#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Alpha di Buff, Bakal Jadi Offlaner Tangguh Pesaing Uranus & Esmeralda?

Billy Rifki
23/07/2020 17:10 WIB
Alpha di Buff, Bakal Jadi Offlaner Tangguh Pesaing Uranus & Esmeralda?
Esports.ID

Di season 17 Mobile Legends, pilihan untuk sidelaner atau offlaner prioritas berpusat pada Uranus dan Esmeralda. Player papan atas juga tim profesional yang pentas di turnamen bergengsi mulai kelihatan monoton saat drafting karena pola yang terbaca. Yu Zhong, hero terbaru Mobile Legends diperkirakan ikut kontestasi meta karena masih "segar" dan gameplaynya belum terbaca sepenuhnya.

Tentu, untuk opsi selain ketiga hero handal tersebut ada variasi macam X Borg, Jawhead, Silvanna sampai Balmond. Namun, dampak yang mereka punya tak sebesar top tier offlaner yaitu Uranus dan Esmeralda. Moonton telah melihat problema tersebut dan memutuskan untuk mengupgrade satu hero fighter klasik, Alpha.

KENAPA ALPHA?

Salah satu kreasi dari Laboratorium 1718 ini dapat buff signifikan pada update patch 1.4.94.  Tiga skill aktifnya diperkuat, mulai dari Rotary Impact menambah efek slow serta meningkatkan luas AoE, Force Swing yang dikurangi penggunaan mananya dan ultimate Spear of Alpha yang dapat peningkatan damage dasar, bonus physical attack plus duarsi cooldown makin singkat.

Dengan upgrade seperti ini, Alpha lebih kuat saat laning di early game. Penambahan slow dari Rotary Impact memperbesar kesempatan solo kill plus Force Swing lebih ramah untuk di spam terus menerus.

Spear of Alpha juga tak sekedar crowd control, kini sang Flesh Weapon bisa kombo sekali mati musuh yang terperangkap serangannya. Masa pakai yang kian singkat memungkinkan Alpha selalu beramunisi penuh setiap situasi perang muncul.

Sama seperti Yu Zhong, Alpha mengandalkan skill untuk memberikan kerusakan. Itemisasinya pun tak jauh berbeda. Bloodlust Axe jadi item wajib karena punya efek spell vamp, Quenn's Wings untuk daya tahan lalu Blade of Despair agar output damagenya makin keterlaluan. Sisanya kalian adaptasi dengan situasi pertempuran.

R7 telah menunjukan potensi Alpha dalam stream terbarunya. Dengan equipment yang masih sederhana, ultimatenya sudah mendaratkan begitu banyak damage, bahkan lebih dari setengah HP.

KELEMAHAN

Karena Alpha adalah hero yang sangat skill oriented, kalian harus bersabar dan menunggu skill aktif untuk memenangkan lane. Jangan gegabah menghabisi minion dengan jurus saat ada musuh dihadapan, lemparkan skill milikmu ke arah musuh bersamaan dengan clear wave sehingga laning kalian lebih efektif.

Basic attack Alpha kurang menjamin sebagai harrasing tool, sebaliknya, sustain dari skill yang menambah regen plus efek lifesteal nantinya jadi keistimewaan Alpha di Land of Dawn. Oleh karena itu, jangan pukul-pukulan saat menggunakan Alpha, bersabar menunggu skill untuk memancing musuh yang nafsu lebih menguntungkan dalam pertempuran.

Faktor laning dan buff positif tak serta merta membuat Alpha langsung kuat, tak bisa disangkal hero ini tetap butuh item untuk berkontribusi. Ketergantungan akan farming tersebut yang membuat Alpha masih kurang oke dibandingkan dengan opsi offlaner yang meta saat ini.

MUNGKINKAH ALPHA JADI META?

Alpha dalam fase yang cukup kuat saat ini. Buffnya memungkinkan ia bersaing dengan offlaner top macan Uranus dan Esmeralda. Plus, ia juga memiliki crowd control yang bakal berguna dalam war. Namun, Alpha masih sebatas niche pick karena seperti disebutkan, offlaner lain punya dampak instan yang lebih menggiurkan.

Setelah dibuff, apakah Alpha jadi overpower menurutmu Sobat Esports?