Guide Yu Zhong: Fighter Terkuat Bantai Lawan 1vs1 & Teamfight

Billy Rifki
10/03/2021 15:41 WIB
Guide Yu Zhong: Fighter Terkuat Bantai Lawan 1vs1 & Teamfight
Esports.ID

Offlaner merupakan peran penting dalam sebuah tim di Mobile Legends. Role ini ibarat penyeimbang tim dalam bertahan dan menyerang. Salah satu hero offlaner yang populer dan kuat di meta saat ini adalah Yu Zhong. Punya spesialiasi berubah bentuk jadi naga yang kuat, selain itu, ia dikenal hebat bertahan dan unggul dalam situasi one on one juga teamfight.

Untuk memahami Yu Zhong, kita harus memaksimalkan pasifnya yang bernama Cursing Touch. Tiap basic attack dan skill Yu Zhong yang terkena musuh akan meninggalkan jejak atau mark bernama Sha Residue sekaligus mengumpulkan Sha Essence untuk Yu Zhong. Saat Sha Residue mencapai 5 stack, efek ini akan memberikan damage per second ke lawan sekaligus memulihkan darah Yu Zhong serta memberinya movement speed plus spell vampiric.

Mengeksploitasi pasif Yu Zhong ke lawan adalah cara untuk mendominasi lane dan teamfight. Untuk itu, kalian wajib membaca guide ini untuk yang ingin belajar Yu Zhong atau memperdalam keahlian kalian memakai sang Black Dragon.

KENAPA MEMILIH YU ZHONG?

Pertama, kalian harus tahu apa alasannya memilih Yu Zhong. Hero ini masih termasuk meta karena kuat dalam laning dan berguna besar di team fight. Skillnya memberikan damage area, bisa menghasilkan crowd control dan cooldown skillnya singkat. Terlebih, hero ini tak memakai mana yang berarti kalian cukup sustain di lane dengan mempertahankan darah saja.

Yu Zhong bagus untuk melawan sidelaner atau offlaner melee alias jarak dekat. Karena pasifnya bisa memberikan damage sekaligus meregenerasi darah Yu Zhong, ia bisa bertahan dalam pertarungan jangka panjang asalkan efek pasifnya terpenuhi.

Meski begitu, hero ini juga handal untuk men-zoning marksman atau petarung jarak jauh dengan kombo skill Dragon Tail dan Furious Dive. Yu Zhong hampir selalu dipilih dalam drafting karena kekuatannya dan kemampuan snowballnya yang tinggi. Dalam teamfight, ia bisa mengejar target utama seperti core dan jungler atau menggagalkan upaya cc lawan dengan tubrukan Black Dragon Form.

EMBLEM DAN SPELL YU ZHONG

Pemain Yu Zhong saat ini memakai dua variasi emblem, bisa assassin dengan talent Killing Spree atau emblem fighter dengan talent Festival of Blood. Keduanya punya kekurangan dan kelebihan namun sangat ideal untuk user Yu Zhong.

Emblem assassin memungkin Yu Zhong punya damage dan movement speed lebih tinggi, meningkatkan kebrutalan Yu Zhong saat laning. Apalagi talent Killing Spree menjamin regenerasi Yu Zhong bertambah secara instant saat membunuh musuh. Sayangnya, emblem ini mengurangi durabilitas Yu Zhong sehingga ia lebih mudah dirobohkan.

Sementara Festival of Blood menyediakan built-in spell vamp untuk Yu Zhong. Selain itu ada juga penambahan pyhsical attack serta defense dari serangan fisik dan magic. Meski emblem ini membuat Yu Zhong lebh kuat, namun pergerakannya jadi lambat dan musuh lebih mudah menghindari skillnya.

Player Yu Zhong mayoritas memakai Execute untuk mendaratkan serangan penutup ketika Sha Residue meledak. Namun, ada juga yang memakai Flicker, Vengeance atau Purify tergantung dari musuh yang dihadapi atau kepercayaan diri kalian memakai spell tertentu.

CARA LANING ONE ON ONE YU ZHONG

Skill Dragon Tail Yu Zhong memberikan damage area. Kerusakan akan lebih tinggi bila Yu Zhong cuma menggunakan ujung dari radius serangannya ke lawan. Skill ini memungkinkan Yu Zhong clear minion lebih cepat dari musuh sehingga bisa level dua lebih dulu.

Meski begitu, tak perlu nafsu untuk level dua karena sebaiknya lakukan clear wave sambil menyerang hero lawan menggunakan skill ini agar ia tercicil dan kamu bisa menumpuk Sha Residue. Yu Zhong hampir pasti membunuh musuh ketika musuh terkena ledakan Sha Residue, peran Execute sangat penting di sini untuk mengamankan First Blood dan meningkatkan momentum Yu Zhong di lane.

Di level dua, terus lakukan hal yang sama namun dengan kombinasi skill. User kebanyakan mengambil Dragon Tail bersama Furious Dive untuk mengejutkan musuh. Skill tiga Yu Zhong ini tak cuma memberikan cc, tapi juga mendekatkan jarak Yu Zhong ke lawan.

Untuk efek maksimal, pastikan tangan kalian cukup cepat untuk memencet skill ini bergantian dalam waktu singkat. Aktifkan dulu Dragon Tail ketika cukup dekat dengan target, lalu gunakan Furios Dive agar damage dari Dragon Tail masuk dan mungkin musuh akan terkena stun susulan dari Furious Dive. Tak perlu nafsu untuk terus memukul bila darah musuh masih banyak, lakukan hal ini terus menerus sampai musuh pulang ke base sehinnga ia melewati gold dan exp dari lane. Kalau kalian punya kesempatan untuk kill, tak ada salahnya sedikit agresif bahkan menyeruduk turret asalkan kalkulasi damage kalian tepat. 

Ketika memiliki skill dua yakni Soul Grip, jurus ini punya dua aksi yang pertama melambatkan musuh, dilanjutkan dengan serangan basic attack diperkuat ke arah target. Skill ini juga bisa dikombo dengan dua skill sebelumnya, terutama untuk mencegah musuh melarikan diri.

Mengarahkan Soul Grip ke musuh diikuti dengan Furious Dive memperbesar kemungkinan efek stunan mendarat sempurna ke hero lawan. 

KEKUATAN TEAM FIGHT YU ZHONG

Ultimate Black Dragon Form mengubah sang hero menjadi naga yang bisa melewati tembok dan tak bisa di crowd control. Setiap serangan juga memberikan efek pasif dan knockback ke musuh. Artinya, lawan yang punya cc channeling bisa ia ganggu dengan sundulan Black Dargon Form.

Saat mode naga berakhir atau kalian menghentikan durasinya lebih cepat, ia menjadi sosok Dragonoid yang memperluas jangkauan skill Yu Zhong. Meskipun mode ini membuat Yu Zhong lebih kuat, namun jangan asal-asalan memakai skillnya. Kalau banyak musuh di sekitarmu, hantam mereka dengan Dragon Tail diikuti dengan Soul Grip agar Furious Dive bisa menghantam target.

Semakin banyak musuh yang terkena serangan kalian, potensi regenerasi dari ledakan Sha Residue akan makin besar. Inilah yang membuat Yu Zhong sulit dibunuh dan dianggap sebagai fighter terkuat. Namun, efek regen dari Sha Residue dilakukan bertahap, artinya, kalian harus melihat seberapa banyak Cursing Touch kalian mengenai target dan seberapa besar efek heal yang dihasilkan.

ITEMISASI DAN COUNTER

Item utama Yu Zhong sejatinya cuma Bloodlust Axe dan Queen's Wings. Item ini memberikan spell vamp dan damage reduction untuk Yu Zhong. Namun, beberapa pemain sering melengkapi slot item dengan armor agar lebih kuat saat team fight. Misalnya Brute Force agar movement speed Yu Zhong bertambah saat mengejar musuh sekaligus melindungi dari physical dan magic attack. Ada juga yang memakai Oracle untuk bonus regenerasi dan perlindungan dari magic. Terakhir, Immortal sebagai item penyelamat kalau-kalau Yu Zhong tertangkap oleh musuh.

Beberapa player yang lebih agresif membeli amunisi damage seperti Hunter's Strike atau Blade of Despair agar serangan Yu Zhong makin perih. Namun, kalian cukup memilih satu diantara kedua item tersebut untuk menemani Bloodlust Axe. Para pro player lebih memilih Hunter's Strike karena punya cooldown reduction plus efek movement speed tambahan ke musuh. Sementara BOD memberikan burst lebih sakit untuk skill-skill Yu Zhong.

Salah satu cara melawan Yu Zhong adalah melemahkan efek regenerasinya. Bisa dengan item Necklace of Durance untuk pengguna magic atau Deadly Blade dan Sea Halberd. Keduanya memiliki efek mengurangi regenerasi darah hero sampai 50% selama tiga detik.

TIPS DAN TRICK YU ZHONG

Dalam teamfight, Yu Zhong biasanya mengincar backline musuh seperti marksman atau mage. Ia bisa menggagalkan ultimate besar dari Pharsa atau menjaga marksaman seperti Bruno tak berani mendekat ke teamfight.

Agar kalian tak jadi bulan-bulanan musuh, kumpulkan beberapa Sha Residue dari lawan sebelum menuju ke target incaran, setelah melepas mode Dragon jangan langsung gunakan Furious Dive ke musuh tapi pakai Soul Grip dulu agar mereka melambat. Tunggu sampai musuh mengeluarkan skill escapenya seperti Flicker atau skill hero lain yang bisa menjauhi kalian, baru pakai Furious Dive sehingga musuh tak bisa lagi kabur. Jangan lupa untuk selalu kombo Furious Dive dengan Dragon tail untuk damage maksimal.

Kalau bisa, pastikan semua jurus kalian mengenai lebih dari satu target agar efek ledakan Sha Residue lebih besar dan healing kalian tinggi di team fight. Sebisa mungkin, hindari hero cc musuh seperti tanker atau mage saat berada di mode dragonoid agar kalian tidak terdiam saat teamfight. Ingat, kamu tidak invincible saat menjadi Naga dan masih bisa mati terkena pukulan dan skill. Selalu perhatikan damage dari musuh ketika mengitari mereka.

LAWAN TERBAIK DAN TERBURUK YU ZHONG

Seperti disebutkan, Yu Zhong cukup kuat melawan beberapa hero terutama melee. Namun, ada juga musuh yang menyulitkan Yu Zhong saat laning. Berikut daftat lawan terbaik dan terburuk untuk Yu Zhong.

BEST VERSUS 1 on 1: Chou, Guinevere, Lapu-lapu, Balmond, Esmeralda, Terizla, Uranus

BEST VERSUS Teamfight : Karrie, Bruno, Pharsa, Pharsa, Gord, Vale, Cecilion, Luo Yi, Yi Sun-shin, Clint, Silvanna

WORST VERSUS 1 on 1: Wanwan, Harith,  Valir, Harley, Lunox, Selena, Baxia, Benedetta, Alpha, Paquito

WORST VERSUS Teamfight: Diggie, Moskov, Claude, Brody, Valir, Kagura, Kadita.

Itu dia beberapa hero yang baik dilawan oleh Yu Zhong dan beberapa hero mimpi buruk untuk user Yu Zhong. Tentu kalian boleh berpendapat dan menambahkan hero apa yang menurut kalian lebih sesuai di kedua kategori.

Semoga guide ini membantu kalian memahami Yu Zhong sehingga bisa jadi top global nantinya. Sampaikan di komentar hero guide apa lagi yang ingin kalian tahu?