Lesley, Badang & Cecilion di Buff, Layak Jadi Meta?

Billy Rifki
29/12/2021 15:43 WIB
Lesley, Badang & Cecilion di Buff, Layak Jadi Meta?
mobile legends

Patch baru Mobile Legends 1.6.42 hadir dengan beberapa penyesuaian medan tempur. Selain ada hero baru, Edith dan map baru, Sanctum Island serta buff dan nerf untuk beberapa hero. Moonton memastikan di patch ini mereka ingin mengoptimalkan hero yang kurang populer. Lesley, Badang dan Cecilion jadi tiga hero yang beruntung di patch ini.

Meta marksman yang berpusat pada Clint, Beatrix, Natan dan Brody sepertinya dapat saingan dari Lesley. Sniper ini punya citra agak miring karena identik dengan hero "bocil" atau heronya tier Epic. Sementara Badang dan Cecil adalah hero yang cuma dipakai oleh orang tertentu. Badang tertinggal jauh dari para barisan fighter top Mobile Legends. Sementara Cecil perlu waktu yang lama untuk bisa berdampak dalam teamfight. Lantas, apakah dengan buff ini Lesley, Badang dan Cecilion layak jadi meta?

BUFF LESLEY, BADANG & CECIL

Lesley mendapat critical chance tambahan serta menghapus batas critical damage. Dalam mode camouflage, movement speednya meningkat dari 30% jadi 40%. Secara damage, potensi burst Lesley sangat tinggi. Dihapusnya batas critical damage memungkin Lesley lebih optimal jadi one hit killer.

Kemampuan laningnya juga lebih tinggi dengan pemulihan energy yang lebih cepat. Artinya Lesley akan lebih hemat tenaga di lane dan bisa mem-poke musuh lebih aktif.

Sayangnya, buff tersebut tak membantu Lesley jadi hero yang dominan berhadapan dengan lawan di lane. Baik Brody, Clint, Beatrix dan Natan adalah hero yang lebih kuat di level 1-4 secara damage. Lesley butuh item setidaknya 3 slot terisi untuk benar-benar mengimbangi kekuatan para MM tersebut.

Para user MLBB yang ingin coba Lesley harus tetap bermain pintar dan sabar mengandalkan camouflage untuk mencicil musuh dan melihat peluang kill.

Untuk Badang, damage pasif Chivalry Fist jadi jauh lebih tinggi dengan perubahan rumus damage dari 20% physical attack menjadi 50+30% physical attack. Ini tentu bonus yang sangat signifikan untuk damage Badang keseluruhan.

Namun, bukan soal damage yang jadi masalah badang. Kemampuan laningnya cenderung lambat dibandingkan fighter lain. Badang juga bukan tipikal fighter agresif yang disukai banyak player semacam Yu Zhong, Paquito, Chou, Esmeralda atau Uranus.

Kalau Badang bisa bertahan dan dapat laning memadai sampai mid game, bukan tak mungkin hero ini jadi tak terhentikan. Namun masalahnya, apakah bisa buff Badang menyelamatkannya di fase early game?

Untuk Cecilion, scaling adalah masalah utama hero ini. Damage Cecil menumpuk seiring waktu dengan tiap skill yang ia berikan kepada minion dan musuh. Namun, ia juga terkendala dengan mana yang sangat boros terutama di awal game. Pemain Cecilion pemula akan banyak pulang pergi ke base atau tertahan di midlane karena tak punya mana untuk membantu teamfight.

Apa yang ditingkatkan dari Cecil adalah jumlah penambahan mana dari 8 menjadi 10 untuk tiap skill yang mengenai lawan. Cecilion juga memulihkan mana dengan jumlah yang sama. Ini artinya Cecilion bisa lebih awet di lane dan bisa aktif lebih cepat.

Namun, buff tersebut bukan satu-satunya penjamin Cecilion bakal lebih mudah digunakan. Player mesti tahu cara memanfaatkan skill Bat Impact dengan efektif agar stack mana/damage bisa terkumpul lebih cepat tanpa membuang mana terlalu banyak.

Setidaknya, dengan buff ini potensi late game Cecilion akan jauh lebih mengerikan walau sepertinya ketiga hero ini cuma akan meta di public match saja.

Bagaimana pendapat kalian dengan buff tiga hero tersebut?