IYD & Xepher, Wakil Indonesia Pertama di Ajang Pro Circuit

Billy Rifki
27/09/2018 09:34 WIB
IYD & Xepher, Wakil Indonesia Pertama di Ajang Pro Circuit
liquipedia

Sejarah tercipta malam kemarin (26/9), kala Tigers berhasil tumbangkan Admiral pada laga final kualifikasi DreamLeague 10 Minor region Asia Tenggara. Sempat kalah oleh Admiral di Winners Final 2-0, Tigers yang diperkuat dua pemain terbaik Indonesia, Muhammad "InYourDream" Rizky dan Kenny "Xepher" Deo akhirnya membalaskan dendam mereka di laga penentuan.

Meski kiprah IYD dan Xepher mungkin didahului oleh RRQ yang sempat ambil bagian di GESC: Indonesia Minor. Namun keberhasilan RRQ dikarenakan kualifikasi nasional yang secara khusus disediakan oleh GESC. Jadi pelabelan IYD dan Xepher sebagai wakil Indonesia pertama yang lolos ke Pro Circuit masih relevan sebagai pemain Indo pertama yang berhasil melalui regional qualifier.

Tigers yang merupakan tim baru, transformasi dari TNC Tigers di musim lalu sudah beberapa kali meleset tipis dari kualifikasi. Paling ngenes tentunya saat kalah comeback melawan TNC pada laga final kualifikasi SEA untuk The International 8. Untungnya kekalahan tersebut tidak mematahkan semangat IYD dan Xepher, mereka tetap berlatih untuk menjadi tim powerhouse terbaru di SEA.

Perjalanan Tigers di DreamLeague 10 cukup manis dengan aksi pembalasan dendam lainnya bersua Lotac yang mengalahkan mereka di kualifikasi Kuala Lumpur Major. Kemudian bertemu Admiral yang menurunkan Tigers ke losers final, untuk akhirnya revans di ronde terakhir.

Berlangsung dalam format Bo3, Tigers memulai dengan kekalahan. Permainan kombo yang disukai oleh Admiral sangat menyulitkan upaya IYD dan kawan-kawan untuk menyerang. Terutama kombo Enigma dan Earthshaker yang kerap menculik hero-hero dari Tigers. 

Game kedua sang kapten dari Tigers, 1437 tak membiarkan Earthshaker kembali diambil Admiral meski Enigma lepas ke tangan lawan. Namun ada jawaban kali ini dari Tigers dengan Mirana yang digunakan IYD. Kemampuan farm, permainan, dan positioning cantik dari IYD berhasil menggagalkan Blackhole dari Admiral. MoonMeander serta Ah jit juga beri kontribusi maksimal di game ini untuk memancing kombo dari Admiral keluar tanpa keuntungan berarti.

Laga terakhir untuk Tigers dan Admiral berlangsung menegangkan. Tigers mengubah kembali pilihan core namun Xepher dipercaya untuk meruntuhkan mental Admiral via Earthshaker. Begitupun Admiral yang sangat sayang dengan Enigma kembali digunakan untuk terakhir kalinya.

IYD memainkan Necrophos berhadapan dengan Timbersaw. Kelas IYD sebagai Top 1 MMR SEA terlihat jelas kala dia mendominasi last hit dan mendorong Timbersaw jauh dari radius last hit. Strategi 1437 yang memprioritaskan push serta kreatifitas MoonMeander dengan Nature Prophet-nya terbayarkan kala pemain Kanada tersebut berhasil pimpin top networth, seketika kantungi item tepat untuk counter hero dari Admiral.

Ah Jit yang memulai agak lambat berhasil menggila pada waktunya. Mengendalikan Lycan, dia membantai hero-hero dari Admiral yang cenderung lemah dan minim mekanik melarikan diri.

Hasil 2-1 untuk Tigers menandakan prestasi besar pertama mereka. Lolos ke Minor perdana di musim 2018-2019, dan berhadapan dengan tim besar dunia seperti Liquid, Natus Vincere, serta compLexity akan jadi pelajaran berharga bagi IYD dan Xepher sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menembus panggung Pro Circuit.

Publik tanah air tentunya berbangga dan berharap IYD dan Xepher bisa menunjukkan permainan dan hasil terbaik di main event DreamLeague 10, yang berlangsung 29 Oktober sampai 4 November 2018 nanti.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1701
2 CyberBonch-1 1520
3 Tundra Esports 1505
4 BetBoom Team 1501
5 Xtreme Gaming 1499
6 Team Liquid 1497
7 G2 x iG 1485
8 OG 1469
9 Azure Ray 1465
10 Gaimin Gladiators 1452