[Analisa Tim MPL S6] Menilik Peluang Geek Fam ID di Musim Ini

Michael
03/08/2020 14:34 WIB
[Analisa Tim MPL S6] Menilik Peluang Geek Fam ID di Musim Ini
Skuad Geek Fam ID di MPL Season 6

Perhelatan Mobile Legends Professional League (MPL) Season 6 sudah di depan mata. Delapan tim Mobile Legends terbaik Indonesia akan kembali bertanding untuk memperebutkan singgasana tahta MPL Season 6. Mulai hari ini, Tim Esports ID akan menyajikan Profil dan Analisa delapan tim partisipan MPL Season 6. Untuk edisi perdana, kami akan mengulas dan menganalisa lebih detail Tim Geek Fam Indonesia (ID)

Sejarah Tim
Bergulirnya liga franchise di season 4 menjadi awal kehadiran tim Geek Fam ID. Melihat animo pecinta Mobile Legends di Indonesia membuat organisasi esports yang bermarkas di Malaysia ini tak berpikir dua kali untuk membeli slot MPL Season 4 yang harganya cukup besar.

Tampil di kasta tertinggi Mobile Legends, Geek Fam ID langsung mengakuisisi tim SFI untuk bersaing dengan para kontestan lainnya. Tak hanya itu, Geek Fam juga merekrut salah satu punggawa RRQ yang baru saja merebut gelar MPL Season 3, Instinc. Sayangnya Geek Fam ID gagal bersaing di babak regular MPL Season 4. Instinc Cs hanya bercokol di peringkat 7 dengan rekor 3 kemenangan dan 11 kalah.

MPL Season 4, menandai kehadiran Geek Fam ID di kancah Mobile Legends Indonesia

Gagal di musim perdananya, Geek Fam ID merombak Sebagian besar anggota skuadnya menjelang MPL Season 5. Punggawa awal tim di musim sebelumnya, Doyok, Joker, Kirito dan Wongcoco diturunkan ke tim MDL dan mendatangkan salah satu pilar RRQ, AyamJago yang merupakan MVP Final MPL Season 2.

Mengandalkan duet eks RRQ, Instinc – AyamJago, membuat Fams – sebutan untuk fans Geek Fam ID, berharap banyak tim andalannya menuai prestasi dalam MPL Season 5. Namun, performa yang ditunjukkan Instinc Cs tak kunjung membaik. Rekor musim lalu dengan 3 menang 11 kalah kembali menggagalkan ambisi Geek Fam ID lolos ke babak playoff.

Analisa Skuad
Pada penampilannya yang ketiga musim ini, Geek Fam ID tentu tak ingin mengulang kegagalan di dua musim sebelumnya. Berbeda dengan Season 5, di musim ini Geek Fam ID melakukan perombakan tim. Melepas Instinc, Tezet, Val dan Paul, Geek Fam ID kembali mempercayakan skuad awal mereka dengan mengandalkankan Joker, DoyokSyl dan Wongcoco yang dipadukan dengan AyamJago, Ipin serta Ramzu.

Komposisi tim yang tidak banyak berubah bakal menjadi salah satu kekuatan Geek Fam ID dalam mengarungi ketatnya persaingan MPL Season 6. AyamJago Cs tentu tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk menjalin chemistry, tinggal bagaimana sang pelatih Azam “Nafari”, meramu komposisi yang sudah ada.

“Naik kelas”-nya Nafari menukangi skuad utama (sebelumnya melatih tim MDL), tentu menjadi motivasi tersendiri untuk mengantarkan Geek Fam ID minimal lolos ke babak playoff. Sebelum berlabuh di tim Mobile Legends Geek Fam ID, Nafari sendiri merupakan pemain professional DOTA 2 dan telah melanglang buana bergabung dengan organisasi esports ternama seperti RRQ dan The Prime.


Coach Nafari Siap Lambungkan Prestasi Geek Fam ID

Geek Fam ID tentu juga memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Berdasarkan partisipasi mereka di dua musim sebelumnya, Geek Fam ID cenderung lambat panas di minggu-minggu awal yang membuat posisi mereka terlempar di dasar klasemen. Enam kekalahan beruntung di Season 5 tentu harus diubah jika tak ingin mengulang hasil yang sama. AyamJago Cs juga harus tampil lepas dan tanpa beban jika berhadapan dengan tim-tim besar jika ingin bersaing memperbutkan tiket playoff.

Strategi bermain pasif juga harus perlahan ditinggalkan tim asuhan Nafari ini. Sekedar catatan, Geek Fam ID memiliki rata-rata terendah dalam rata-rata kill (11,52) dan GPM (562 gold per minutes).

Pemain yang Bakal Bersinar
Doyok bakal kembali memainkan peran penting di Geek Fam ID, setelah bakatnya disia-siakan dua musim sebelumnya. Pengalaman bertanding dan ketenangan pria bernama asli Tantyo Aditya Saputra ini bisa menjadi faktor kunci kala Geek Fam ID menghadapi partai sulit. Keinginan membuktikan dirinya sebagai pemain papan atas sekaligus mengantarkan Geek Fam ID meraih prestasi tertinggi tentu menambah motivasi. 


Doyok Siap menebar ancaman

Prediksi MPL Season 6
Performa Geek Fam ID di dua turnamen terakhir yang mereka ikuti (MPL Invitational & Mytel International Championship) cukup memperlihatkan kemajuan berarti. Usai gagal di penyisihan grup MPL Invitational, Geek Fam ID berhasil tampil cukup gemilang di Mytel International Championship. Meskipun kalah di semifinal, Geek Fam ID sempat memberikan perlawanan keras menghadapi EVOS Legends.  Tak hanya itu, lawan-lawan yang ditumbangkan Geek Fam ID sebelum ke semifinal pun tergolong kuat, seperti ONIC PH & ONIC Esports.

Melihat performa Geek Fam saat ini, sepertinya AyamJago Cs layak mendapatkan tiket playoff perdananya di musim ini, dengan catatan permainan mereka harus konsisten sepanjang babak regular.