Ini Sebabnya Playoffs MPL S9 Banyak Comeback Menurut Ko Lius

Billy Rifki
23/04/2022 19:45 WIB
Ini Sebabnya Playoffs MPL S9 Banyak Comeback Menurut Ko Lius
esports.id interview

Sejak hari pertama, playoffs MPL Season 9 banyak diwarnai comeback. Mulai dari EVOS Legends yang membalikan skor lawan Alter Ego, Aura Fire dan Bigetron Alpha yang bolak-balik mengalahkan hingga RRQ Hoshi yang comeback dramatis setelah tertinggal 2-0 di El Clasico.

Mempertimbangkan skill dan gameplay dari tiap tim yang ada di playoffs, seharusnya mereka punya disiplin, mental dan strategi yang matang untuk mempertahankan keunggulan atau mnjaga diri dari blunder tak perlu. Lantas, apa sebabnya banyak terjadi comback di playoffs MPL S9? Esports.ID bertanya kepada Ko Lius, sosok caster dan figur berpengalaman di skena kompetitif Mobile Legends.

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab banjir comeback di playoffs MPL Season 9. Salah satunya adalah kecenderungan gameplay tim yang bertumpu pada momentum. "Meta sekarang sih erat banget hubungannya sama 1 momentum. Dalam keadaan yang hampir kalah pun, sebuah tim bisa memenangkan pertandingannya jika mendapatkan 1 momentum penting untuk mencapai faktor winning condition dan bisa memenangkan game nya. Maka dari itu team-team yang bertanding saat ini sangat membutuhkan trigger discipline dalam team/gameplay-nya," ucap Ko Lius via DM Instagram kepada Esports.ID.

Ia menambahkan, bermain early game di ranah sekeras MPL sangat sulit kecuali memang pengguna strategi tersebut berkomitmen menggunakan draft hero dan taktik pressure tinggi. "Terkait untuk bermain di early game, untuk bisa memenangkan early game di scene MPL mungkin hampir bisa dibilang mustahil kecuali mereka menggunakan strategi early preassure yang begitu besar. Maka dari itu rata-rata game yang berjalan belasan menit hingga lebih dari 20 menit,"

Untuk menjaga mental tim tetap solid dari ancaman kekalahan sendiri bukan perkara mudah. Pemain bakal banyak pikiran, makin gugup dan akhirnya performa mereka terganggu. Menurut Ko Lius, keberhasilan tim yang melakukan comeback di fase playoffs terjadi karena motivasi mereka untuk menang lebih besar dari ancaman kekalahan.

Ditambah dengan persiapan yang memang matang dari peserta playoffs yang tersisa, tiap game ibarat kesempatan baru sehingga kekalahan sebelumnya tak menjadi beban tambahan. "Bisa dibilang saat ini dari segi motivasi mereka yang paling on-fire untuk pembuktian team mereka di babak playoff. Ditambah lagi preparation mereka yang bisa dibilang matang dan playstyle masing-masing team yang unik yang membuat mereka sekuat itu,"

Bukan kejutan andai di final MPL Season 9 besok bakal berlangsung full best of seven melihat dari kegigihan tim musim ini. Comeback yang telah terjadi jadi bukti kalau semua tim bisa saling mengalahkan dan tidak ada kekalahan sebelum markas kalian benar-benar dihancurkan.

Namun, Ko Lius memprediksi setidaknya final nanti bakal terjadi minimal 6 game dengan skor 4-2.