Simak Bahaya Radiasi HP Akibat Nge-game Terlalu Lama

Billy Rifki
02/12/2020 13:51 WIB
Simak Bahaya Radiasi HP Akibat Nge-game Terlalu Lama
various source

Berdasarkan penelitian, gamer rata-rata menghabiskan waktu 2 jam per harinya untuk main game. Kenyataannya, jumlah tersebut tidak sesuai dengan apa yang terjadi khususnya pada gamer di Indonesia. Masih banyak anak muda yang bermain lebih dari 2 jam bahkan sampai hitungan hari. Padahal, selain tak menyehatkan tubuh, bermain game dengan perangkat elektronik memiliki resiko tersendiri, salah satunya adalah bahaya radiasi.

Dalam alat elektronik seperti smartphone, HP atau telpon genggam kalian memancarkan radiasi radio frequency tingkat rendah. Pancaran ini bersifat elektronik dan dapat diserap oleh tubuh dan menimbulkan efek bila terkena dalam jangka waktu lama. Jumlah radiasi RF yang dapat dipaparkan kepada pengguna HP tergantung pada banyak faktor. Mulai dari teknologi dari HP yang digunakan, jarak antara HP dan pengguna, tingkat serta jenis penggunaan HP. 

Yamisok Nobar

Pada 2011, International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan bahwa radiasi HP kemungkinan bersifat karsinogenik, yang artinya mungkin saja memunculkan risiko karsinogenesis. Karsinogenesis merupakan proses pembentukan kanker. Meski penelitian ini butuh pembuktian lebih lanjut, ada beberapa kasus yang mungkin kalian rasakan saat ini bila terlalu lama main HP di rumah.

- GANGGUAN TIDUR

Radiasi HP bisa menyebabkan saraf-saraf yang ada di kepala, otak, wajah, menjadi tegang, hingga aliran darah tak tersalurkan dengan baik. Akibatnya tubuh serasa bekerja lebih keras pada akhirnya muncul rasa lelah, gelisah, hingga merusak kualitas tidur. Terlalu sering melakukan kebiasaan yang sama memicu insomnia dan penyakit lainnya yang disebabkan kesulitan tidur.

Tubuh yang tidak fit bakal menyulitkan untuk gamer ketika harus fokus di pertandingan. Dalam jangka panjang, kebiasaan hidup seperti ini dapat menurunkan usia karirmu di masa depan.

- MIGRAIN ATAU PUSING DI KEPALA

Bahaya radiasi HP yang paling umum dirasakan adalah menyebabkan sakit kepala hingga migrain. Radiasi dari HP bisa memancar ke kepala hingga gelombang radio frekuensi tersebut terserap. Parahnya, kalian bahkan tak harus bermain game untuk merasakan dampak radiasi, melakukan perbincangan melalui telpon juga mempermudah radiasi elektromagnetik masuk ke otak.

Mengalami kepusingan tentu menurunkan fokus dan konsentrasi. Boro-boro ingin tampil maksimal, kalian harus berjibaku mengatasi rasa sakit di kepala yang kadang tak terkendali.

- MEMICU KATARAK

Bukan cuma badan HP keseluruhan yang berbahaya, di bagian layar jadi ancaman yang harus kamu pertimbangkan. Bahaya radiasi HP bisa dipancarkan melalui layar, ketika kamu melihat layar HP terlalu lama, kemungkinan radiasi layar bisa merusak jaringan mata. Jika jaringan mata sudah terpapar terlalu parah, maka bisa memicu penyakit katarak.

Ciri-ciri penyakit katarak adalah adanya selaput putih yang menyelimuti kornea mata. Sehingga, penglihatan menjadi terganggu dan terpaksa harus dilakukan operasi. Sulit rasanya gamer bermain tanpa memiliki mata yang sehat. Ambil contoh pemain FPS seperti Counter Strike atau PUBG, butuh penglihatan yang tajam untuk mendeteksi musuh dengan presisi.

- MEMICU KEMANDULAN PADA PRIA

Bahaya radiasi HP selanjutnya adalah bisa menurunkan tingkat kesuburan pria, bahkan hingga menurunkan kualitas sperma. Dengan adanya hal tersebut, maka akan membuat gairah pria menurun dan bisa menyebabkan kemandulan juga.

Radiasi HP bisa mengganggu kelancaran peredaran darah, yang ada disekitar alat reproduksi pria. Maka dari itu, hindari meletakkan HP di dalam kantong celana. Bagi gamer, meletakan HP di kantong celana adalah hal yang lumrah. Mereka tak menyadari bahwa HP tetap menyala meskipun mereka simpan, hal ini memicu radiasi terus menerus. Mungkin sebagai gamer, karirmu tak terpengaruh namun masa depan untuk berkeluarga bisa pupus akibat radiasi telpon genggam.

- MENIMBULKAN KEBAKARAN

Radiasi timbul dari panas perangkat yang kamu operasikan. Mungkin tak asing untukmu mendengar kasus HP meledak, bahkan tak cuma telepon genggan, namun barang elektronik lainnya. Untuk HP, resikonya kian tinggi karena kadang gamer tak ingin lepas terlalu jauh. Mereka sering nge-cas HP berdampingan di kasur, padahal kasur bisa menutupi saluran udara HP sehingga membuat HP lebih cepat panas akibat proses charge dan sirkulasi udara yang tertutup.

Ketika HP sudah panas, terlebih sambil di charge, HP rentan konslet dan bisa menimbulkan kebakaran. Kamu bukan cuma kehilangan perangkat saja, namun bisa seisi rumah, karir dan mungkin juga keluarga bila kebakaran terjadi akibat meremehkan bahaya radiasi.

Semoga Sobat Esports bisa mengubah gaya hidupnya lebih baik dan tidak terlalu memforsir penggunaan HP agar terhindar dari bahaya radiasi yah.