85.000 Akun LoL di China Kena Ban Serentak, Kenapa Ya?

faizalkamill
24/02/2021 13:34 WIB
85.000 Akun LoL di China Kena Ban Serentak, Kenapa Ya?
League of Legends

Baru-baru ini Riot Games di China melakukan ban ke lebih dari 85.000 akun LoL pada server mereka. Ban ini dilakukan secara serentak setelah sebelumnya dilakukan investigasi. Kebanyakan dari akun-akun yang terkena ban ini melanggar beberapa aturan yang ada di game, contoh paling umum adalah membagikan link-link ilegal yang berisi iklan, jual beli obat-obat terlarang, hingga konten seksual.

Riot Games China sangat ketat mengenai hal ini karena akun-akun tersebut dapat menciptakan lingkungan permainan yang tidak menyenangkan bagi pemain lain. Kebiasaan buruk seperti berkata kasar, diskriminasi, dan cheating juga tidak luput dari ban serentak kali ini. Total 85.478 akun akan mendapatkan ban selama 10 tahun dimulai dari pengumuman tersebut dikirimkan.

Yamisok Nobar

Contoh akun yang terkena ban di China

Mengapa 10 tahun? Riot ingin “membersihkan” para pemain tersebut dari lingkungan game mereka, juga China merupakan pasar LoL terbesar di dunia sehingga kenyamanan sangatlah diperhatikan. Meski begitu, terhitung pada tahun 2017 terdapat 100 juta pemain aktif di server China. 85.000 akun yang terkena ban saat ini hanyalah sedikit debu di padang pasir yang luas.

Riot Games terus berencana untuk melakukan pembersihan dari waktu ke waktu hingga persentase pemain “toxic” ini bisa semakin berkurang. Komunitas LoL di China menyambut baik hal ini, menurut mereka hukuman seperti larangan berkomunikasi atau hanya ban beberapa hari saja kurang efektif untuk mengubah kebiasaan dari para pemain tersebut. Menurut mereka hukuman ban 10 tahun ini perlu dilakukan agar lingkungan game semakin baik kedepannya. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kalian setuju dengan langkah Riot?