#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Saber Jadi Meta Tangkal Strategi Hyper Carry, Kenapa Tidak?

Billy Rifki
07/07/2020 17:40 WIB
Saber Jadi Meta Tangkal Strategi Hyper Carry, Kenapa Tidak?
Esports.ID

Meta hyper carry masih cukup populer digunakan oleh tim profesional sampai publik player Mobile Legends. Hanya saja, opsi hero yang terbatas untuk menangkal strategi ini kadang jadi dilema.

Perlu hero yang punya burst damage tinggi, skill bercooldown rendah sekaligus crowd control mematikan agar proses memburu hyper carry tak banyak makan waktu. Mungkinkah ada hero seperti itu?

Ternyata ada! Hampir terlupakan dalam limbo kolam pahlawan Mobile Legends satu assassin yang tampaknya sesuai dengan kriteria tersebut. Ialah Saber, si assassin anti hyper carry. Mengapa Saber?

Pertama, Saber adalah satu-satunya assassin murni yang punya skill crowd control mumpuni untuk menghentikan mobilitas hero lincah sekaligus mengakhiri nyawa mereka selama durasi Triple Sweep. Tak perlu bingung-bingung mengincar Ling atau Claude dengan Kaja atau Jawhead yang hasil akhirnya belum tentu sesuai ekspektasi, Saber mampu mengeliminasi mereka dalam tiga kali tebasan.

Paling penting, skill ini juga menghentikan pergerakan mereka berkat efek knock up, memberi kesempatan untuk rekan setim melempar crowd control tambahan. Dengan sumber daya yang cukup, sekali Triple Sweep biasanya sudah menginstant kill target incaran.

Kedua, Saber punya skill zoning yang baik. Flying Sword sangat bermanfaat dalam situasi defend (clear wave), ofensif (mengejar musuh) dan laning stage. Semakin lengkap item fisik yang dikantongi Saber, otomatis kerusakan dari pedang berputar ini bertambah tinggi.


Triple Sweep, Jurus Andalan Saber Untuk Mengcounter Hyper Carry

Saber tak sulit dimainkan, bisa di bilang hero ini ramah pemula. Semua pemain pasti bisa menggunakan Saber asalkan tak terlalu nafsu dan asal mengejar target. Selain itu, cooldown skillnya cenderung sebentar, jadi tak butuh waktu terlalu lama untuk berotasi mengincar mangsa.

Kelebihan lainnya adalah Itemisasi yang fleksibel. Saber bisa memberikan efek tambahan bervariasi tergantung jenis musuh yang ia hadapi. Misalnya, apakah musuh perlu anti regen, atau Saber hanya perlu melakukan spam skill sehingga regenerasi mana dari Endless Battle serta cooldown reduction tambahan dari Bloodlust Axe dan Queen's Wings lebih bermanfaat.

Beberapa kelemahan Saber adalah skill Flying Sword yang inefektif untuk membabat monster jungle. Namun, kekurangan itu tertutupi saat Saber mengantongi item jungle. Ultimatenya pun terlalu terkonsentrasi pada single lock, pemain perlu menguasai cara mengunci target yang diinginkan agar tidak menebas hero yang salah.

Dengan pembaharuan yang diterima Saber, bukan tidak mungkin hero ini meroket lagi sebagai top pick sebagai counter dari meta hyper carry. Bagaimana pendapat kalian terhadap Saber Sobat Esports?