Poster Match AURA PH vs AURA FIRE Mirip Gambar Desain EG

Mushab Hassan
02/12/2020 09:56 WIB
Poster Match AURA PH vs AURA FIRE Mirip Gambar Desain EG
sumber: Twitter @OwenMRoe

Tim esports asal Filipina Aura PH tampak menggunakan desain model mirip poster organisasi esports asal Amerika Evil Geniuses. Ironisnya, Aura PH ketahuan langsung oleh desainer EG, Owen di platform Twitter. Poster yang menginfokan match antara Aura PH melawan Aura Fire di MPL Invitational tersebut nampak mengikuti desain saat Evil Geniuses melawan Team Secret DOTA 2.

Menanggapi kejadian tersebut, sontak pihak AURA PH langasung menghubungi Owen melalui surel. Ia meminta maaf akan tindakan tak etisnya yang terjadi pada akhir November kemarin. Ujar sang manajer, desain tersebut dicetuskan salah satu pekerjanya tanpa kesadaran bahwa desain tersebut merupakan hasil curian. Pihak Aura PH pun langsung men-takedown dan mengganti poster mereka.

Desain asli poster milik Evil Geniuses

Kejadian serupa juga terjadi beberapa bulan lalu. Kala itu sang induk organisasi sendiri tampak menggunakan desain Hoodie yang mirip dengan merch tim esports asal Amerika, 100Thieves.

Tentunya kasus-kasus ini sebisa mungkin harus kita hindari, karena akan berdampak buruk pada image tim esports tersebut. Beberapa tim esports di dalam negeri juga ada yang menggandeng apparel lokal untuk memproduksi merchandise-nya. Selain bangga akan produk Indonesia, upaya tersebut dapat mendorong usaha-usaha baru di bidang esports.

Gimana pendapatmu tentang kasus ini Sobat Esports?