IES Ligagame

Pilih Atlas atau Khufra? Ini Plus Minus 2 Tanker MLBB Terbaik Season 17

Billy Rifki
23/07/2020 16:49 WIB
Pilih Atlas atau Khufra? Ini Plus Minus 2 Tanker MLBB Terbaik Season 17
Esports.ID

Meta season 17 Mobile Legends mulai terpetakan. Beberapa hero mencuat sebagai top priority atau incaran untuk diamankan lebih dulu. Untuk kategori tanker, cuma ada dua nama yang paling laris digunakan. Ialah Atlas si Raja Smackdown dan Khufra si Tanker Penghalang Flicker.

Baik Atlas dan Khufra punya kelebihan, gaya main kedua hero ini pun berbeda walau sama-sama berperan inisiasi. Tanker ini juga tangguh, mobilitasnya baik dan punya ultimate crowd control berbahaya. Kira-kira, apasih kelebihan Atlas dan Khufra? Dalam situasi apa sebaiknya kita menentukan memilih Atlas atau Khufra?

KELEBIHAN

Atlas punya keunggulan debuff berupa minus attack speed kepada lawan. Skill yang terdapat pada Firigid Breath ini menghasilkan minus 50% attack dan movement speed. Cocok meminimalisir kengerian marksman.

Sedangkan Khufra berbahaya karena mampu menghalangi upaya kabur dari hero-hero yang memiliki skill dash/blink atau flicker. Bouncing Ball menghasilkan efek knock up kalau lawan ngeyel mau melarikan diri dengan escape mechanisme selagi melambatkan mereka 80% selama 0,2 detik. Kemampuan Khufra cocok untuk menangkal kelincahan assassin.

Bisa dibilang, kalau kalian berhadapan dengan core marksman atau hyper carry jarak jauh, maka Atlas lebih efektif karena ada efek slow. Meski beberapa MM juga punya skill kabur, namun jarak melarikan diri cenderung tak sejauh assassin sehingga radius dari Frigid Breath masih menjangkau. Atlas pun jadi lebih tanky setiap melepaskan diri dari cangkang robotnya, mendapat 50% damage reduction yang artinya ia tak perlu khawatir mati percuma saat mengejar target.

Sementara Khufra bisa melompat tiba-tiba dengan skill Tyrant's Revenge. Assassin sekalipun butuh reflek yang sangat cepat untuk menghindari jurus ini. Berbeda kalau dikejar Atlas, musuh yang lincah punya waktu untuk menjaga jarak. Untuk itu, Khufra sangat efektif dijadikan tanker melawan core assassin macam Lancelot, Hayabusa atau Ling.

KEKURANGAN

Dibalik kekuatan tanker ini, mereka punya kelemahan. Atlas misalnya, minim kemampuan clear wave, tak punya damage signifikan dari nuke Annihilate plus stunan Perfect Match agak sulit didaratkan untuk pemain pemula. Ultimatenya pun bisa ditangkal dengan Purify, memakai Diggie atau sederhananya, melarikan diri sebelum Fatal Links selesai channeling.

Atlas kuat dalam war-war besar, namun untuk kontestasi di area sempit seperti jungle, pergerakan Atlas agak terbatas karena tembok-tembok kerap menghalangi laju Perfect Match. Musuh yang pintar bisa memanfaatkan dinding untuk menjauh dan memisahkan diri dari Atlas.

Khufra pun demikian, ia tak bisa asal lompat dengan Tyrant's Revenge karena seringkali inisiasi yang ngasal malah berbuah kematian untuk Khufra. Selalu pastikan posisi kalian berdekatan dengan sekutu dan mereka berniat untuk mengikuti seranganmu.

PERBANDINGAN DASAR

Membandingkan kedua hero, Atlas sedikit lebih tanky dibanding Khufra. Hero tukang banting ini punya HP dasar, physical defense dan physical attack yang lebih tinggi dari Khufra. Sementara Sang Penguasa Western Dessert punya mana pool, mana regen dan movement speed yang lebih baik.

Itu semua bakal berpengaruh saat early game, menentukan gaya bermain kalian yang bakal menyesuaikan. Atlas lebih kuat untuk adu pukulan di fase awal, sedangkan Khufra cocok untuk tugas scouting, memotong jalur rotasi lawan sesering mungkin.

Itu dia plus minus Atlas dan Khufra. Menurut kamu Sobat Esports, tanker mana yang lebih baik di season 17?