Eksibisi PON Esports

5 Hero Paling Sering di Banned Dalam Regular Season MPL ID S8

Ferdi99
13/10/2021 10:00 WIB
5 Hero Paling Sering di Banned Dalam Regular Season MPL ID S8
Mobile Legends

Pemilihan hero merupakan faktor krusial dalam skena kompetitif Mobile Legends terutama pada regular season MPL ID S8 lalu. Setiap tim yang bertanding telah memiliki komposisi hero dan strategi yang berbeda di setiap pertandingan sebagai penentu kemenangan.

Salah satu strategi tersebut yaitu melakukan ban pada hero-hero yang dinilai terlalu overpower agar tidak merepotkan nantinya. Nah berikut tim Esports ID rangkum 5 hero yang paling sering di-ban saat regular season MPL ID S8 kemarin:

Yamisok Nobar
  1. Mathilda – 118 Banned

Mathilda adalah hero support assassin pertama di game Mobile Legends. Meski sebagai support, hero ini punya burst damage yang mematikan berkat wisp miliknya dan sangat efektif untuk membantu hero Core dalam menghabisi musuh.

Mathilda dianggap cukup merepotkan karena memiliki mobilitas yang tinggi dalam menyergap lawan maupun menyelamatkan kawan yang sedang terpojok. Selain itu, hero yang cukup overpower ini juga mudah dikendalikan dan mempunyai cooldown skill cepat.

Sehingga, tak heran jika beragam kemapuan tersebut membuat hero ini dianggap sebagai salah satu support yang paling ditakuti di skena profesional. Bahkan pada regular season MPL ID S8 lalu, Mathilda menjadi hero yang paling sering di ban, yaitu mencapai 118 kali. 

  1. Paquito – 89 Banned

Paquito adalah hero fighter yang bisa dibilang overpower untuk meta saat ini. Bahkan, setelah update terbaru, Paquito dianggap sebagai hero yang semakin mematikan. Pasalnya, hero ini terbilang sangat lincah berkat skill Champe Stance dan skill Jab miliknya.

Kedua skill ini mampu meningkatkan movement speed dan juga efek blink. Bahkan, ketika stack sudah terkumpul, skill pasif Champ Stance akan meningkatkan movement speed Paquito sebesar 60% selama 2.5 detik yang membuatnya sulit dibunuh oleh lawan.

Hal ini membuat Paquito sering kali diperebutkan di mode rank karena memiliki durability yang tinggi. Selain itu, Paquito juga cukup disegani di skema profesional sehingga menjadikannya sebagai hero dengan total banned terbanyak kedua pada regular season MPL ID S8 lalu, yaitu sebanyak 89 kali.

  1. X.Borg – 79 Banned

X.Borg menjadi salah satu fighter yang sangat fleksibel di meta saat ini. Melalui skill kobaran api miliknya, X.Borg dapat menghasilkan true damage yang tinggi secara terus-menerus. Ia juga dapat mengeluarkan ultimate skill yang mampu meledakkan satu area dengan damage yang besar.

Selain itu, X.Borg juga memiliki durabilitas cukup baik dari skill pasif Firaga Armor miliknya. Hal tersebut membuat hero ini dianggap mematikan dan sering dijadikan sebagai hero damage-dealer.

Pada skema profesional X.Borg menjadi hero meta yang sangat ditakuti. Hero ini hampir selalu di ban dalam setiap pertandingan. Bahkan, pada akhir regular season MPL ID S8, X.Borg menorehkan catatan total ban yang cukup tinggi, yaitu mencapai 79 kali.

  1. Phoveus – 78 Banned

Phoveus merupakan hero dengan role fighter. Walau terbilang cukup baru, hero ini menjadi salah satu yang sangat ditakuti saat ini. Pasalnya, hero ini memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari durabilitas tinggi, damage besar di early game, hingga disebut sebagai hero offlaner terkuat.

Dibekali dengan skill ultimate “Demonic Force”, Phoveus dapat langsung berpindah dengan meloncat untuk memberikan damage ke musuh yang menggunakan skill blink ataupun charge. Selain itu, Phoveus juga mampu meredam serangan hero musuh dengan shield yang cukup kuat.

Kemampuannya dalam mengatasi hero-hero lincah dan memiliki magic damage yang tinggi menjadi salah satu alasan banyak yang memilih untuk melakukan ban k earah Phoveus. Pada akhir regular season MPL ID S8 lalu, Phoveus telah mencatat total banned sebanyak 78 kali. 

  1. Ling – 73 Banned

Ling bisa dikatakan merupakan salah satu hero assassin terkuat di Mobile Legends. Hero yang satu ini memiliki gaya bertarung agresif dan skill yang dapat membuat musuh tidak berdaya. Selain itu, kemampuannya memanjat tebing membuat Ling mudah lolos ketika dalam situasi terjepit.

Sebagai hero core, Ling memiliki keunggulan besar, yaitu mobilitas yang tinggi serta damage kuat. Hal ini tentu membuat Ling menjadi hero yang sangat merepotkan dan sangat disegani dalam skema profesional. Beberapa pemain profesional bahkan mencatat persentase win-rate yang tinggi ketika berhasil mengantongi Ling, sebut saja pemain RRQ Hoshi, Alberttt.

Tidak heran banyak tim yang memilih untuk melakukan banned terhadap hero tersebut. Bahkan, hingga regular season MPL ID S8 usai, Ling telah di banned sebanyak 73 kali.