#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Luo Yi atau Valir? Siapa Mage Support MLBB Terbaik di Season 17?

Billy Rifki
24/07/2020 10:21 WIB
Luo Yi atau Valir? Siapa Mage Support MLBB Terbaik di Season 17?
Esports.ID

Peran mage support kian penting dalam pertempuran Mobile Legends. Mereka tak cuma piawai menyediakan crowd control tapi juga damage magical yang tinggi. Belakangan, prioritas pick mage support berpusat pada duo Luo Yi dan Valir.

Sebelum kehadiran Luo Yi, Valir merajai sendirian top tier support karena damage per second serta berbagai cc yang menyulitkan. Ia bisa memberikan stun, slow, efek knock back sampai melepas debuff untuk diri sendiri. Pesaing akhirnya muncul dalam diri Luo Yi. Awalnya hero ini dipandang sebelah mata, tapi setelah sinergi Yin dan Yang mulai diketahui orang, barulah ramai player ribut membanned Luo Yi atau menjadikannya first pick.

KELEBIHAN

Kedua hero ini punya damage yang tinggi. Luo Yi bersifat burst dengan kombo Dispersion dan Rotation, sedangkan Valir lebih ke arah damage per second yang bisa ia lempar terus menerus bila mengenai hero musuh. Skill cc mereka mujarab menghalau inisiasi tanker musuh, guna menghambat pergerakan mereka saat melarikan diri atau malah maju bunuh diri.

Valir lebih mandiri ketimbang Luo Yi, ultimate Vengeance Flame membantu masa hidup Valir kalau-kalau ia salah langkah dan terkena disable lawan. Efek debuff dari cc, peningkatan movement speed serta penambahan damage terbukti merepotkan frontliner musuh yang nafsu mendekati Valir.

Luo Yi lebih butuh kordinasi karena ultimatenya mampu memindahkan posisi kawan ke tempat strategis. Luo Yi juga suka pertempuran besar karena skillnya bisa mendempetkan banyak musuh bila mereka banyak berkumpul. 

Valir dan Luo Yi lebih cocok menempati lane, menjaga alur minion terdorong ketimbang sibuk mondar-mandir untuk gank. Karena keaktifan mereka di lane, core tim bisa farming bebas di jungle sementara musuh tertahan menjaga turret yang terus terdesak.

Keduanya harus bisa memotong arah manuver musuh, setidaknya memberikan informasi kemana musuh di midlane berpindah. Bila bisa memancing war, hal tersebut lebih bagus karena dengan radius skill yang lumayan, mereka bisa mengulur waktu selagi mengurangi darah musuh sebanyak mungkin sampai core datang dan membereskan sisanya.

KEKURANGAN

Baik Luo Yi dan Valir punya skill bermekanis skillshot, artinya jurus ini harus diarahkan presisi karena tidak mengenai satu individu saja. Memahami cara kerja skill dari Valir dan Luo Yi memungkinkan musuh menggocek projektil serangan mereka dan menjangkau titik lemah sang mage support.

Kesalahan positioning bisa berakibat fatal untuk kedua hero ini karena ketahanan tubuh mereka tak mengagumkan. Bahkan Valir yang sudah dilengkapi dengan anti-cc tetap bisa tersungkur bila musuh seperti Ling, Esmeralda atau Uranus berada terlalu dekat disampingnya.

Karena skill hero ini banyak manfaat, kadang satu kematian bisa berdampak fatal apalagi di late game. Luo Yi dan Valir kuat untuk urusan menyerang sekaligus bertahan. Tak jarang, kemampuan merekalah yang membalikan keadaan sulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan banyak mati bila menggunakan hero ini karena kontribusi mereka sangat krusial.

LUO YI ATAU VALIR?

Meski banyak kemiripan antara keduanya, secara gameplay hero ini dimainkan berbeda. Luo Yi cocok untuk permainan yang pasif, santai dan tak banyak resiko karena mobilitasnya yang rendah. Sementara Valir cocok untuk pemain-pemain yang usil dan aktif karena jangkauan skillnya lebih baik dan damage yang lebih handal di early game.

Yang pasti, kedua hero ini selayaknya kamu banned atau pick kalau tidak mau menderita kekalahan saat push rank. Sobat Esports pilih tim Luo Yi atau Valir nih?