahwa keputusan ini merupakan keputusan bersama yang telah didiskusikan oleh Riot Games dengan Evil Geniuses dan Golden Guardians.

Terdapat dua alasan yang berbeda dari kedua tim dalam keputusannya untuk mundur dari LCS. Untuk Golden Guardians, dikabarkan bahwa perusahaan induk mereka, Golden State Warriors, berencana untuk lebih fokus pada olahraga tradisional seperti bola basket. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menarik diri dari panggung esports.

Sedangkan untuk Evil Geniuses, krisis finansial yang dialami sejak beberapa tahun ini memaksa mereka untuk memotong kerugian dan mundur dari LCS. Selain itu terdapat rumor juga bahwa mereka juga mungkin akan mundur dari divisi VALORANT.

Dengan perginya EG & GG, Needham menyampaikan bahwa kini LCS akan jauh lebih fleksibel daripada sebelumnya. Ia menyampaikan bahwa perubahan ini memungkinkan mereka untuk menjadi lebih fleksibel dalam persiapan struktur liga dan kompetisi di masa depan.

Pengumuman ini dibuat lebih cepat dari biasanya untuk memungkinkan para pemain dari EG & GG untuk mencari kesempatan baru di musim depan.

Para penggemar merasa kepergian dua tim ini akan mengubah tingkat kompetisi yang ada di LCS. Beberapa dari mereka menyarankan Riot untuk mengisi kekosongan tersebut dengan tim-tim baru yang mungkin berminat untuk bergabung.

Sayangnya, untuk saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut tentang apakah LCS akan menambah tim baru atau akan tetap menjalankan turnamen dengan 8 tim saja. Belum diketahui juga apa perubahan yang akan dilakukan LCS di musim 2024 terkait dengan perubahan jumlah peserta ini.

John Needham sendiri menyampaikan bahwa informasi baru seputar LCS baru akan diumumkan secara lengkap di awal tahun 2024.