[Analisa Tim MPL S8] Bigetron Alpha & Mimpi Lama Jadi Juara Pertama

Billy Rifki
09/08/2021 15:33 WIB
[Analisa Tim MPL S8] Bigetron Alpha & Mimpi Lama Jadi Juara Pertama
esports.id

Bigetron Alpha kian dekat tunaikan mimpi lama mereka jadi juara di MPL Season 7. Sayangnya, EVOS Legends menunjukan mentalitas dan pengalaman lebih baik di grand final. Tak ada kata menyerah untuk BTR, toh dari beberapa edisi MPL sebelumnya, tim berlogo robot tersebut selalu finish dengan perbaikan peringkat.

Bigetron Alpha terhenti di peringkat 5 besar pada MPL Season 4, naik jadi empat besar di MPL S5, Masuk tiga besar di MPL Season 6 dan terakhir jadi runner up di MPL Season 7. Tak ayal, berdasar sejarah demikian harusnya MPL Season 8 adalah momen BTR Alpha jadi juara satu. Dengan roster yang relatif sama seperti musim lalu, plus tambahan satu jungler anyar, BTR siap menuntaskan misi yang tak kunjung berhasil sejak tujuh musim bertarung di kancah MPL.

MENGOBATI KELEMAHAN MUSIM LALU

Bigetron Alpha dikenal dengan gaya main disiplin selaras dengan logo robot mereka. Namun, masih ada celah error dalam program gameplay Bigetron sehingga di beberapa match Branz cs masih suka kalah.

Misalnya, Bigetron Alpha lebih sering memakai jungler marksman ketimbang assasin. Terlepas dari mekanik Branz yang tinggi, hero assasin tampaknya bukan zona nyaman untuk Branz. Alhasil, strategi Bigetron kurang fleksibel untuk turnamen panjang seperti MPL. Sampai-sampai Renbo yang dikenal ahlinya mage harus transisi main Hayabusa support untuk meluaskan drafting dari BTR.

BTR punya pemain assasin natural dalam diri Maxx, hanya saja pemain muda ini kurang bersinar di level turnamen. Karenanya, pemain kembar ini dipisahkan dari tim utama dan main di MDL untuk cari pengalaman berkompetisi. Untungnya, BTR memboyong satu jungler potensial untuk musim ini, Bottle.

Mantan pemain Genflix Aerowolf ini tampil reguler di MPL Season 7 dan mampu membawa tim serigala finish di peringkat tiga besar. Ini adalah tambahan amunisi yang baik untuk skuad Bigetron Alpha. Tak cuma punya pemain muda dengan motivasi tinggi, kedalaman strategi BTR juga bertambah dengan kehadiran Bottle.

MENTALITAS DAN CHEMISTRY

Bigetron Alpha punya catatan baik di playoffs MPL Season 7. Performa mereka langsung menggila hingga berhasil menjejakan kaki di grand final. Namun, problema BTR terletak di regular season. Mereka kerap inkonsisten dan suka kalah mental saat menjamu tim-tim unggulan. 

Rippo sendiri menuturkan dalam interviewnya bersama Esports.ID, kepercayaan diri pemain BTR adalah salah satu aspek yang harus mereka perkuat lagi, khususnya di MPL Season 8. Untuk chemistry, BTR harus menyiasati waktu singkat untuk menyatukan Bottle dalam skema permainan terbaru BTR.

Gaya mainnya sebagai jungler harus kompak dengan Branz serta duet mage-roamer agar ciri khas disiplin BTR tidak hilang. Namun, mengingat gaya main Bottle yang cukup agresif, ia sepertinya bakal di-plot untuk memberi ruang bagi Branz bisa farming dengan bebas selagi rekannya menebar ancaman di sisi lain Land of Dawn.

Bisa jadi, sang Robot menunjukan karakter baru di kick off MPL Season 8 dengan permainan lebih berani tapi tetap rapih seperti gaya BTR biasanya. Yang pasti, tak ada kesempatan lebih baik untuk jadi juara MPL Indonesia selain menunaikannya di season ke-8.

Mampukah BTR jadi juara MPL kali ini?