Eksibisi PON Esports

Apakah Gloo Layak Jadi Rebutan di Playoffs MPL Season 7?

Billy Rifki
27/04/2021 14:24 WIB
Apakah Gloo Layak Jadi Rebutan di Playoffs MPL Season 7?
esports.id

Hero baru Mobile Legends berbentuk gumpalan biru bernama Gloo seharusnya sudah bisa dipakai di playoffs MPL Season 7 tanggal 30 April sampai 2 Mei mendatang. Karena Gloo rilis di tanggal 16 April kemarin dan sudah melewati masa penyesuaian dua minggu agar bisa masuk dalam pool drafting di kompetisi.

Sebagai hero baru, Gloo masih layak dianggap overpower apalagi sebagai tanker dia punya banyak crowd control dan damage yang tinggi. Lantas, apakah hero ini layak jadi rebutan pada playoffs MPL Season 7 nanti? Berikut ulasan Esports.ID!

Yamisok Nobar

- POTENSI MISTERI

Belum ada yang tahu pasti apakah Gloo lebih cocok dijadikan tanker sejati atau fighter magic yang mengerikan. Misteri dibalik kekuatannya belum banyak terungkap dan mungkin para pro player di MPL nanti sedang mencari tahu potensi sejati Gloo. Seperti Beatrix yang juga tergolong fresh, baru beberapa tim yang percaya kekuatan hero ini.

GFLX misalnya tak aneh-aneh dan membiarkan Watt memakai Beatrix sebagai gold laner. Meski, ada juga tim yang memakai hero ini jadi mid support. Gloo bisa mengisi multi role dalam tim. Hero ini dapat menjadi tanker sekaligus memberikan damage kepada musuh. Dengan jurus-jurus yang bisa dikeluarkan dari jauh, Gloo tak kesulitan one on one melawan fighter atau marksman di jalur samping.

- MEMBUAT VARIASI DRAFTING BARU

Match awal playoffs MPL Season 7 nanti akan menentukan apakah Gloo layak direbutkan, baik itu untuk prioritas pick atau jadi langganan banned. Kalau ada tim yang sudah menemukan kunci memainkan Gloo, maka hero ini akan mengubah peta drafting karena kehadiran satu hero OP berarti melepas hero OP lainnya.

Tim-tim MPL cenderung ingin bermain dengan hero nyaman mereka meski berarti memberikan hero berbahaya kepada musuh. Seperti EVOS Legends misalnya akan melakukan apapun untuk mengamankan Angela atau Diggie meski harus melepas Paquito, Benedetta atau kombo klasik Bruno-Rafaela ke musuh.

Kekuatan Gloo akan dilihat apakah hero ini mampu memberikan jawaban atas strategi-strategi andalan yang sudah digunakan para peserta playoffs MPL S7 atau hero ini biasa saja di level turnamen?

- BELUM MENJANJIKAN UNTUK MASUK META

Meta saat ini mengedepankan dua support yang punya spesialisasi tertentu. Ada ahli heal seperti Angela atau Rafaela, ada ahli burst damage dan CC macam Eudora atau Kagura, atau support mage dengan potensi teamfight besar macam Yve dan Pharsa. Tanker sendiri sangat terbatas pilihannya. Beberapa tim masih mengandalkan Jawhead atau Silvanna, namun kebanyakan sudah bertransisi memilih hero-hero mage support.

Lalu apakah Gloo punya kesempatan menggeser meta tersebut? Meta healer Angela atau Rafa misalnya, tak cuma sebatas bisa menyembuhkan teman tapi juga punya buff unik. Angela memberikan absorb shield dan heal ketika menempel dengan Heartguard, Rafala memberikan movement speed dan debuff dari efek slow musuh, memudahkan tim keluar masuk pertempuran. Keduanya mempermudah mobilitas tim disaat genting sedangkan Gloo cenderung tak istimewa saat rotasi dan cuma bagus untuk menjaga lane perlane dengan skillnya.

Kalau disandingkan di lini sidelane, Gloo mungkin bisa disamakan dengan Bane. Player harus berani memakai emblem mage dan item serangan magic agar damage dari Gloo signifikan di lane. Apalagi jurusnya cenderung jauh dan mudah digunakan, seharusnya tak masalah untuk Gloo menjaga jarak.

Namun apakah hero ini bisa membawa kemenangan kalau dijadikan core atau sidelaner? Hal itu yang perlu dicari tahu di playoffs nanti, seberapa kuat hero power dari seorang Gloo. Sejauh ini, baru Bane yang menunjukan burst magic begitu tinggi bisa keluar dari seorang fighter. Gloo bisa jadi alternatif apabila Bane dianggap terlalu berbahaya digunakan di Land of Dawn.

Namun, ia harus bersaing dengan sidelaner lain yang tak peduli soal damage, tapi kemampuan rotasi. Sebut saja Uranus, Esmeralda dan Benedetta, Gloo jelas tak punya kecepatan seperti tiga hero itu, dan itu jadi salah satu aspek yang akan dipertimbangkan tim ketika memilih Gloo.

Itu dia beberapa alasan apakah Gloo layak jadi rebutan. Bagaimana pendapat kalian tentang hero ini?