10 Efek IMBA Aghamim Shards, Hero Mana Paling Layak Beli?

Billy Rifki
21/12/2020 15:55 WIB
10 Efek IMBA Aghamim Shards, Hero Mana Paling Layak Beli?
DOTA 2, vpesports

Salah satu update paling segar di Mistwood update DOTA 2 adalah kehadiran item baru bernama Aghanim Shards.  Tidak seperti item biasanya yang memakan slot item, Aghanim Shards lebih ke arah consumeable dan akan meningkatkan, menambah bahkan mengganti skill hero jadi lebih baik.

Nah, daripada bingung efek Aghanim Shards hero mana yang paling bagus, Esports.ID sudah pilihkan beberapa upgrade paling imba. Menurutmu, mana dari 10 efek Aghanim Shards berikut yang paling layak dibeli duluan?

Yamisok Nobar

- BANE

Bane mendapat satu ilusi yang menghasilan Fiend's Grip ketika mengkonsumsi Aghamim Shards. Ilusi ini memang tak seberapa karena bisa langsung hilang saat di disable musuh. Namun, ilusi yang melakukan Fiend's Grip juga kepada musuh ibarat memiliki Refresher Orb dengan harga jauh lebih murah.

Bila dilakukan strategis, Bane dengan Aghanim Shards bisa meng-kontrol dua hero musuh. Yang satu dibiarkan terjebak dalam Fiend's Grip, sisanya bisa Bane asli diamkan dengan Nightmare.

- CENTAUR WARRUNNER

Centa adalah hero tank yang punya kerusakan signifikan. Ia bisa menyerang dengan baik dan bertahan sama kuatnya. Musuh juga kesulitan menyerang Centa karena ada efek serangan balik dari Retaliate yang punya bonus damage tambahan dari strength-nya.

Dengan Aghanim Shards, Centaur bakal mendapat bonus 15% STR tiap hero yang terkena hit dari Double Edge, yang artinya efek Retaliatenya bakal lebih sakit lagi. Selain itu, skill ini jga menerapkan slow selama 2 detik, memperkuat potensi kill dari Centaur.

- CRYSTAL MAIDEN

CM adalah hero support yang lemah. Ultimatenya yang berbahaya kadang dihiraukan karena hero ini mudah mati atau sekedar digagalkan channelingnya. Dengan efek Aghanim Shards, CM bisa melakukan ultimate sambil menggunakan Frostbite bila musuh ada di radius skillnya.

Plus, ia bisa membekukan diri sendiri dan memberikan efek 70% damage reduction, ditambah bonus armor dari Freezing Field. Makin mengerikan saja terjebak di ultimate putri salju ini.

- DEATH PROPHET

Salah satu kelemahan Death Prophet adalah sustain yang terbatas meski sudah tertolong oleh lifesteal dari Spirit Syphon. Dengan Aghanim Shards, ia jadi lebih tanky karena efek menyerap armor dari musuh dan menjadikannya milik kalian selama durasi skill.

Dengan harga yang lebih murah dari Shiva's Guard, Aghanim Shards bisa jadi pilihan yang baik untuk dibeli untuk DP core maupun support.

- LINA

Tidak mau ketinggalan dengan Lion yang ultimatenya bisa menyasar banyak hero, Laguna Blade dari Lina juga bisa dengan tambahan Aghanim Shards. Ini adalah bonus yang sangat baik saat teamfight, burst banyak musuh sekaligus dapat menghemat waktu dan effort.

1400 gold untuk Aghanim Shards tampaknya lebih baik ketimbang membeli full Aghanim Scepter. Apalagi tak semua musuh akan membeli BKB, minimal Lina bisa mengeliminasi support-support menyebalkan dari tim lawan.

- MEDUSA

Medusa mendapat tambahan pasif Cold Blooded dari Aghanim Shards. Mengizinkannya untuk bertahan sambil menyerang karena setiap spell yang masuk ke arahanya, akan melepas Mystic Snake ke musuh.

Mystic Snake akan membawa mana yang berfungsi sebagai energi dari Shield andalan Medusa. Tentu, musuh jadi tak bisa sembarangan menyerang karena bisa jadi pertahanan Medusa malah tak habis-habis.

- OMNIKNIGHT

Potensi Omniknight core makin terbuka lebar dengan tambahan Aghamin Shards. Tiap pukulannya kini bisa memberi efek heal dan bonus pure damage. Jadi, Omni tak cuma sustain dan pukulannya mengerikan, ia pun sulit dibunuh karena buff dari Heavenly Grace yang memberikan status resistence plus aura debuff Degen Aura.

Namun sebaiknya item ini kamu beli bila ingin jadi core saja. Untuk support sepertinya lebih dibutuhkan item lain ketimbang Aghamin Shards yang tak membanyak banyak saat teamfight.

- PUCK

Puck tak jarang mengabaikan Blink Dagger untuk item lain tergantung situasi fight. Aghamin Shards bisa jadi pertimbangan serius karena tak cuma menambah damage Warning Rift, skill ini jadi punya reveal vision atau kemampuan melihat musuh yang hilang serta ward.

Dikombo dengan Dream Coil juga makin bagus karena ada bonus knockback dari Warning Rift.

- QUEEN OF PAIN

Tak perlu repot-repot beli Orchid Malevolence. Aghanim Shards sudah memperikan efek silence dan damage dari skill blink ikonik QOP. 1400 gold tentu jauh lebih murah dari Orchid Malevolence, meskipun tak ada atribut tambahan dari item ini.

Setidaknya, kemampuan snowball dan kill QOP jauh meningkat dengan tambahan silence. Memperburuk laning dari musuh yang bergantung pada skill kabur atau mereka yang sangat berharap pada BKB.

- UNDERLORD

Untuk hero yang punya potensi farm baik seperti Underlord, membeli Aghanim Shards di awal game bisa jadi meta. Tak cuma meningkatkan efektifitas dari Firestorm ke musuh, skill ini bakal mengikuti hero dan memberikan heal kepada Underlord, asal punya Aghanim Shards.

Musuh bakal terkena serangan serius bila terlalu dekat dengan Underlord karena makin sulit dibunuh dan damagenya juga tinggi.

Itu dia 10 hero dengan upgrade Aghamin Shards terbaik. Kalau Sobat Esports lebih senang dengan upgrade dari hero apa?