Pengembang Tiktok, ByteDance Dikabarkan Akuisisi Moonton

Billy Rifki
22/03/2021 14:18 WIB
Pengembang Tiktok, ByteDance Dikabarkan Akuisisi Moonton
reuters.com

Popularitas Mobile Legends, game bergenre MOBA Mobile besutan Moonton telah merebut hati banyak orang, termasuk investor besar seperti Bytedance. Bytedance, korporasi besar asal Cina yang dikenal dengan platform video pendek Tiktok mengatakan pada Senin (22/3/2021) kalau unit video game mereka, Nuverse telah menyepakati nilai akuisisi Moonton Technology.

Langkah ini diperlukan untuk meluaskan jangkauan mereka ke dalam industri gaming dan esports yang sedang berkembang pesat. ByteDance mengeluarkan statement berikut terkait langkah bisnis mereka, "Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pesatnya pertumbuhan mereka, Moonton menyediakan dukungan strategis yang dibutuhkan untuk mempercepat penawaran game Nuverse secara global".

Yamisok Nobar

Dari sumber yang dirahasiakan, Yuan Jing, CEO Moonton mengatakan setelah akusisi ini perusahaan akan tetap beroperasi secara mandiri. Yuan Jing tetap menjabat sebagai CEO Moonton dan struktur organisasi yang ada tak akan mengalami perubahan.

Untuk memperjelas rumor ini, tim Esports.ID menanyakan kepada PR Manager Moonton Gaming, Azwin Nugraha. Beliau mengatakan berikut, "Saat ini saya masih belum bisa berkomentar, namun dalam waktu dekat memang akan ada pengumuman terkait hal tersebut." Meski belum ada kejelasan terkait benar tidaknya akuisisi ByteDance dengan Moonton, yang pasti hal ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Moonton dengan Mobile Legends-nya merajai popularitas game esports mobile di wilayah Asia Tenggara, yang terbesar terdapat di Indonesia dan Filipina. Bytedance tentu berambisi menggeser dominasi Tencent setidaknya di region SEA. Berdasarkan statistik dari Oberlo, Tiktok memiliki 689 juta pengguna aktif per bulannya di seluruh dunia. Sedangkan Moonton berharap kolaborasi baru ini bisa membantu penetrasi Mobile Legends ke wilayah luar SEA seperti Eropa dan Amerika yang masih belum maksimal. Saat ini, jumlah pemain rata-rata pemain Mobile Legends tiap bulan menyentuh 78 juta pemain.

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!