[Review] realme GT Neo2, Desain dan Performa yang Nyaris Sempurna!

Michael
24/11/2021 05:44 WIB
[Review] realme GT Neo2, Desain dan Performa yang Nyaris Sempurna!
Review realme GT Neo2

Halo Sobat Esports!

Kali ini Tim Esports ID kedatangan smartphone keren yang baru saja dirilis awal bulan ini, realme GT Neo2. Hadir dengan warna menarik, NEO Green yang khusus dirancang realme Design Studio, seperti apa ketangguhan performanya? Yuk, simak review realme GT Neo2 berikut ini!

Yamisok Nobar

Desain, Fitur dan Spesifikasi realme GT Neo2

Satu yang langsung menarik perhatian adalah warna hijau yang unik dari realme GT Neo2. Rupanya warna yang diberi nama NEO Green ini dirancang khusus oleh realme Design Studio untuk menciptakan tren warna baru.

realme GT Neo2 hadir dengan layar 6,62 inci dengan bodi yang tebilang ramping dan bobot 200g. Layar smartphone andalan realme ini juga dipersenjatai dengan E4 Amoled yang menghadirkan tampilan gambar tajam dan diklaim menjadi layar terbaik saat ini untuk kelas flagship dengan refresh rate 120Hz dan Touch Sampling hingga 600Hz.

Untuk Audio, realme GT Neo2 dilengkapi fitu Dual Stereo Speakers ditenagai Dolby Atmos. seperti seri sebelumnya (realme GT Master Edition), GT Neo2 menyediakan dua slot SIM card tanpa slot Micro SSD. Port USB-C selain digunakan untuk charge baterai, juga berfungsi sebagai transfer data dan konektor earphone.

Beralih ke prosesor, realme GT Neo2 mengadopsi Snapdragon 870 5G Mobile Platform yang merupakan prosesor seri 8 terbaru dari Qualcomm. Dibangun dengan teknologi proses 7nm yang hemat daya, prosesor kelas flagship membawa kinerja dan efisiensi ke tingkat yang lebih tinggi. Pemilihan realme bukan tanpa alasan, Qualcomm Snapdragon 870 5G punya CPU dengan clock speed tertinggi mencapai 3,2GHz dan tentunya membawa pengalaman nge-game makin lancar.

Kehadiran GT Mode yang telah di upgrade menjadi versi 2.0 pun diklaim mampu meningkatkan performa maksimal realme GT Neo2 dalam waktu singkat. GT Mode 2.0 dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan memberikan tenaga besar pada kinerja CPU dan kecepatan pengambilan sampel sentuh.

realme GT Neo2 juga dilengkapi sistem pendingin Stainless Steel Vapour Cooling Plus dengan struktur 8 lapis menggunakan diamond thermal gel pada CPU, dengan 30% area lebih luas, 18°C puncak penurunan suhu dan 20% tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Lantas bagaimana dengan ketahanan baterainya? realme GT Neo2 memiliki baterai 5000mAh yang diklaim mampu bermain game selama 8 jam nonstop. realme GT Neo2 pun telah didukung teknologi SuperDart Charge, pengisian daya 65W yang mampu mengisi penuh (dari 0) daya hanya dalam 36 menit!

Kamera juga menjadi salah satu pertimbangan yang tak kalah penting dalam memilih smartphone. realme GT Neo2 juga menghadirkan 64MP Triple Camera yang didukung dengan lensa ultra-wide 119° dan lensa makro yang mampu mengabadikan setiap momen indah. realme GT Neo2 juga menghadirkan Mode Street Photography dengan fitur-fitur seperti DIS Snapshot, Fokus Instan, dan Fast Zoom.

Review dan Performa realme GT Neo2

Soal desain nampaknya Tim Esports ID hanya bisa kagum dengan keberanian realme menghadirkan warna NEO Green dalam produk andalannya. Nyatanya, upaya ini tidak sia-sia. Neo Green langsung menjadi daya tarik utama yang membuat first impression penulis sangat terkesan.

realme GT Neo2 juga terasa pas dalam genggaman, dengan desain yang kokoh dan berkelas. Triple Camera 64 MP yang menonjol di bagian belakang pun menjadi nilai tambah untuk desain realme GT Neo2. Sayangnya realme tidak menyediakan slot audio jack yang cukup penting untuk gamer esports. Meski begitu kalian bisa menyiasatinya dengan membeli connector type-C atau menggunakan realme Buds (Bluetooth audio) yang dijual terpisah.

Tim Esports ID memilih dua game esports untuk melakukan test yang populer saat ini, yakni PUBG Mobile dan Pokemon Unite. Hasilnya, sangat memuaskan!

Pengaturan graphic maksimal (rata kanan) pada game PUBG Mobile bisa dijalankan dengan lancar dan tanpa kendala. Tingkat kepanasan (overheat) pun terjaga dengan fps rate stabil di angka 60. Begitu juga saat mencoba game Pokemon Unite, dengan settingan maksimum, game dapat berjalan lancar dengan fps rate 60.

Tidak lupa, kami pun mencoba fitur GT Mode 2.0 yang menjadi salah satu fitur unggulan device ini. Pengaktifan fitur ini cukup mudah dipahami dan memang mampu meningkatkan performa device, meski penggunaan baterai lebih sedikit boros saat mengaktifkan fitur ini.

Tim Esports ID juga melakukan pengecekan benchmark dengan menggunakan AnTuTu, Geekbench dan 3DMark. Hasilnya juga sangat memuaskan. Skor yang didapat dengan menggunakan AnTuTu yakni 716.637 atau lebih dari 33% lebih tinggi dibanding realme GT Master. Jika berdasarkan rank yang dirilis AnTuTu, realme GT Neo2 berada di peringkat 16 smartphone Android dengan performa terbaik. Ranking yang cukup tinggi, melihat dari harga realme GT Neo2 yang bisa dibilang cukup terjangkau.

Tak berbeda jauh, hasil yang didapatkan dengan Geekbench dan 3DMark pun terbilang memuaskan, seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Terakhir kami mencoba dua fitur yang tak kalah penting, yakni SuperDart Charge dan Kamera. realme nampaknya tidak main-main ketika bicara mengenai fitur pengisian daya (charging). Seperti yang dijanjikan, realme GT Neo2 hanya membutuhkan sekitar setengah jam (30 menit lebih) untuk mengisi daya penuh. Tentu ini menjadi nilai tambah untuk gamer atau atlet esports yang sangat membutuhkan kecepatan charging saat bermain game.

Hasil jepretan kamera GT Neo2 mampu perlihatkan detail yang mengagumkan

Kesimpulan

Melihat perpaduan desain yang elegan dan performa memuaskan realme GT Neo2, Tim Esports ID tak bisa memberikan komentar banyak selain menyarankan kalian untuk membeli smartphone ini Sobat Esports! Tak salah jika realme GT Neo2 digadang sebagai smartphone terbaik saat ini jika dilihat dari performa, desain dan harga yang ditawarkan.

Satu kekurangan yang dirasa sedikit mengganggu hanya tidak adanya jack audio dalam device ini, mengingat earphone dengan connector Type-C belum populer di Indonesia. Namun hal ini tidak akan mengurungkan penulis untuk membeli realme GT Neo2.

realme GT Neo2 akan dijual di pasaran dengan harga Rp6.499.000. Jika tertarik untuk membelinya, kalian bisa langsung kunjungi website resmi realme atau  official store-nya.