Yamaha Oktober

Unik, Empetalk Perkenalkan Ustadz yang Dakwah via Gaming

Billy Rifki
14/09/2022 17:00 WIB
Unik, Empetalk Perkenalkan Ustadz yang Dakwah via Gaming
youtube

Konten Empetalk dari Jonathan Liandi kerap mengungkap sisi-sisi personal dari narasumber kalangan esports. Mulai dari pro player, coach dan CEO, terbaru sosok yang dulu punya nick name Emperor mengundang seorang pemuka agama bernama Ustadz Abi.

Bila biasanya Ustadz melakukan dakwah di mesjid atau pengajian, Ustadz Abi memilih platform streaming dan media sosial untuk menyiarkan kebaikan. Ia juga mengajak para viewersnya yang disebut sebagai "Jamaah Gaming" untuk mengubah kebiasaan toxic jadi lebih baik.

PT Media Esports Indonesia

"Kita berdakwah lewat esports karena tawarannya paling ramai di situ, banyak yang minta supaya kita mengembalikan sopan santun di Mobile Legends," ujar Ustadz Abi menjelaskan kesibukannya. Ia mengaku mendapat banyak tawaran untuk live stream khusus untuk berdakwah.

Metode ini terbilang unik karena main game dan agama biasanya punya stigma bersebrangan. Ustadz Abi sendiri tidak bertujuan untuk menggurui para player MLBB namun lebih berfokus pada mencontohkan para pemain agar tidak toxic, bersikap baik dan tentunya mendahulukan ibadah dibanding bermain game.

Misalnya, bila banyak pemain bakal berkata kotor bila karakternya mati atau kalah, Ustadz Abi mengajarkan kata-kata negatif tersebut diganti dengan Astagfirullah.

Ia juga mengajak viewersnya untuk spam Masya Allah saat momen menghancurkan turret lawan agar usaha mereka diberi berkah.

Awalnya, Abi melihat muridnya bermain Mobile Legends dan ikutan mencoba. Ia pun menemukan kesenangan dalam bermain game sekaligus melihat peluang berdakwah di ranah yang asing bagi banyak orang.

Konten Tiktok-nya yang bermuatan Mobile Legends jadi viral dan ditonton sebanyak 2,9 juta kali.

Hal unik lainnya yang membuat Abi dapat banyak pengikut adalah gayanya bermain game yang mengganti nama-nama hero MLBB jadi lebih islami.

Misalnya Aurora jadi Siti Arofah dan Irithel menjadi Siti Irifah. Ia juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari netizen mengenai pertentangan antara kaidah agama dan MLBB.

Contohnya apakah mencuri Lord dan buff musuh adalah perbuatan dosa? Apakah recall-recall tindakan tak terpuji? Atau bila kita mengganti sound in-game MLBB jadi bahasa Arab, apakah kita mendapat pahala karena suaranya jadi seperti orang mengaji?

Ustadz Abi menjawab pertanyaan ini dengan gaya yang jenaka diakhiri dengan sebuah pesan yang ringan untuk viewers.

Cara ini pastinya jauh lebih mengena bagi banyak gamer apalagi mereka yang butuh hiburan sekaligus ilmu agama. Apakah kalian sudah lihat bagaimana aksi Ustadz Abi berdakwah di MLBB?