Eksibisi PON Esports

Pandemi Covid-19 Meluas, FIFAe Nation Cup 2021 Batal

Michael
28/07/2021 17:52 WIB
Pandemi Covid-19 Meluas, FIFAe Nation Cup 2021 Batal
FIFA resmi membatalkan gelaran FIFAe Nation Cup 2021

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) secara resmi membatalkan gelaran FIFAe World Cup 2021 dan FIFAe Nation Cup 2021. Dikutip dari PSSI.org, Keputusan ini terpaksa diambil mengingat masih berlangsungnya pandemi covid-19 secara global, termasuk di dalamnya pembatasan perjalanan di berbagai negara peserta. 

FIFA secara resmi membatalkan dua event yang sedianya akan berlangsung bulan Agustus, yakni FIFAe World Cup 2021 yang sedianya akan digelar di London, Inggris Raya pada 6-8 Agustus, serta FIFAe Nation Cup 2021 di Kopenhagen Denmark pada 20-22 Agustus 2021. Pembatalan ini juga berdampak pada eTimnas Indonesia yang sedianya akan tampil pada kompetisi FIFAe Nation Cup 2021 di Kopenhagen, Denmark. 

Yamisok Nobar

“PSSI menghormati keputusan FIFA terkait pembatalan kompetisi FIFAe Nation Cup 2021, di mana eTimnas Indonesia seharusnya akan tampil di sana. Sangat disayangkan anak-anak tidak bisa tampil padahal persiapan matang sudah dilakukan demi menghadapi kompetisi ini. Situasi pandemi covid-19 di seluruh dunia yang belum mereda masih menjadi perhatian kita bersama. Kami sepakat dengan FIFA bahwa keselamatan dan kesehatan berbagai pihak yang terlibat menjadi prioritas kita bersama” ujar Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita.

Hussain dan Chanks gagal tampil di FIFAe Nation Cup 2021 - source: pssi.org

Menurut Maaike, walaupun  PSSI kecewa—karena gagal berpatisipasi di tingkat dunia—PSSI tetap berkomitmem untuk membangun ekosistem efooball juga. Sebelumnya, dua atlet PES Indonesia, yakni Fahmi “Hussain” Husaeni dan Moehammad “Chanks” Zulisar berhasil menjadi wakil Asia untuk tampil di ajang FIFAe Nation Cup 2021.

Sebagai wujud apresiasi FIFA terhadap upaya dan kerja keras dari para peserta yang sudah lolos kualifikasi selama berlangsungnya musim FIFAe tahun ini, total hadiah dari setiap kompetisi akan dibagikan secara adil kepada para peserta dan anggota asosiasi. Hadiah akan dibagikan secara individual terhadap peserta FIFAe World Cup. Sedangkan hadiah FIFAe Nation Cup akan diberikan secara adil untuk anggota asosiasi yang berpartisipasi.