Renbo Ungkap Peran "Pelatih Bayangan" Dibalik Kesuksesan Victim di MDL

Billy Rifki
24/06/2021 14:11 WIB
Renbo Ungkap Peran "Pelatih Bayangan" Dibalik Kesuksesan Victim di MDL
youtube

Deven Markos alias Renbo adalah pemain support Bigetron Alpha. Kemampuannya untuk jadi "carry" tim meski bermain sebagai support membuatnya jadi talenta langka di skena kompetitif Mobile Legends tanah air.

Sebelum main di Bigetron Alpha, Renbo bermain di Victim bersama Sanz yang diboyong ke ONIC. Namun, tak banyak orang tahu kekuatan tim Victim di MDL saat itu bukan semata karena pemainnya yang bermekanik tinggi, tapi ada peran dari pelatih bayangan, KB.

Yamisok Nobar


KB sebenarnya adalah caster dan analis di MPL Indonesia. Namun, pemain Victim saat itu melihat kekurangan mereka dalam menganalisa pertandingan. Mereka kemudian meminta manajemen melakukan pendekatan kepada KB. KB sendiri disebut pelatih bayangan karena memang aktivitasnya di Victim tidak ingin terlalu diumbar-umbar meski publik akhirnya mengendus juga peran KB di sana.

"Kita yang minta. Kaya waktu itu gue lihat si KB kalau ngecast sekalian kaya analisis gitukan. Terus kita kaya lagi lemah bener-bener lagi lemah banget itu, lagi masa-masa jatuh belum bener-bener kuat. Kayanya kita butuh orang yang bisa ngelihatin kita latihan efektifnya," ucap Renbo di Empetalk bersama Jonathan Liandi

Menurut Renbo, dampak hadirnya KB mampu merangkul tim sehingga chemistry mereka kian kompak. KB sering mendengar keluh kesah para pemain Victim selain melakukan tugasnya sebagai coach. Oleh karenanya, Renbo menyebut KB ibarat orangtua bagi anak-anak Victim saat itu.

Wih Bung KB bukan kaleng-kaleng kemampuannya di depan dan belakang panggung kompetitif MLBB yah! Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?