Kemarin, Dota 2 Resmi Berusia Sepuluh Tahun

Mallasak
10/07/2023 11:21 WIB
Kemarin, Dota 2 Resmi Berusia Sepuluh Tahun
Credit: Valve

Sepuluh tahun yang lalu, hari ini, Dota 2 secara resmi diluncurkan, selamanya mengubah lanskap permainan kompetitif. Kenaikan meteorik permainan menjadi terkenal, kumpulan hadiah yang mengesankan, dan basis pemainnya yang berdedikasi telah memperkuat statusnya sebagai raksasa di industri esports.

Saat Dota 2 mencapai tonggak penting ini, mari kita lihat jalan panjang yang telah diambil untuk sampai ke sini dan apa yang dapat kita harapkan dari Valve saat kita menuju ke bab berikutnya. Setelah periode beta dua tahun yang ketat, Dota 2 secara resmi diluncurkan pada 9 Juli 2013, memikat jutaan pemain di seluruh dunia.

Setelah diluncurkan, peminatnya tidak dapat dihentikan, karena dengan cepat menjadi game paling populer di Steam yang memuncak pada 1.291.328 pemain bersamaan pada Maret 2016.

Permainan ini juga menjadi fenomena dalam industri esports dengan seri turnamen The International saja mendistribusikan hampir $200 juta dalam bentuk hadiah uang kepada pemain kompetitif, menjadikan Dota 2 gelar esports dengan bayaran tertinggi dalam sejarah. Daya pikat The Internasional telah memikat pemain dan penonton dan telah membantu mengamankan posisi permainan sebagai salah satu judul esports PC yang paling banyak ditonton di Twitch.

Credit: Valve

Sementara basis pemain mungkin telah melihat fluktuasi selama bertahun-tahun, daya tarik Dota 2 sebagai olahraga penonton tetap sangat teguh. Angka penonton untuk turnamen Dota 2 terus mengesankan, menarik banyak penggemar yang bersemangat yang menikmati pertandingan mengesankan antara para tim elit Dota 2.

Kemampuan permainan untuk memberikan momen mendebarkan dan menampilkan puncak keterampilan telah memperkuat statusnya sebagai favorit abadi di antara penggemar esports. Meskipun jumlah pemain puncak telah menurun sejak puncaknya pada Maret 2016, Dota 2 masih membanggakan salah satu basis pemain terbesar di dunia.

Dalam 30 hari terakhir saja, permainan menyaksikan jumlah pemain puncak 70.381, menggarisbawahi dedikasi abadi dari basis penggemarnya. Menyadari kebutuhan untuk beradaptasi dan menjaga permainan tetap segar, Valve mengumumkan bahwa mereka sedang membangun beberapa kejutan menyenangkan untuk ulang tahun kesepuluh Dota 2, meskipun detailnya tetap diselimuti kerahasiaan.

Selanjutnya, Valve meluncurkan perubahan kebijakan dalam rilis konten dan persiapan untuk Dota 2. Ke depan, perusahaan bermaksud untuk meluncurkan pembaruan berbagai format lebih sering, menjanjikan untuk menyuntikkan kehidupan baru ke dalam permainan secara konsisten sepanjang tahun. Sementara pass pertempuran tradisional untuk The International kemungkinan akan berubah secara signifikan, Valve meyakinkan pemain bahwa itu memang memiliki pengganti yang disiapkan.

Jaminan Valve bahwa Dota 2 akan terus ada dalam beberapa bentuk setidaknya hingga 2024, karena rencana untuk TI 2024 sudah berlangsung, menawarkan penghiburan kepada penggemar yang takut akan kematian game. Namun, dengan proyek seperti Counter-Strike 2 dan Neon Prime yang dikabarkan berpotensi mengambil bandwidth Valve, kita mungkin melihat Dota 2 menjadi kurang prioritas.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Xtreme Gaming 1661
2 Team Falcons 1651
3 CyberBonch-1 1520
4 Team Spirit 1518
5 OG 1492
6 Tundra Esports 1490
7 Team Liquid 1483
8 BetBoom Team 1476
9 G2 x iG 1456
10 VGJ Storm 1450