Punya Banyak Player Berbakat, Darimana Asalnya "DNA Moba" Pemain Filipina?

Billy Rifki
16/12/2023 11:45 WIB
Punya Banyak Player Berbakat, Darimana Asalnya "DNA Moba" Pemain Filipina?
Esports.id interview

Filipina harus diakui sebagai salah satu penghasil gamer berbakat terbanyak di dunia. Terutama di ranah MOBA, talenta lokal banyak yang dipercaya perkuat tim internasional karena keunikan talenta mereka.

Tak ubahnya diranah MLBB, baik pro player maupun pemain public bisa dibilang punya skill yang mengagumkan. Penasaran dengan "DNA Moba" pemain Filipina, Esports.ID bertanya pada salah satu veteran dan coach Blacklist International, Master The Basic soal asal muasal kehebatan pemain Filipina di genre MOBA.

"Ku rasa paling pertama adalah sifat kompetitif yang kami punya. Bahkan di rank match, orang Filipina sangat kompe. Kami sangat jago, kami cuma mau menang bahkan main klasik juga kami maunya menang. Susah menang main klasik lawan kami. Semuanya sangat kompe, seakan kalau kalah mereka kehilangan sesuatu. Pemain negara lain mungkin kalau main terus kalah ya normal aja, menikmati permainan," ucapnya.

Beberapa pemain Filipina sudah diimpor ke negara lain untuk skena MLBB. Kairi, Baloyskie, Markyy jadi salah satu contoh sukses player Filipina di Indonesia. Di MOBA lainnya kita mengenal nama Abed, Gabbi dan Armel yang cukup mentereng bermain di Eropa dan Amerika.

Di MLBB M5 sendiri, Filipina jadi penyumbang pemain terbanyak dengan 22 orang. Mereka tersebar mulai dari Indonesia, Kamboja dan Amerika. Menurut kalian, darimana DNA Moba orang Filipina berasal?