Tim Esports Terpopuler Dunia Q3 2023: RRQ dan Alter Ego Ada di Peringkat 1 dan 5

Billy Rifki
08/12/2023 13:12 WIB
Tim Esports Terpopuler Dunia Q3 2023: RRQ dan Alter Ego Ada di Peringkat 1 dan 5

MPL Indonesia adalah salah satu dari beberapa turnamen esports internasional terbesar yang diadakan sepanjang Q3 tahun ini. Platform analisis industri Esports Charts telah menentukan tim esports paling populer di dunia pada Q3 2023 berdasarkan rata-rata penonton dan RRQ dari MPL Indonesia menjadi pemenangnya, mencatat jumlah penonton puncak tertinggi/peak viewers (2.100.032) dan rata-rata penonton (861.000). Di sisi lain, Alter Ego menduduki peringkat ke-5 dalam rata-rata penonton (609.000) dan berada di peringkat ke-2 dalam peak viewers selama periode ini (1.985.218). Hal ini menunjukkan dominasi tim MPL Indonesia dalam menguasai viewer esports dibandingkan dengan tim internasional seperti Evil Geniuses, LOUD esports, dan Paper Rex.

Pada MPL Indonesia Season 12, tiga pertandingan RRQ memecahkan rekor 2 juta peak viewers dengan total 41,1 juta jam tayang sepanjang musim. Hal ini berkontribusi pada MPL Indonesia Season 12 sendiri yang memecahkan rekor menjadi turnamen esports mobile yang paling banyak ditonton di dunia, dengan mencapai lebih dari 116 juta jam tonton sepanjang musim. Kesuksesan RRQ sebagian besar tidak lepas dari kekuatan komunitas mereka yang terus dibangun sejak tim ini didirikan pada 2013, dengan banyak program pengembangan komunitas seperti RRQ Mabar dan RRQ Keliling Kota menjadi acara yang sangat dinantikan oleh para penggemarnya.

Menurut CEO sekaligus Co-founder RRQ, Andrian Pauline, pencapaian ini tak lepas dari komunitas RRQ yang senantiasa mendukung timnya. “Menurut saya itu bukti bahwa banyak yang mendukung tim RRQ, baik ketika kita sedang di atas maupun di bawah. Dan saya berterima kasih atas semua loyalitas yg diberikan oleh para pendukung kami,” ungkap Pak AP.

Ia menambahkan, setelah diberikan dukungan yang begitu luar biasa dari para fans, RRQ akan merespons dengan perubahan-perubahan yang diharapkan bisa membawa tim RRQ lebih baik lagi di masa yang akan datang. “Untuk tim esports lain mari berjuang bersama berkompetisi sehat dan bersama membesarkan skena esports Tanah Air, khususnya Mobile Legends: Bang Bang,” tambahnya. 

Selain RRQ, Alter Ego adalah tim MPL Indonesia lainnya dengan sejarah dan basis penggemar yang kuat, memenangkan MPLI pertama pada 2020 dan menempati posisi ke-4 di Kejuaraan Dunia M2. Baru-baru ini, Alter Ego menempati posisi ke-3 di MPL Indonesia Season 11. Sepanjang Season 12, Alter Ego mencatatkan rata-rata penonton tertinggi ketiga yaitu 637.500 di belakang RRQ dan ONIC, dan mereka terus menjadi salah satu tim yang paling dicari dan paling banyak ditonton di MPL Indonesia.

Menanggapi pencapaian tersebut, CEO Alter Ego Esports Delwyn Sukamto tidak menyangka jika timnya masuk ke jajaran tim esports terpopuler di dunia. “Kalau untuk perasaan si campur aduk antara senang karena banyak yang dukung kita walaupun hasil kita di season 12 sangat tidak memuaskan tapi di sisi lain kita sedih juga karena sudah mengecewakan banyak fans,” pungkas Delwyn.