3 Cara Menang Meski Heromu Di Counter Musuh

Billy Rifki
25/06/2021 14:41 WIB
3 Cara Menang Meski Heromu Di Counter Musuh
esports.id

Salah satu strategi di game MOBA seperti Mobile Legends adalah kemampuan meng-counter hero musuh tertentu dengan memakai hero lain yang punya skill spesifik. Istilah ini biasa disebut counter pick.

Misalnya, hero-hero marksman akan kesulitan menghadapi assassin karena kemampuan mereka bergerak dengan cepat dan punya skill untuk menghabisi MM tanpa takut dipukul balik. Sebaliknya, hero MM unggul ketika menghadapi fighter karena punya jarak serangan yang jauh dan scaling damage yang lebih baik di late game. Tapi, bisakah kalian menang game kalau sudah di-counter pick oleh musuh?

Bisa. Secara alami tiap hero di Mobile Legends dan MOBA pada umumnya memang selalu punya plus minus. Namun, bukan berarti kalian pasti kalah kalau musuh sudah memakai hero counter dari yang kalian gunakan saat itu.

Contoh mudahnya, Gloo punya ultimate untuk membelah diri jadi banyak unit. Kemampuan ini bisa dieksploitasi oleh Aldous, Ruby, Alpha sampai Faramis untuk memberikan damage atau lifesteal yang tinggi. Gloo bahkan bisa langsung mati kalau terkena Ghost Burster Faramis ketika dalam mode ultimate. Lalu, bagaimana cara menang ketika di counter pick?

- MAIN MAKRO GAME

Kemampuan kalian mengenali kekuatan satu hero, mengendalikan skill hero tertentu dengan cepat dan akurat masuk dalam kemampuan mikro pemain. Namun, ada satu skill lagi yang disebut makro. Makro lebih mengutamakan kemampuan kalian membaca map, game sense dan memprediksi pergerakan lawan.

Misalnya, kalian memakai Aldous dan sulit laning karena musuh melakukan zoning. Hal terbaik yang bisa kalian lakukan adalah berganti lane dengan rekan kalain dengan tujuan dapat match up yang lebih ideal.

Atau, makro kalian bisa berfungsi sebelum itu. Kalau kalian tahu musuh punya tendensi agresif atau hero dengan kemampuan laning lebih baik, meminta bantuan support atau tank untuk dapat level di awal game lebih baik ketimbang kalian tertahan tanpa dapat exp dan gold.

Contoh lainnya adalah bila kalian punya line up hero yang lemah di teamfight, sementara musuh punya hero aoe luas seperti Pharsa atau Yve dan selalu memaksa perang besar. Cara terbaik mengcounter strategi tersebut adalah split push. 

Split push bisa membuyarkan konsentrasi musuh, tapi juga memecah formasi mereka. Memberi tim kalian kesempatan lebih besar untuk menang teamfight karena mereka kekurangan orang.

- REVERSE COUNTER PICK

Ter-counter pick tak selamanya buruk. Sengaja memilih hero yang bisa di-counter malah jadi keuntungan kalau kalian mengerti cara drafting. Misalnya, kalian first pick memilih fighter macam Balmond atau Yu Zhong disidelane. Kedua hero ini bisa dilawan dengan mudah oleh MM macam Wanwan atau Brody.

Di pick selanjutnya, kalian ternyata memilih Haya atau Gusion yang bisa mengeliminasi musuh dengan cepat. Maka posisi kalian yang tadinya ter-counter, malah meng-counter balik hero core dari musuh.

- MEMAHAMI HERO POWER 

Melawan hero counter dari karakter yang kalian gunakan saat itu memang tak mudah. Tertinggal level atau gold sudah jadi hal lumrah yang berujung pada defisit networth yang makin tinggi.

Namun, orang-orang tertentu punya gaya main unik ketika memakai hero nyaman atau hero powernya meski dia di-counter. Misalnya, bila kamu memakai Uranus dan di balas musuh dengan Lunox sidelane, maka cara terbaik untuk menang adalah tidak berhadapan di lane atau memaksakan men-zoning musuh.

Karena Lunox unggul jarak serang dan skill serta punya damage penetrasi sihir, Uranus harus punya perlengkapan mumpuni untuk bisa menahan serangan dari Lunox. Oleh karena itu, melakukan cut minion dan rotasi membantu perang di mid lebih disarankan.

Kasus ini adalah contoh kalau kalian mengetahui hero power sendiri dan hero power lawan. Teknik ini membantu kalian tetap bermain baik dalam game meski menghadapi hero counter yang mematikan. Intinya, kalian harus tahu di level berapa heromu sudah bisa melakukan kill atau butuh item apa untuk bisa bermain lebih agresif.

Itu dia beberapa trik menang game meski di counter oleh musuh. Apa cara sobat esports melawan musuh yang suka counter pick?