Empat Tahun Puasa Gelar, EDG Juarai LPL Summer Split!

faizalkamill
03/09/2021 15:59 WIB
Empat Tahun Puasa Gelar, EDG Juarai LPL Summer Split!
EDG menjadi juara LPL Summer 2021/LPL

Setelah kurang lebih 4 tahun puasa gelar, Edward Gaming atau yang biasa dikenal sebagai EDG akhirnya kembali ke takhta mereka sebagai juara setelah memenangkan LPL Summer Split final. EDG mengalahkan tim favorit juara, FPX, dengan skor 3-1. EDG terakhir kali menjuarai LPL pada tahun 2017 ketika melawan RNG. Dengan kemenangan ini EDG akan menjadi wakil nomor 1 LPL di Worlds 2021.

Menjadi tim nomor dua memasuki babak grand final membuat tekanan berada di pundak para roster EDG. Setelah kalah oleh Team WE di semifinal, EDG harus memapah langkah lewat lower bracket sampai akhirnya berada di final. Meski begitu, perjalanan mereka di lower bracket berhasil menempa kemampuan mereka lebih tajam lagi.

Memasuki babak grand final EDG sedang berada di puncak performa mereka. Satu hal yang bisa dipelajari dari permainan EDG adalah permainan agresif yang sistematis. Di game pertama menghadapi FPX, EDG berhasil bermain agresif sejak menit pertama memaksa para pemain FPX untuk bermain dalam tekanan setiap saat. Meski begitu, permainan agresif EDG juga dibarengi dengan kontrol diri yang baik di mana mereka sangat jarang sekali membuat kesalahan yang bisa dimanfaatkan oleh lawan.

Dengan gaya bermain ini, EDG berhasil memenangkan 2 laga pertama dan mengamankan match point. Di laga ketig, EDG bermain dengan strategi yang sama seperti sebelumnya. Mereka kembali berhasil menemukan kesuksesan di early game namun ternyata FPX lebih cerdik di laga tersebut. Meskipun tertinggal dalam sisi gold, FPX berhasil mendapatkan celah di mid game untuk membalikkan keadaan. FPX berhasil menang di game ketiga lewat sebuah comeback.

Memasuki game keempat keadaan berubah. EDG yang sebelumnya selalu berhasil menang di early game kini keadaan berbalik. FPX berhasil memenangkan early serta mid game dan memimpin papan skor dengan jarak yang cukup besar. Malapetaka bagi FPX terjadi memasuki masa late game. Seperti menyalin kesalahan EDG di game ke-3, FPX mulai bermain ceroboh di akhir-akhir pertandingan yang pada akhirnya memberikan ruang kepada EDG untuk bangkit.

LPL

EDG berhasil comeback dari jurang kekalahan dan menutup laga bagi kemenangan mereka sekaligus menutup series. Dengan comeback manis tersebut EDG dinobatkan sebagai juara LPL Summer Split 2021. Scout sang mid laner keluar sebagai MVP setelah banyak sekali membuat permainan yang krusial.

LPL

EDG dan FPX akan mewakili LPL di Worlds 2021 sebagai seed pertama dan kedua. Sejak LPL mendapatkan 4 seed, LPL akan mengadakan regional final untuk menentukan 2 tim terakhir yang akan bergabung dengan EDG & FPX ke Eropa. Team WE, RNG, LNG, dan Rare Atom merupakan kandidat yang sedang bertarung memperebutkan 2 tiket terakhir ke Worlds 2021. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?