Yamaha

Dua Persona Jawhead, Guide Tank & Fighter Menyebalkan

Billy Rifki
18/03/2021 17:47 WIB
Dua Persona Jawhead, Guide Tank & Fighter Menyebalkan
Esports.ID

Role tank di Mobile Legends saat ini lebih dari sekedar bantalan untuk melindungi core. Para tanker juga harus bisa memberikan crowd control, back up yang cepat, kalau bisa mengincar core lawan dan membunuhnya. Kalau dipikir-pikir, mana ada tank seperti itu?

Ternyata ada. Jawhead, adalah salah satu hero yang bisa berperan ganda. Meski baru populer jadi tank untuk beberapa season Mobile Legends belakangan, namun potensinya jadi frontliner sudah disegani sejak masa MPL Season 1. Mau dijadikan tank atau fighter, Jawhead masih memegang personanya yaitu hero yang mengesalkan. Tapi, sobat Esports tahu ngga kenapa hero ini sangat bagus di dua role tersebut? Yuk kita bahas...

PT Media Esports Indonesia

- SKILLSET KOMPLIT

Jawhead punya tiga skill yang terdiri dari satu skill damage per second (Smart Missiles), dan dua skill crowd control (Ejector dan Unstoppable Force). Skill satunya membuat Jawhead jadi lawan yang tangguh dalam situasi one on one, karena ia tak cuma mengandalkan basic attack tapi ada bantuan roket-roket ke arah musuh yang bisa mengaktifkan pasifnya. Pasif Jawhead sendiri bernama Mecha Suppression, menambah damage basic attacknya sebesar 8% untuk setiap damage yang diterima musuh. Efek ini bisa ditumpuk sampai 10 kali dan berlangsung selama 3 detik.

Jawhead dikenal karena kemampuannya melempar unit, baik itu minion, musuh sampai teman sendiri. Ejector bisa digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya melempar musuh ke arah turret, menyelamatkan kawan dari kejaran lawan atau melempar buff demi tujuan me-reset darah monster agar core musuh lambat farmingan.

Efek stun dari Ejector bersifat area, artinya bisa mengenai banyak unit. Namun, Jawhead cuma bisa melempar satu unit dalam sekali waktu. Ultimatenya adalah alat ampuh mengejar hero-hero lincah. Unstoppable Force bersifat single lock target, yang artinya ketika skill ini diarahkan, mereka akan mengejar target tersebut sampai kena, dan skill ini tak bisa dihindari oleh escape mechanisme seperti Flicker atau skill seperti Quad Shadow Hayabusa atau Battle Mirror Image milik Claude. Ling dan Fanny yang biasanya aman karena memanfaatkan tembok, bisa di counter oleh Jawhead dengan skill ini.

- LEBIH BAGUS FIGHTER ATAU TANK?

Jawhead punya kemampuan laning yang baik berkat Smart Missiles dan Ejector. Ia bisa bergerak cepat dan memberikan damage signifikan ke lawan. Jawhead juga pemburu handal karena bisa menginstan kill musuh lewat kombinasi skillnya.

Jawhead harus memanfaatkan semak-semak untuk serangan tak teduga. Bisa dibilang, gaya mainnya Jawhead core sangat mirip Guinevere yang sembunyi-sembunyi. Dengan begini, kalian mendapat serangan pertama dan mungkin musuh terlalu kaget sehingga kalap tak memencet tombol kabur.

Terus lakukan hal ini sampai kalian merasa punya keunggulan, jangan lupa push objektif saat memenangkan lane dan bantu gank lawan, terutama ke arah mage atau assassin yang sulit dijangkau.

Namun, Jawhead tank punya pengaruh lebih besar secara makro game. Ejector adalah skill yang sangat berguna memperlambat farm musuh. Apalagi ketergantungan jungler terhadap monster hutan untuk naik level dan beli item bisa dieksploitasi Jawhead di early game. 

Jawhead tergolong cukup tanky meski bukan fighter murni. Ejector juga punya shield tambahan dan movement speed yang bisa dipakai untuk kabur atau bergerak cepat mencari mangsa terdekat untuk dilempar. Uniknya, dalam situasi one on one, Jawhead tank tetap bisa menyarangkan kill kepada core atau support-support musuh karena skill 1 dan bonus damage dari pasifnya.

Semua kembali ke selera pemain dan pemilihan hero musuh. Apakah kalian ingin Jawhead yang berdamage tinggi untuk membully sidelane atau core licin dari lawan, atau kalian mau Jawhead yang bisa memenangkan early game dengan aksi-aksi lempar monster buff dan keusilan lainnya?

- PEMILIHAN EMBLEM UNTUK JAWHEAD

Jawhead sidelane tentu diharapkan punya damage tinggi agar bisa membunuh musuh lebih pasti. Emblem terbaik untuk menunjang itu adalah emblem assassin dengan talent High and Dry atau Killing Spree. Emblem assassin punya penambahan efek untuk movement speed dan damage. Keduanya penting untuk efektifitas kill dari Jawhead.

Sementara sebagai tank, pemain Jawhead biasanya memakai dua opsi, yakni emblem tank atau embel support. keduanya berpengaruh terhadap gameplay Jawhead tank. Misalnya, emblem support menambah movement speed Jawhead sehingga ia lebih lincah di medan tempur. Talent ketiga alias Pull Yourself Together bisa mengurangi durasi respawn dan cooldown spell. Artinya, Jawhead pengguna emblem ini akan sangat pecicilan dan aktif meski ketahanan tubuhnya rendah.

Berbeda kalau memakai emblem tank seperti talent Concussive Blast. Selain menambah damage area, emblem ini memberikan pertahanan dan darah yang tinggi untuk penggunanya. Ada pula cooldown reduction agar skill yang diharapkan bisa digunakan tanpa menunggu lama. Sayangnya, Jawhead jadi agak lambat dengan skill ini jadi musuh bisa mengejar kalau kalian salah langkah.

Namun, semua kembali ke selera pemain. Ingin memilih Jawhead yang kuat, yang lincah atau yang berdamage tinggi.

ITEMISASI JAWHEAD

Item untuk Jawhead cukup mudah. Kalau menjadi core, karena sifat damagenya yang burst maka item seperti Blade of Heptaseas, Endless Battle dan Blade of Despair jadi pilihan. Untuk item defensifnya termasuk saat jadi tanker, Jawhead bisa membeli Quenn's Wings, Athena Shield, Antique Cuirass, Bruto Force dan Dominance Ice.

LAWAN TERBAIK DAN COUNTER JAWHEAD

Jawhead bisa mengcounter banyak hero lincah seperti marksman dan assassin, namun ada juga hero lain yang bisa buat Jawhead tak berkutik. Berikut beberapa daftar lawan yang baik dan musuh terburuk Jawhead:

BEST VERSUS (CORE) : Claude, Hanzo, Fanny, Ling, Hayabusa, Wanwan, Granger, Balmond, Alucard, Khaleed

WORST VERSUS (CORE) : Guinevere, Lancelot, Paquito, Sun, Chou, Esmeralda, Uranus, Alpha.

BEST VERSUS (JAWHEAD TANK) : Pharsa, Harley, Gord, Cecilion, Yve

WORST VERSUS (JAWHEAD TANK) : Harith, Valir, Kagura, Lunox, Mathilda, Diggie, Kadita. 

Itu dia guide Jawhead untuk tanker ataupun fighter. Apapun situasinya, hero ini selalu tepat untuk segala kondisi.

Tonton juga yuk Highlight MPL Season 7 Week 3 versi Esports.ID.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!