MPL Season 7 Siapkan Sanksi Tegas Cegah Selebrasi Kontroversial

Billy Rifki
26/02/2021 09:02 WIB
MPL Season 7 Siapkan Sanksi Tegas Cegah Selebrasi Kontroversial
Esports.ID Interview

Pukul 14:30 siang nanti, match perdana MPL Season 7 akan dimulai antara Genflix Aerowolf melawan Bigetron. Laga tersebut akan mengawali 8 minggu selanjutnya hingga babak reguler season berakhir dan pekan playoff bergulir. Akan ada tim tersingkir dan euforia dari para pemenang. Emosi dan sukacita kadang tak bisa dikendalikan oleh para pemain yang berlaga.

Berkaca dari gelaran WSL alias Woman Star League beberapa waktu lalu, ada beberapa catatan penting soal selebrasi dan aksi pemain di depan kamera yang perlu diperhatikan. Misalnya, selebrasi kontroversi atau gimik-gimik kurang etis untuk disaksikan. Untuk mencegah hal itu, MPL Indonesia menyatakan sudah memiliki aturan agar aksi serupa bisa diminimalisir.

Esports.ID menghubungi Public Relation and Communication dari Moonton, Azwin Nugraha untuk menanyakan soal sikap dan ketegasan Moonton terkait aksi selebrasi pemain nanti. Ia mengatakan MPL Indonesia sudah memiliki aturan untuk setiap perilaku negatif para player.

"Kami memiliki aturan untuk setiap perilaku negatif yang dilakukan para player. Pro player adalah panutan, jadi sudah semestinya memberikan contoh yang baik," tulis Azwin via Whatsapp kepada Esports.ID.

Perilaku negatif yang dimaksud diantaranya yang mengandung unsur sara, pornografi, politik dan kekerasan akan mendapatkan sanksi tersendiri tambahnya. Adapun macam-macam sanksi yang diberikan kepada player atau tim dapat berupa larangan bermain untuk match berikutnya, bisa satu sampai dua match, kemudian bisa juga pengurangan poin.

Bukan berarti Moonton dan MPL Indonesia melarang pemain berekspresi usai menang, hanya saja ada batasan yang seharusnya tak perlu pemain langgar apalagi kalau itu bukanlah perilaku yang tak pantas ditunjukan ke publik.

Semoga peserta MPL Season 7 lebih berhati-hati saat selebrasi nanti biar tidak jadi kontroversi ya Sobat Esports.