Kenapa Khufra Masih Terpakai Diantara Meta 2 Support?

Billy Rifki
08/06/2021 14:00 WIB
Kenapa Khufra Masih Terpakai Diantara Meta 2 Support?
esports.id

Popularitas meta 2 support marak digunakan dalam kancah ranked match maupun berbagai turnamen Mobile Legends. Dengan kombinasi sustain, mobilitas dan damage magical tinggi, komposisi 2 support dianggap jadi opsi paling ideal atau meta terbaik saat ini.

Akibatnya, peran tank yang sebelumnya wajib ada dalam sebuah tim jadi tergeser. Namun, diperhelatan seperti MSC 2021, masih terlihat beberapa tim menggunakan tanker sebagai pilihan diantara maraknya 2 support. Hero tanker yang masih bertahan di meta saat ini salah satunya Khufra. Apa alasannya Khufra masih layak digunakan melawan 2 support?

- INISIASI TAK TERLIHAT

Inisiasi tetap aspek yang diperlukan dalam teamfight di Mobile Legends. Terlebih ketika musuh menggunakan formasi yang rapat seperti meta 2 support, di mana core dan kedua penyokong harus tetap berdekatan, maka role tanker sejatinya bisa bersinar.

Namun, kebanyakan tanker bergerak lambat dan terlihat dari jauh saat akan menyergap maju, memberikan kesempatan bagi lawan bereaksi atau menyiapkan perlawanan. Tapi tidak dengan Khufra. Hero ini melompat dari kejauhan menuju target dengan skill Tryant's Revenge, lalu melancarkan kombinasi stun dan crowd control selagi rekannya datang menyerang.

- MERUSAK FORMASI 2 SUPPORT

Bila digunakan dengan tepat, Tyrant's Revenge mampu merusak formasi musuh, terutama di-backline di mana core dan support jarak jauh berada. Skill ini bisa memotong arah kabur musuh, menghujam garis belakang atau untuk serangan tiba-tiba ke musuh yang tak sadar sedang dikuntit.

Ketika timnya memegang kendali, Khufra bisa menutup jalur rotasi lawan dari mid ke jalur lain dengan berdiam diri di semak dan mengejutkan mereka dengan skill Tyrant's Revenge agar pergerakan musuh terganggu. Inisiasi Khufra bisa dibilang skillset tanker paling mumpuni untuk mengincar musuh tertentu, baik itu support atau core utama lawan.

- MENAHAN DAMAGE & MEMANCING SKILL

Satu hal penting yang tidak bisa digantikan dari tanker adalah kemampuannya menyerap damage musuh, memaksa mereka mengeluarkan skill penting untuk melarikan diri.

Untungnya, Khufra punya kemampuan Bouncing Ball yang memberi efek peningkatan physical dan magical defense sebesar 30% saat digunakan. Secara otomatis, setiap Khufra melakukan skill, musuh akan melepas skill cc seperti stun atau slow. Dampaknya adalah, ketika tim kalian menyerang, maka core tim akan aman dari disable berbahaya karena Khufra sudah maju dan diserang duluan.

Ini jadi alasan tambahan mengapa Khufra jadi tanker yang masih ideal digunakan melawan meta 2 support. Beberapa tim asal Filipina seperti Execration masih gemar menggunakan Khufra sebagai pilihan. Terbukti, mereka bisa mematahkan anggapan kalau meta 2 support adalah taktik tak terkalahkan.

Selain Khufra,masih ada hero tank lain yang bisa menyedikan kelebihan di atas misalnya Jawhead, Chou atau Akai. Apakah sobat Esports masih menggunakan tank untuk melawan meta 2 support?