Mobile Legends Cetak Rekor Pentonton di SEA Games 2021 Vietnam

Billy Rifki
23/05/2022 11:35 WIB
Mobile Legends Cetak Rekor Pentonton di SEA Games 2021 Vietnam
escharts.com

Rekor kembali dicetak oleh Mobile Legends pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. MLBB mencatatkan PCU tertinggi selama SEA Games 2021 dengan jumlah penonton mencapai 2.217.170 viewers. Angka ini tercipta pada laga grand finals antara Indonesia melawan Filipina.

Berdasarkan data dari escharts.co, rata-rata jumlah penonton bakal membludak bila timnas Indonesia bermain. Seperti di laga Indonesia melawan Malaysia, Vietnam dan Singapura, ketiganya melampaui angka 1,5 juta peak viewers.

Bila dibandingkan dengan rekor PCU tertinggi di event lainnya, SEA Games 2021 nomor MLBB berada di enam besar, masih terpaut tipis dari MPL Indonesia musim ke-8 dan 9. Sementara M World Series ke-2 dan 3 berada di angka tiga juga peak viewers.

Untuk diranah SEA Games, angka 2.217.170 membuat MLBB jadi nomor esports paling banyak ditonton. Di urutan kedua, PUBG Mobile mencatatkan 900.000 lebih peak viewers menyaksikan comeback dramatis timnas Indonesia merebut emas dari tuan rumah, Vietnam pada hari ketiga final day.

Arena of Valor tidak mengirimkan perwakilan Indonesia namun tetap disaksikan hingga 600 ribu lebih viewers. Sementara Free Fire berbentrokan jadwal dengan FFWS sehingga terjadi pembagian penonton SEA Games dengan kejuaraan dunia Free Fire tersebut.

Melihat popularitas nomor esports yang tinggi dan mendatangkan banyak atensi, sepertinya esports bakal dapat lebih banyak perhatian di event mendatang. Apalagi olahraga ini bisa memenangkan lebih dari 1 medali pada satu nomor.