Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno Bisa Percepat Program Esports Nasional

Billy Rifki
23/12/2020 12:56 WIB
Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno Bisa Percepat Program Esports Nasional
Esports.ID Interview

Sandiaga Uno atau Pak Sandi baru saja dilantik jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Jokowi (22/12). Ia menggantikan Pak Wishnutama untuk melanjutkan program menteri sebelumnya yakni pemulihan pariwisata di masa pandemi menerapkan quality tourism dan ekonomi kreatif, digitalisasi dan kedaulatan digital.

Sandiaga Uno punya pengalaman sebagai Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Wakil Gubernur DKI Jakarta dan menjabat sebagai dewan pembia PBESI atau Pengurus Besar Esports Indonesia.

Tentu, terpilihnya Pak Sandi membawa angin segar untuk industri esports. Ia dikenal dekat dan mendukung positif perkembangan kompetitif gaming di tanah air. Bahkan, bisa jadi salah satu alasan Pak Sandi terpilih jadi Menteri dikarenakan visi Pak Jokowi sendiri yang melihat esports sebagai salah satu sektor pendorong ekonomi terutama yang berbasis teknologi dan anak muda.

Meski Pak Sandi belum mengutarakan apa program-program spesifik terkait esports, namun koleganya di PBESI, Ibnu Riza selaku Executive Chairman di IESPA dan anggota Dewan Pembina PBESI menyambut positif terpilihnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf.


Source: Instagram

"Pak Sandiaga Uno adalah salah satu tokoh yang sangat mendukung ekonomi kreatif digital salah satunya esports, dengan adanya beliau di struktur PBesi sebagai salah satu dewan pembina, pasti akan lebih mudah untuk kita merealisasikan program dan visi misi kami untuk memajukan esports indonesia khususnya industri esports atau game itu sendiri yang sesuai juga dengan proker kemeparekraf" tulisnya via DM Instagram kepada Esports.ID.

Dengan banyaknya tokoh-tokoh yang sudah mengenal esports di dalam pemerintahan, apalagi diantara mereka juga tergabung dalam organisasi esports harusnya mempermudah komunikasi antar lembaga agar terjadi percepatan pembangunan industri nasional.

Sandiaga menyebutkan, Presiden memberikan waktu satu tahun bagi Kemenparekraf untuk menyiapkan destinasi superprioritas. Selain itu, presiden juga meminta perencanaan acara (calendar of events) di berbagai tingkatan dan periode untuk destinasi superprioritas. Mulai dari acara mingguan, bulanan, hingga tahunan.

"Calendar of events itu dibagi event skala kecil yang mingguan, juga bulanan, dan yang wow itu world class every year (tiap tahun). Semua itu perlu kolaborasi," ujar Sandiaga dikutip dari Kompas.com.

Bukan tidak mungkin Pak Sandi akan melirik esports lagi jadi salah satu primadona kegiatan yang ia besarkan di tahun depan mengingat belum banyak acara yang bisa diselenggarakan secara normal.

Apa harapan sobat Esports untuk Pak Sandi selaku Menteri kita yang baru?