Prediksi Komposisi Hero yang Akan Populer di MPL ID S9

Dandesignlab
15/02/2022 14:24 WIB
Prediksi Komposisi Hero yang Akan Populer di MPL ID S9
Esports.id

Kompetisi regional terbesar Mobile Legends: Bang Bang, MPL akan dimulai sebentar lagi. Beberapa tim terkuat yang berpartisipasi di setiap wilayah akan segera bersaing dalam serangkaian babak untuk meraih gelar juara sebagai pembuktian tim terkuat di musim terbaru dalam region masing-masing.

Regular season MPL akan diselenggarakan serentak di berbagai wilayah kompetisi yakni Indonesia, Malaysia, Singapore, Filipina, Cambodia & Brazil. Pada tahap regular, tim akan bertanding dengan metode Round-Robin dimana setiap peserta akan saling bertemu, menentukan siapa diantara mereka yang berhak menuju ke babak playoffs. Enam tim tertinggi di klasemen regular season akan melanjutkan pertandingan ke playoff, sedangkan 2 tim yang tertinggal akan gugur.

Selain musim terbaru MPL, saat ini Mobile Legends indonesia sedang menjalankan MDL ID Season 5 yang dimulai kemarin pada tanggal 14 februari 2022. Pertandingan dari kompetisi tingkat dua ini juga tak kalah seru, dimana para pemain berusaha untuk meningkatkan kemampuan mereka agar bisa bertanding di level MPL.

Kehadiran berbagai level kompetisi ini tentu membua tim harus memikirkan taktik dan formasi yang sempurna agar dapat mendominasi. Nah, pada artikel kali ini tim Esports ID akan memberi prediksi perihal komposisi hero yang berpotensi muncul ataupun populer pada MPL Season 9. Penasaran apa saja? mari kita simak:

  • 2 Marksman - 1 Fighter - 1 Tank/Support - 1 Mage

Komposisi yang sedang populer saat ini telah terbukti menjadi andalan pada mode ranked musim 23 dan uji coba melalui pertandingan MDL ID S5 yang tengah berjalan saat ini. Pasalnya, musim ini telah menjadi kejayaan para hero marksman sejak mengalami pembaruan patch pada beberapa hero dan spell. Katakan saja Yi-sun shin dan Lesley, kedua marksman hero ini memiliki dua tipe yaitu Marksman & Assassin dimana mereka mampu untuk menggantikan peran hero Assassin jarak dekat, menghasilkan kerusakan lebih tinggi dan bertahan hingga waktu late game. Buff spell inspire yang saat ini populer oleh Marksman Goldlaner seperti Moskov & Irithel pun menjadi taktik efektif untuk meningkatkan potensi hero marksman bersaing di lane dengan hero-hero kuat.

Strategi yang umum digunakan adalah 1 Marksman/Assassin sebagai Jungler, ditemani oleh 1 Tank/Support dan 1 Mage di area midlane untuk melakukan roaming dan menunjang alur permainan Jungler hingga dirasa mumpuni. Sedangkan sisa 1 Marksman dan 1 Fighternya mengisi posisi sidelane.

  • 2 Fighter - 1 Tank - 1 Marksman - 1 Mage

Fighter adalah hero kuat yang memiliki pola serangan dan pertahanan disaat yang sama. Oleh karena hal tersebut, Fighter telah berubah yang semulanya hanya berperan sebagai sidelaner, kini dapat menjadi Jungler. Ini terlihat berdasarkan riwayat pertandingan di kompetisi sebelumnya yang menggunakan Paquito, Aulus, Roger, dan hero fighter lainnya yang digunakan sebagai jungler utama. Walaupun terkesan tidak begitu kuat di late game seperti Marksman, tetapi Fighter mampu mengambil alih early hingga mid game bahkan memiliki durabilitas yang sangat kuat di waktu late game. Jadi, tidaklah mudah untuk melawan Fighter pada musim ini.

  • 2 Tank - 1 Mage - 2 Fighter

Terkadang yang dibutuhkan tim untuk menyerang balik hero berdamage besar adalah dengan menggunakan hero berdurabilitas tinggi. Semenjak MPL ID S8 dan kejuaraan M3 berlangsung kemarin, hero Tank seperti Hylos & Baxia telah menjadi populer akibat perannya yang menjadi Tank Jungler menggunakan spell retribution. Komposisi seperti Tank/Mage yang bersaing di sidelane seperti Esmeralda atau Edith juga menjadi andalan pada MDL ID Season 5 saat ini. Tentunya, ini adalah strategi yang menyulitkan lawan untuk menembus pertahanan sekaligus penyerangan hingga waktu late game.

  • 1 Support - 1 Mage - 1 Marksman - 2 Fighter

Masih ingat dengan strategi UBE yang dipopulerkan oleh juara M3, Blacklist International? Tentu, Hero support telah berperan cukup aktif semenjak pertandingan itu. Jika kita melihat keadaan yang terjadi pada beberapa kompetisi bahkan kasual ranked saat ini, Estes dan Rafaela menjadi langganan ban karena kemampuan healingnya yang diyakini sangat menganggu lawan dalam kondisi team fight. Tidak berhenti pada Estes, hero support seperti Mathilda dan Angela nampaknya masih berpotensi untuk hadir pada laga pertandingan berikutnya.

Begitulah komposisi hero terbaik yang terbukti menjadi meta pada beberapa musim belakangan ini. Tentunya kita masih akan melihat kejutan dari tim-tim professional yang bersaing di turnamen besar MPL ID Season 9 nanti. Bagaimana menurutmu Sobat Esports?

Ikuti perkembangan tim-tim yang berlaga di MDL S5 Indonesia sembari menunggu aksi-aski para penantang MPL ID S9 yang akan segera dimulai akhir pekan ini. Siapa nih tim jagoan kamu di musim ini baik untuk MDL S5 dan MPL S9 Sobat Esports?