Ini Alasan Game Buatan Tencent Hilang Dari App Store Huawei!

faizalkamill
08/01/2021 13:30 WIB
Ini Alasan Game Buatan Tencent Hilang Dari App Store Huawei!
CGTN

Baru-baru ini Tencent mengkonfirmasi bahwa Huawei telah menghapus game online buatan mereka dari toko aplikasi Huawei. Masalah ini dimulai karena kedua perusahaan tidak dapat menemukan kesepakatan perihal pembagian hasil dari revenue game tersebut.

Karena kegagalan pihak Huawei untuk memperbarui kontraknya dengan pihak Promosi Game Seluler kami, produk-produk dari Tencent Games dihapus dari katalog aplikasi,” ujar pernyataan dari Tencent.

Somagnews

Tencent memang perusahaan yang besar dan menjual game online top dunia namun meski begitu kemitraan dengan Huawei cukup penting karena diperkirakan ada ratusan juta smartphone Huawei yang digunakan di Tiongkok, pasar utama dari Tencent. Perusahaan Huawei memiliki 41,4% saham dari smartphone di Tiongkok dan 14,9% secara global menurut IDC dan Canalys.

Huawei disebut ingin 50% revenue dari aplikasi-aplikasi, namun hal tersebut langsung ditolak oleh Tencent. Meski begitu Tencent masih mengisyaratkan bahwa mereka terus bernegosiasi dan berkomunikasi dengan pihak Huawei untuk menemukan kesepakatan yang lebih baik.

Untuk saat ini online game buatan Tencent seperti PUBGM, AoV, dan Chess Rush sementara akan menghilang dari toko aplikasi Huawei. Namun ternyata ini bukanlah kejadian pertama, tahun lalu miHoYo, pengembang game Genshin Impact, juga mengalami permasalahan yang sama. miHoYo dan Huawei tidak berhasil menemui kesepakatan tentang pembagian pendapatan ini dan membuat Genshin Impact tidak ada di toko aplikasi Huawei. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?