Perjalanan Clara Mongstar Jadi Ikon Host Esports Tanpa Haters

Billy Rifki
23/04/2022 14:41 WIB
Perjalanan Clara Mongstar Jadi Ikon Host Esports Tanpa Haters
esports.id interview

Clara Kartikasari atau yang kita kenal dengan sebutan Bude Clara Mongstar adalah ikon di dunia esports Indonesia. Kurang lebih 8 tahun berkarir di industri esports, Clara pernah berprofesi sebagai manajer tim, caster dan tentunya host/mc esports di berbagai event besar.

Esports.ID berkesempatan untuk ngobrol mendalam bersama Bude selagi jeda pertandingan El Clasico di playoffs MPL Season 9. Dalam waktu singkat tersebut, Bude menceritakan perjalanan karirnya "kecemplung" di dunia esports dan bagaimana rasanya menjadi figur terkenal tanpa haters di ranah yang identik dengan toksisitas.

Esports.ID: Bude Clara sudah berkarir lama di dunia esports bahkan sudah seperti ikon. Bagaimana sih rasanya jadi sosok yang sangat dicintai, punya banyak penggemar sampai kayaknya ngga punya haters?

Clara: Wah rasanya.. aku bersyukurlah iya ngga sih. Bisa tetap dipercaya kerja sampai detik ini aja bersyukur. Terus kaya ngelihat aku ngga punya haters, aku ngga tahu yah, haters tuh kaya apa sih hahaha. Soalnya kaya aku fokus aja ke hal positifnya, ngga mungkin juga aku ngga ada haters soalnya kita ngga bisa nyenengin semua orang.

Esports.ID: Terpikir ngga sih Bude bakal sebesar, sepopuler dan dicintai banyak fans seperti sekarang?

Clara: Ngga aku ga pernah terpikir seperti itu. Aku cuma berpikir melakukan yang terbaik, sing penting yakin, poko e ngga aneh-aneh kali yah. Aku sulit juga jelasinnya, tapi aku jalan aja dan lakukan yang terbaik dan berkembang. Kalau dapat positive feedback, Alhamdulillah.

Esports.ID: Bude ingat momen atau event apa yang paling berkesan selama kurang lebih 8 tahun berkarir di esports?

Clara: Paling berkesan, banyak sih. Di Mobile Legends pas World Champhionship M1. Itukan aku dikirim dari Indonesia, casternya dibawa. Pas banget Indonesia juara juga, EVOS Legends menang lawannya RRQ Hoshi terus aku di sana di negeri tetangga.

Kalau di DOTA, pas aku interview tim OG sih. Waw itu ketemu OG, Notail, Ceb, Topson sebelum nikah jadi aku tahu ceritanya pas Topson pacaran di PDKT Mawar, Mawar nulis surat cinta, hahaha.

Esports.ID: Wah interview OG sih juga impian aku banget! Tapi Bude inget momen apa yang buat Bude kecemplung di dunia esports?

Clara: Semua berjalan aja sih, aku ngga tahu tiba-tiba bisa seperti ini. Tapi aku dari dulu main game, ada kesempatan apa aku daftar, kenalan dengan banyak orang-orang sampai tahu-tahu what jadi manager team? Kaget juga aku ga pernah jadi manager waktu itu. Tapi aku berani ambil dan coba bertanggung jawab yang penting mulai aja dan belajar sambil jalan.

Esports.ID: Karena Bude adalah pioneer di dunia esports, termasuk mungkin generasi pertama sebagai host dan caster esports, ada ngga sih orang yang Bude lihat sebagai inspirasi atau orang yang memberi banyak ilmu buat Bude?

Clara: Belajar banyak banget dulu dari caster aku lihat Tobiwan caster DOTA 2. Kalau di Indonsia aku belajar dari Mas Melon. Siapa lagi yah...

Esports.ID: Bingung kan siapa lagi, Bude Clara soalnya masuk generasi pertama buat caster dan host esports.

Clara: Fosil hidup kali aku yah hahaha... Tapi aku belajar dari banyak sumber sih, kaya dari partnerku yang sekarang. Oji, Darius, Marimar, Kornet sampai sekarang tetap belajar.

Esports.ID: Kalau kita flashback, Bude ngga kerja di dunia esports. Bude Clara bakal jadi apa yah?

Clara: Kalau ngga di esports, apa yah, mungkin bisnis. Kalau ngga aku breeding hewan, entah itu anjing, bukan ngatain kalian yah, kucing, cincila atau apa soalnya aku suka hewan tapi jadi dokter hewan aku takut soalnya aku ngga tegaan. Atau mungkin jaga apotik punya saudara hahaha.

Esports.ID: Wah kalau jaga apotik pasti banyak dari kita pura-pura sakit nanti buat ketemu Bude haha. Terakhir Bude, apa harapan untuk karir ke depannya?

Clara: Aku ingin terus berkarya tanpa harus drama. Jangan sampai deh aku kena kasus yang ngga-ngga takut ya soalnya sekarang banyak kasus, semoga aku ngga affiliator loh loh hahaha. Pokoknya aku ingin dikenal dengan karya bukan yang lain. Aku ingin ketemu orang banyak lagi, belajar lagi dan pengalaman baru mungkin.

Esports.ID: Oke terimakasih Bude Clara, Aku cinta kamu...

Clara: Huwaaaaaa.....

Itu dia perbincangan Esports.ID dengan sang ikon host esports tanah air Clara Mongstar. Semoga Bude tetap awet muda dan bisa terus menemani kita di berbagai event esports yang akan datang!