Mindset Keliru Player MLBB, Hero di Nerf Tak Berarti Jelek

Billy Rifki
04/01/2022 13:52 WIB
Mindset Keliru Player MLBB, Hero di Nerf Tak Berarti Jelek
esports.id, Mobile Legends

Patch Mobile Legends datang silih berganti tiap waktu. Dalam update tersebut selalu ada penyesuaian hero yang merangkum buff dan nerf untuk hero-hero yang tersedia. Biasanya, adjustment itu akan mengikuti suara hati pemain-pemain yang meminta nerf untuk hero overpower atau buff untuk jagoan yang kurang populer.

Namun, mayoritas pemain MLBB agak keliru dan salah kaprah soal nerf. Mereka beranggapan kalau hero di nerf akan jadi jelek atau ngga berguna lagi. Padahal, tidak semua nerf berdampak demikian. Mari kita bahas mulai dari patch saat ini, 1.6.42.

Di patch ini, ada beberapa hero OP yang terkena nerf. Sebut saja Valentina, Aamon dan Clint. Ketiganya adalah hero langganan pick dan ban di musim lalu. Bahkan setelah di nerf, hero ini masih tetap jadi rebutan drafting.

Valentina mengalami pengurangan potensi di early game, khususnya saat fase laning. Kemampuan lifesteal dan exp booster-nya berkurang di awal namun meningkat drastis menjelang late game.

Apa arti dari nerf ini? Biasanya Valentina menggunakan skill 2, Arcane Shade untuk mendapat exp saat menyerang lawan. Namun, karena pendapatan exp berkurang dan skill tersebut juga di nerf, Valentina mungkin agak sedikit terlambat naik level dari yang seharusnya.

Namun, bila Valentina berposisi sebagai midlaner, ia akan tetap menyentuh level dua lebih cepat dari kebanyakan hero mid lain. Apalagi kalau ia diposisikan jadi exp laner, kemampuan zoning di awal levelnya sangat berbahaya. Main di offlane malah lebih menguntungkan untuk Valentina. Setelah ia meng-clear minion, ia bisa memberikan damage Arcane Shard dengan maksimal karena tak ada target lain kecuali hero musuh untuk di serang. Berarti nerf dari skill ini bisa diatasi hanya dengan penempatan posisi dan penggunaan skill yang lebih teliti dari pemain.

Dengan penyesuaian skill ini, bahkan dimungkinkan bagi kalian memaksimalkan level up skill 2 dulu karena tambahan exp lebih tinggi di level maksimal. Sementara skill 1 mendapat penambahan damage dari sebelumnya jadi bakal lebih sakit meski tidak diprioritaskan.

Artinya, nerf ini tidak mengganggu sama sekali kekuatan Valentina. Ia bisa tetep eksis sebagai hero menakutkan di lane apapun yang ia jalani.

Beralih ke Clint, marksman yang dijuluki preman gold lane karena kekuatan burst di early sampai late gamenya. Clint punya skill poke jarak jauh handal bernama Quick Draw. Skill ini membantu Clint mengeliminasi minion sekaligus mencicil darah musuh yang berada dibelakang barisan prajuritnya.

Sayangnya, skill ini mendapat nerf damage dari 250-450 jadi 250-400. Perhatikan penyesuaian damage ini, hampir tak berubah di awal level dan cuma berkurang sedikit setelah di level up 6 kali. Hampir tak ada penurunan drastis dari Clint.

Beralih ke nerf skill escape-nya, Trapping Recoil. Skill ini sekarang bisa digunakan hanya tiap 8 detik sekali, tidak seperti sebelumnya yang bisa dipakai setiap 6,5 detik. Lagi-lagi, ini bukan skill yang membuktikan kalau Clint sudah tidak lagi berguna. Skill 2 ini memang digunakan sesekali saja untuk menyelamatkan diri, atau untuk mengharass musuh saat ingin mengaktifkan pasif damagenya, Double Shot.

Kalau ingin membuat Clint tak berguna, pasif ini yang harusnya di nerf. Karena faktanya pasif Clint masih tetap sama, hero ini bakal tetap sakit seperti biasanya dan masih layak kalian spam di matchmaking.

Contoh lainnya lagi yang terkena nerf di patch saat ini adalah Aamon. Ada dua efek yang di nerf pada patch saat ini untuk Aamon yakni durasi hilang atau camouflage serta HP regen saat berada di mode camouflage.

Hanya karena Aamon tak bisa hilang lebih lama atau regen yang lebih sedikit, Aamon dianggap jelek. Perhatikan kompensasi yang diberikan Moonton untuk Aamon pada basic attack-nya. Aamon kini punya basic attack yang lebih maut dari sebelumnya dengan durasi movement speed camouflage yang lebih tinggi.

Artinya, kemampuan Aamon sebagai assasin/mage burst damage bakal lebih berbahaya dari versi sebelumnya.

YANG DI NERF DAN TETAP POPULER

Telah banyak kisah hero di nerf, tapi tetap menjadi meta atau setidaknya populer di rank match. Sebut saja Paquito yang masih tidak tertandingi dampaknya di public match sampai level turnamen. Atau Uranus yang kemampuan regen-nya sering dikalkulasi ulang agar ia tak lagi jadi hero fountain. Atau contoh kasus Ling dan Fanny. Meski sudah berkali-kali konsumsi energy mereka di nerf, tetap saja ada pemain yang jago karena tahu cara main yang efektif dan melihat potensi dari nerf tersebut.

Ujung-ujungnya, hero ini masih punya ciri khas spesial yang tak bisa disingkarkan hanya karena nerf. Begitupun hero lainnya yang pasti masih berfungsi baik asalkan diimbangin dengan adaptasi gaya main kalian serta pemahaman tentang hero adjustment terbaru.